Desa Wisata Sambi, sumber ig nurita_ferdi

Menikmati Pesona Desa Wisata Sambi Yogyakarta

Desa wisata bisa menjadi pilihan wisata Anda di Jogja. Desa wisata Sambi salah satunya. Spot wisata ini terkenal dengan suasana alam dan khas karena berada di sekitar gunung Merapi yang legendari di Jogja. Selain desa wisata Sambi, masih terdapat banyak pilihan desa wisata di Jogja.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba berkunjung ke desa wisata, sebaiknya mencoba untuk mengunjunginya. Spot wisata ini cukup unik dilihat dari konsep dan berbagai hiburan yang ditawarkan. Terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan kurang mengenal suasana di desa.

Desa wisata memberikan sensasi hiburan dan pengetahuan sekaligus. Pemandangan khas pedesaan yang masih alami, bentuk rumah, pertanian dan peternakan serta cara hidup masyarakat desa yang terkadang unik bisa menjadi hal yang dinikmati di sini. Lokasi ini cocok untuk dikunjungi bersama rombongan, keluarga terutama anak-anak untuk memberikan edukasi kepada mereka.

Lebih khusus lagi di Jogja, desa wisata memiliki keunikannya masing-masing. Ada desa wisata yang terkenal dengan produk kerajinan gerabah, ada juga desa wisata yang terkenal dengan perkebunan salak, ada desa wisata yang terkenal dengan kerajinan batiknya dan lain-lain.

Desa Wisata Sambi, sumber ig jalanceritaaa
Desa Wisata Sambi, sumber ig @jalanceritaaa

Apa saja daya tarik dan ciri khas unik serta berbagai hal yang dapat dinikmati saat berkunjung ke desa wisata Sambi? Simak berbagai informasinya mulai dari alamat, rute menuju lokasi, fasilitas dan informasi lainnya berikut ini.

Desa Wisata Sambi

Desa wisata Sambi terletak di jalan Kaliurang berjarak sekitar 19.2 km padukuhan Sambi, Pakembinangun Kecematan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Ternyata desanya yang sangat dekat dengan gunung Merapi membuatnya memiliki potensi sebagai desa wisata.

Untuk menuju ke lokasi, rute yang ditempuh relatif mudah. Dari Kota Jogja menuju ke selatan menuju ke tugu Jogja. Dari tugu Jogja dilanjutkan hingga berada di Jalan Kaliurang di sekitar kampus UGM. Perjalanan masih dilanjutkan lagi ke arah utara hingga berada di km 19.2 Jalan Kaliurang.

Salah satu potensinya yaitu memiliki panorama yang sangat indah dari pemandangan alam di sekitar gunung Merapi. Dengan demikian tentunya Anda akan memiliki spot wisata alam yang cukup asri dengan udara sejuk yang membuat para wisatawan semakin betah untuk mengunjunginya.

Tak heran sekarang ini memang spot wisata ini juga semakin terkenal di kalangan masyarakat, hal tersebut pastinya dikarenakan potensi wisata alamnya memang sangat membuat tertarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Desa Wisata Sambi, sumber ig ledoksambi
Desa Wisata Sambi, sumber ig @ledoksambi

Fasilitas

Untuk fasilitas yang terdapat di lokasi diantaranya adalah homestay, resort, masjid serta berbagai fasilitas lainnya bagi para wisatawan. Karena berada di pemukiman, maka akses untuk mendapatkan makanan, transportasi serta kebutuhan lainnya relatif lebih mudah.

Aktivitas di Desa Wisata Sambi

Dari potensi alamnya yang menjadikan desa wisata tersebut terkenal tentunya terdapat banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Setiap aktivitas yang bisa dilakukan terdapat beberapa yang memberikan layanan. Sehingga Anda perlu membayar biaya tertentu untuk menikmatinya. Berikut aktivitas yang dapat dinikmati.

1. Pertanian

Di desa wisata Sambi, Anda dapat menjumpai lahan pertanian yang membentang luas sehingga bisa memberikan spot wisata yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai spot foto. Perlu diketahui bahwa di desa ini para wisatawan bisa langsung melihat masyarakat sekitar menanam padi, membajak sawah, dan menanam jamur.

2. Outbound

Dengan adanya nuansa alam tersebut ternyata memang tidak hanya memberikan nuansa pemandangan yang sangat indah. Tetapi, ketahuilah bahwa di tempat ini terdapat sungai Kali Kuning yang memang seringkali dijadikan sebagai tempat untuk outbound. Bagi Anda yang suka tantangan dan berpetualang maka bisa melanjutkan kegiatan berwisata dengan ber-outbound.

Outbound di Desa Wisata Sambi, sumber ig eriek_wicaksono
Outbound di Desa Wisata Sambi, sumber ig eriek_wicaksono

Di sungai Kali Kuning ini terdapat faslitas seperti flying fox, meniti tali, dan masih banyak lagi yang lainnya yang akan membuat liburan wisata Anda menjadi lebih menyenangkan.

3. Kesenian

Berikutnya, ketika Anda berlibur ke Spot wisata ini maka akan menjumpai berbagai jenis kesenian mulai dari karawitan, wayang kulit, uyon-uyon jawa dan masih banyak lagi yang lainnya. Ternyata kesenian tersebut memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan terutama para wisatawan asing.

4. Homestay

Apabila Anda berkenan untuk menginap maka di desa Sambi sudah disediakan adanya homestay ataupun tempat penginapan yang sudah dibangun sejak tahun 1952. Ketahuilah bahwa homestay yang satu ini berbentuk rumah Joglo sehingga memiliki nuansa klasik tersendiri yang memang membuat para wisatawan justru semakin betah saat mengunjunginya.

5. Panorama Desa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di salah satu desa wisata Jogja ini para wisatawan dapat mengunjungi desa wisata Sambi dengan menikmati pemandangan panorama desanya yang sangatlah indah. Ketahuilah bahwa para wisatawan bisa melakukan trecking menyusuri daerah di sekitar desa wisata Sambi.

Desa Wisata Sambi, sumber ig nurita_ferdi
Desa Wisata Sambi, sumber ig @nurita_ferdi

6. Peternakan

Selain pertanian, di desa wisata Sambi juga terdapat peternakan sapi perah yang juga menjadi daya tarik para wisatawan. Disini para wisatawan bisa belajar mempelajari bagaimana cara memelihara sapi perah. Selain itu, para wisatawan juga akan diajak menangkap ikan langsung di sawah.

Informasi Tambahan

Desa wisata ini sering menjadi wahana yang disewa untuk rombongan anak-anak TK, keluarga, pekerja kantor dan lainnya. Para rombongan ini menikmati berbagai aktivitas seperti outbound, camping, menginap, mengadakan acara dan lain-lain.

Nama : Desa Wisata Sambi
Alamat : Jl. Kaliurang Km. 19,2 Padukuhan Sambi Desa Pakembinangun Kec. Pakem Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Peta Google Maps : https://g.page/sambi_adventure?share

Demikian berbagai informasi yang berhasil dirangkum tim redaksi, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda. Apabila ada pertanyaan, kritik dan saran, silahkan langsung diberikan pada kolom komentar yang tersedia. Nantikan update terbarunya dari jogjacars.com.

Tinggalkan Balasan