Jembatan Sayidan, sumber ig instankamil

Spot Foto Instagrammable di Kota Jogja

Kota Jogja memiliki banyak spot wisata yang juga menjadi spot foto terbaik. Sebutan zaman now untuk spot foto terbaik ini adalah instagrammable. Keberadaan spot wisata instagrammable di Jogja menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri yang mengundang ramainnya wisatawan saat masa berliburan tiba.

Spot wisata instagrammable ini tersebar luas dan terdapat beberapa pilihan seperti spot foto pantai Jogja, spot foto alam, spot foto lanskap (bukit) dan lain-lain. Bagaimana dengan kota Jogja? Di kota Jogja sendiri terdapat beberapa spot foto yang patut untuk dikunjungi. Simak ulasan berikut ini.

1. Bangunan Tua Kotagede

Bangunan Makam Raja, sumber ig sorotjogja
Bangunan Makam Raja, sumber ig @sorotjogja

Bangunan tua Kotagede yang tersisa sebagian besar berada di Kelurahan Purbayan. Sudut – sudut terbaik di Kotagede memang lebih menyenangkan dilalui dengan berjalan kaki. Hal-hal kecil yang muncul dari interaksi berjalan kaki, Interaksi yang sederhana tapi memberi rasa yang nyata dan menyenangkan dari suasana Bangunan Tua hingga kehidupan Masyarakat Kotagede. Apalagi di dalam ruang yang lebih sempit seperti gang, akan nampak dengan jelas suasana kehidupan tempo dulu.

Bayangkan saja, terdapat gedung tua yang megah di dalam gang seperti Masjid Perak. Terdapat juga beberapa rumah tradisional Jawa yaitu Joglo yang apik dan sederhana dan Rumah Rudi Pesik yang besar dan gagah. Tentu sangat memukai setiap mata Anda, kondisi ini sangat cocok bagi Anda yang hobi mengabadikan momen berwisata dengan berfoto karena nampak view foto tradisional atau tempo dulu yang jarang ditemukan ketika berwisata ke tempat lain.

Kotagede berada di bagian tenggara tepi Kota Yogyakarta yang berbatas langsung dengan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Menulusuri bangunan tua di Kotagede Anda tidak akan dikenakan biaya karcis masuk melainkan hanya biaya parkir jika Anda menitipkan motor pada tempat penitipan atau parkiran motor. Tetapi jika Anda mau gratis bisa parkiran di tepi jalan semasih tidak menganggu pengendara lainnya.

2. Situs Warung Boto Umbulharjo

Situs Warung Boto, sumber ig jogjaistimewa
Situs Warung Boto, sumber ig @jogjaistimewa

Situs Warungboto memiliki nama asli Pesanggrahan Rejawinangun. Pesanggrahan memiliki fungsi sebagai rumah peristirahatan keluarga kerajaan. Oleh karena itu, berfungsi sebagai tempat istirahat, maka situs Warungboto dirancang dengan kolam dan taman. Situs yang berada di tengah pemukiman warga dan termasuk dalam wilayah Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta hanyalah berupa reruntuhan dan puing bangunan yang kurang terawat sebelum direnovasi.

Meskipun saat ini cat di dindingnya sudah memudar, juga banyaknya noda hitam, Situs Warungboto tetaplah memikat dengan apa adanya sekarang. Pintu sisi kanan dan kiri di belakang kolam itu mengacau Anda untuk segera dilalui. Pintu yang kiri (jika dilihat dari pintu masuk), anak-anak tangga di lorong itu terhampar mengantarkan Anda ke atas bangunan Situs Warungboto.

Ada sepetak ruangan tanpa atap dengan sekat setinggi pinggang. Dari sini Anda bisa melihat dengan jelas lanskap langit senja yang merah merekah. Di sisi kanan dan kiri bekas kolam. Senja yang terlihat dari Situs Warungboto memang terbayang indah di pelupuk mata. Ketika berkunjung ke sini Anda hanya membayar uang parkiran.

3. Bandara Adisutjitpto

Spot Foto Bandara Adisutjipto, sumber ig ian_mputra
Spot Foto Bandara Adisutjipto, sumber ig @ian_mputra

Sebagian orang yang belum tahu, mungkin beranggapan bahwa tempat ini hanyalah sebuah bandara biasa, sama seperti bandara – bandara yang lainnya. Tapi bagi penduduk yang tinggal di daerah Kalasan dan Berbah atau yang sering melewati jalan di dari depan Bandara sampai bagian timur bandara mungkin sudah tidak asing lagi sama tempat ini.

Ketika sudah memasuki kawasan bandara Anda hanya perlu berbelok ke timur atau ke arah kiri lalu sampailah di jalan raya menuju AAU (Akademi Angkatan Udara) yang akan menghantarkan Anda pada pemandangan sore yang sejuk nan indah. Tempat ini sangat cocok dinikmati pada pagi dan sore hari. Apalagi ketika sore hari, Anda bisa menikmati indahnya Sunset dari sini. Pemandangan yang cukup jelas dari sini adalah jejeran pesawat yang ada di Bandara.

Dari salah satu sisi Anda bisa melihat pesawat sedang lepas landas (take off). Pemandangan ini membuat banyak orang datang joging atau hanya sekedar melihat pesawat lepas landas. Tempat ini gratis tanpa perlu bayar uang masuk atau karcis, terpenting Anda bisa mermarkir kendaraan di pinggir jalan dengan rapi.

4. Jembatan Sayidan

Jembatan Sayidan, sumber ig instankamil
Jembatan Sayidan, sumber ig @instankamil

Jembatan Sayidan merupakan salah satu dari beberapa jembatan yang dibangun di kawasan Kota Yogyakarta. Jembatan ini membelah aliran Sungai Code yang berhulu dari lereng Gunung Merapi dan bermuara ke Sungai Opak dan laut selatan. Nama Jembatan Sayidan perlahan – lahan mulai dikenal oleh para wisatawan dan media seiring dengan kemunculan lagu “Di Sayidan” oleh salah satu grup band ternama di Yogyakarta yaitu Shaggy Dog.

Dilihat secara sekilas mungkin tidak berbeda dibandingkan jembatan lain yang dibangun di sekitar Yogyakarta. Namun dilihat dari segi historis dan fungsinya mungkin seseorang akan berdecak kagum. Pada zaman dahulu, Jembatan Sayidan sebagai gerbang masuk Pusat Kota atau Ibu Kota wilayah Kraton Kasultanan Yogyakarta dari sisi timur.

Lokasi Jembatan Sayidan berada di jalan utama penghubung antara Kraton Yogyakarta dengan Puro Pakualaman atau jalan ke arah timur dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Hal unik dari Jembatan Sayidan terdapat 4 gapura di bagian sisi timur laut, tenggara, barat laut, dan barat daya.

Sisi masing – masing membatasi 4 kampung diantaranya sisi barat daya terdapat kampung Sayidan, sisi barat laut terdapat kampung Ratmakan, sisi timur laut terdapat kampung Jagalan Beji, dan sisi tenggara terdapat kampung Bintaran Kulon. Karena berada di pusat kota yang ramai jadi saat Anda mengunjungi Jembatan Sayidan cukup membayar parkiran, disebabkan Anda tidak bisa parkiran sembarangan melainkan harus parkiran di tempat khusus parkiran.

Itu dia spot foto instagrammable di Kota Jogja yang patut untuk dicoba. Semoga informasi ini dapat memberikan tambahan referensi wisata Anda di Jogja. Untuk yang ingin menikmati spot instagrammable indoor, Anda juga bisa mengunjungi obyek wisata museum yang ada di Kota Jogja.

Tinggalkan Balasan