Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta, sumber ig heruguwangkancil

Gumuk Pasir Parangkusumo Wisata Jogja Tempat Bermain Sandboarding

Kalau membicarakan padang pasir pasti identiknya dengan negara Afrika, Mesir atau Brunai yang memang sering mendapatkan sorotan dari hamparan padang pasirnya. Tapi tahu nggak sih, kalau di Indonesia juga ada loh padang pasir yang nggak kalah dengan padang pasir di luar negeri, yaitu wisata Jogja Gumuk pasir.

Ada yang sudah tau tempat ini? 4 tahun yang lalu, Gumuk Pasir belum seterkenal sekarang ini. Bahkan warga sekitar pun tidak paham akan fenomena padang pasir tersebut. Hingga suatu hari, fakultas Geografi UGM kerap kali mendapatkan tamu dari luar negeri hanya untuk melihat wilayah berpasir tersebut, akhirnya masyarakat sadar bahwa tempat tersebut adalah harta karung kota Jogja.

Lokasi Gumuk Pasir tepatnya ada di Muara Sungai Opak memanjang sampai ke Parangtritis. Dinamakan Gumuk Pasir karena di ambil dari bahasa jawa. Gumuk yang artinya tumpukan, sehingga kalau di artikan menjadi tumpukan pasir. Tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata hemat selama di Jogja lho .

Sementara itu, gundukan pasir ini terbentuk akibat letusan abu vulkanik gunung yang dibawa oleh aliran Sungai Opak dan Progo yang mengalir sampai ke Parangtritis. Abu vulkanik tersebut terbawa ombang sampai terkikis kemudian berubah menjadi butiran halus, kemudian abu yang menghalus tersebut menepi ke pantai. Karena terjadi secara terus menerus dalam waktu cukup lama, terbentuklah sebuah gundukan pasir. Bahkan sampai sekarang gundukan pasirnya semakin melebar dan tinggi.

Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta, sumber ig heruguwangkancil

Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta, sumber ig @heruguwangkancil

Karena dinilai sebagai peristiwa alam yang unik serta menarik perhatian akhirnya tempat ini dibuat sebagai salah satu wisata Jogja. Namun selain dijadikan tempat wisata, Gumuk Pasir juga kerap kali dijadikan salah satu tempat objek penelitian.

Yang lebih uniknya lagi adalah tipe pasir yang ada di gumuk pasir adalah tipe Barchan. Ini merupakan salah satu tipe pasir yang seharusnya ada atau terbentuk pada wilayah dengan iklim kering, tidak seperti di Indonesia.

Saat kamu datang ke tempat wisata ini kamu bisa berseluncur di atas pasir menggunakan sandboarding. Sedangkan sandboarding akan menggunakan peralatan yang hampir mirip dengan permainan skateboard, seperti adanya penggunaan helm sebagai alat pelindung kepala, kemudian pelindung lutut dan sikut. Bedanya papan pada sandboarding ini tidak mempunyai roda.

Kamu juga bisa mendapatkan spot foto yang sangat unik, jadi jangan lupa untuk siapkan peralatan dokumentasi mu agar bisa berfoto sepuasnya! Rasanya kalau berfoto di Gumuk Pasir seperti sedang berada di Afrika. Bahkan tidak jarang loh ada saja orang yang melakukan foto prewedding di sini.

Oiya, karena lokasinya juga dekat sekali dengan pantai Parangtritis, kamu bisa sekalian melihat sunset di sana sembari menikmati makanan olahan laut yang bisa dipesan di warung-warung makan sekitar lokasi pantai.

Wisata Jogja Gumuk Pasir Parangkusumo memang cukup unik untuk dikunjungi. Bagaimana, tertarik untuk datang ke sini? Jika ingin cara mudah mengunjungi tempat ini, Anda bisa menghubungi kami untuk menyewa mobil plus dengan driver. Selain ke gumuk pasir, kami juga berpengalaman mengantar tamu ke berbagai tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Matur nuwun.

2 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked*