Keindahan Hijaunya Pantai Bukit Padang Pengilon di Balong Gunung Kidul

Keindahan Hijaunya Pantai Bukit Padang Pengilon di Balong Gunung Kidul

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung dan perbukitan. Hal tersebut menjadi salah satu potensi wisata tersendiri. Maka tak heran jika di Lombok banyak juga wisata bukit, di Bali di Sumatera Utara dan tentu juga di Jogja. Nah kali ini kita akan membahas tentang wisata perbukitan Padang Pengilon. Pantai Bukit Padang Pengilon merupakan tempat pariwisata asyik yang berada di dekat dengan Pantai Watu Lumbung dan Pantai Banyu Nibo. Disebut sebagai Pantai Bukit Padang Pengilon dikarenakan letaknya berada di pantai yang berupa bukit dipenuhi dengan padang rumput hijauan. Disebut sebagai pengilon dikarenakan ada sebuah batu besar yang berbentuk seperti cermin. Pengilon sendiri merupakan sebutan cermin dalam Bahasa Jawa.

Pantai Bukit Padang Pengilon berada di daerah dusun Ngelo, desa Balong, kecamatan Girisuho, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat ini berada di kaki Gunung Api Purba yang dulu pernah aktif. Jarak tempat ini dengan kota Yogyakarta sekitar 80 km atau dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam. Cukup jauh memang, sehingga sangat kami rekomendasikan bagi Anda untuk memakai kendaraan pribadi atau mobil yang cocok untuk perbukitan dan memiliki sopir. Atau menyewa mobil saja beserta dengan sopirnya.

Keunikan tempat ini adalah perpaduan antara bukit yang hijau dengan pantai pasir putih Gunungkidul. Bukit hijau ini dikarenakan karena suburnya rumput yang tumbuh di sana sehingga serasa berada di padang rumput. Selain itu, tempat ini juga bisa digunakan untuk berkemah oleh para pengunjung. Mengingat bukitnya cukup luas dan indahnya laut terhampar luas di sana.

Keindahan Hijaunya Pantai Bukit Padang Pengilon di Balong Gunung Kidul

Keindahan Hijaunya Pantai Bukit Padang Pengilon di Balong Gunung Kidul. Sumber: @jogjaku

Selain bisa mengamati keindahan laut dan bukit di sana, pengunjung pun bisa merasakan sensasi melakukan pemancingan di laut dan jika berminat untuk berkemah Anda bisa membakar ikan di sana dan bercengkrama dengan teman-teman Anda lainnya. Bukit Padang Pengilon ini belum terlalu banyak dikembangkan, hal ini ditandai dengan minimnya fasilitas di sana. Bahkan sekedar warung untuk membeli makanpun belum ada. Sehingga, bagi Anda yang berkeinginan berkunjung di sana, ada baiknya untuk membawa perbekalan lengkap. Apalagi jika berkeinginan untuk berkemah di sana. Di tempat ini baru ada tempat parkir saja.

Selain itu, untuk menuju bukit ini, diperlukan jalan kaki di jalan setapak di lereng bukit. Jika melewati jalan ini harus hati-hati, karena bentuk jalannya tidak seperti tangga yang ada pembatas, benar-benar di lereng bukit. Sekalipun harus berjalan kaki untuk menuju ke Bukit Padang Pengilon ini, tidaklah menjadi masalah. Mengingat, di sepanjang perjalanan Anda disuguhi dengan keindahan alam di sana. Kami rasa, tempat ini sangat cocok jika ingin digunakan sebagai tempat tadabur alam, untuk merekatkan jalinan persahabatan dan berinteraksi dengan alam.

Baca juga : Keindahan Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Rute untuk menuju ke sana dimulai dari Yogyakarta kemudian menuju Ringroad Jalan Wonosari, Sampaan, Piyungan, Bukit Bintang, Patuk, Sambipitu, Bunder, Gading, Siono, Wonosari, Jalan Baron, Mulo, Tepus, Purwodadi, Balong, Jepitu, kemudian sebelum sampai di Pantai Wediombi belok ke kanan ke arah jalan cor blok kemudian menuju Watu Lumbung, dan pakir di Watu Lumbung. Kemudian Anda bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki di jalan setapak. Cukup jauh bukan rutenya? Bagi Anda yang berasal dari luar Yogyakarta atau bahkan luar jawa, kami sarankan untuk menyewa mobil dan tour guide agar perjalanan yang cukup jauh ini bisa tetap menyenangkan tanpa ada masalah kesasar mencari jalan.

Nama : Pantai Bukit Pengilon
Alamat: Dusun Ngelo, desa Balong, kecamatan Girisuho, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Gmaps : https://goo.gl/maps/xDz4DcGJHXz

Sekian ulasan kami kali ini mengenai Pantai Bukit Padang Pengilon. Semoga bermanfaat untuk Anda juga sahabat Anda yang ingin menikmati suasana berlibur di Yogyakarta.

Leave a Reply

Required fields are marked*