Menikmati Keindahan Wisata Alam Gunung Merapi Jogjakarta

Jogjakarta memiliki banyak jenis obyek wisata alam. Meskipun yang paling terkenal dan ramai akhir-akhir ini adalah seputar obyek wisata pantai, kebun, taman dan hutannya, namun terdapat pulau obyek wisata alam bukit dan gunung. Dilihat dari daerah Jogjakarta, bagian bukit dan gunung ini berada di bagian selatan dan utara Jogjakarta yaitu di Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Sleman. Di Kabupaten Gunung Kidul, terdapat Gunung Api Purba yaitu Nglanggeran sedangkan di Kabupaten Sleman terdapat Wisata Alam Gunung Merapi yang merupakan gunung api yang masih aktif.

Pagi hari merupakan saat terbaik untuk menikmati keindahan serta pemandangan dari gunung merapi yaitu kira-kira sebelum kabut turun dan menyembunyikan keindahan dari gunung tersebut. Jam terbaik untuk menikmati keindahan gunung merapi adalah sekitar pukul 07.00 pagi. Para pengunjung yang terdiri dari berbagai kalangan bisa mengunjungi Wisata Alam Merapi ini dengan berbagai cara seperti trekking, camping, menggunakan jasa rental mobil Jogja dan cara-cara lainnya. Nah, bagaimana dengan Anda? Sebelum memutuskan, ada baiknya untuk menyimak terlebih dahulu ulasan berikut ini.

Mengenal Gunung Merapi Jogjakarta

Gunung Merapi biasanya memang dikenal sebagai salah satu obyek wisata gunung yang terdapat di Jogjakarta. Keberadaannya sebagai gunung api aktif mengharuskan siapapun yang berkunjung ke sini harus terlebih dahulu memperhatikan situasi, menggali informasi dan melakukan persiapan yang matang. Meskipun begitu, Gunung Merapi adalah obyek wisata yang tidak pernah sepi dikunjungi.

Tidak bisa dibantahkan bahwa gunung merapi memiliki pesona keindahan terlepas dari sejumlah misteri dan tragedi yang ada. Hal ini membuat gunung merapi dijadikan pilihan untuk memacu adrenalin bagi mereka yang menyukai wisata outdoor. Jika cuaca baik dan tidak berkabut, Anda akan dapat melihat dengan jelas gunung merapi tersebut gagah dan tinggi menjulang. Gunung merapi ini bisa dilihat dari empat kota di sekitarnya, yaitu Magelang, Klaten, Sleman dan Boyolali.

Wisata Alam Gunung Merapi Jogja, sumber ig francisxaviersta

Wisata Alam Gunung Merapi Jogja, sumber ig @francisxaviersta

Pasca kejadian mengerikan sekaligus menyedihkan di tahun 2010, ada perubahan-perubahan yang terjadi pada tempat tersebut, tapi bukannya menjadi jelek tempat tersebut justru semakin indah. Sejumlah desa dengan radius 4 sampai 6 km dari puncak gunung merapi sudah tidak bisa dihuni lagi. Daerah bekas letusan gunung tersebut kini sudah dimanfaatkan untuk tempat wisata volcano trekking.

Selain itu, para wisatawan juga bisa melihat bagaimana mengerikannya gunung merapi tersebut meletus dengan membeli CD rekaman meletusnya gunung merapi yang dijual oleh warga setempat. Juga para wisatawan dapat melihat peninggalan-peninggalan rumah mbah Maridjan untuk mengenang kejadian meletusnya gunung yang memakan korban. Status gunung merapi kini berstatus normal pasca letusan tahun 2010 lalu.

Lokasi Gunung Merapi

Gunung merapi ini terletak di tengah Pulau Jawa dan menempati beberapa wilayah meliputi, lereng daerah sisi barat yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Magelang. Lereng daerah sisi selatan yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Sleman Jogjakarta. Lalu ada lereng daerah sisi utara dan juga timur yang masuk kedalam wilayah Boyolali. Dan lereng daerah sisi tenggara yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Klaten.

Akses Untuk Pergi Ke Gunung Merapi

Untuk bisa sampai ke Gunung Merapi ada beberapa alternatif jalan yang bisa dijadikan pilihan diantaranya, jalur melewati desa Kinahrejo, 2 Km sebelah timur Kaliurang. Dengan jarak tempuh 9 km dalam kurang lebih 10 jam dengan medan yang terjal. Lalu bisa juga dengan melalui Selo, Boyolali yang berada ditengah-tengah gunung merapi dan Merbabu. Dari Jogjakarta hanya perlu menggunakan bus menuju Kartosuro kemudian berlanjut lagi menuju Boyolali sampai berakhir di Selo.

Harga Tiket Wisata Gunung Merapi

Untuk harga tiket volcano trekking Kinahrejo berkisar antara harga Rp 5000, tiket wisata trekking Kepuhharjo Rp 5000, tiket parkir Rp 2000, harga ojek dari Kinahrejo menuju bekas rumah Mbah Maridjan sekitar Rp 20.000.
Untuk yang ingin kesana, mulailah berangkat menuju Kaliadem, kawasan sejuk dibawah kaki Gunung Merapi atau sekitar 35 Km utara Jogjakarta. Tempat tersebut adalah tempat yang cocok untuk melihat keindahan dan pesona Gunung Merapi ini.

Nama : Gunung Merapi
Alamat : Klaten, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah), Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta)
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/YZV9n2DsViw

Demikian ulasan mengenai beberapa informasi terkait Wisata Alam Gunung Merapi Jogjakarta. Semoga ulasan ini bisa memberikan informasi tambahan bagi Anda dan menghibur para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk menyimak informasi dan tips-tips wisata Jogjakarta lainnya dan selamat berwisata.

Tinggalkan Balasan