Informasi Menarik Tentang Batik Jogjakarta yang Perlu Diketahui

Jogjakarta terkenal sebagai destinasi wisata budayanya. Di sini adat istiadat Jawa masih sangat kental dan dilestarikan. Salah satu bentuknya adalah dengan keistimewaan Jogjakarta yang dipimpin oleh Gubernur yang merupakan Sultan Keraton Jogjakarta. Sebagai pemimpin daerah sekaligus pemimpin adat, Sultah Hamengkubuwono sangat dihormati sehingga penduduk Jogjakarta mengikuti seluruh pegelaran adat istiadat yang didakan oleh keraton maupun penduduk lainnya.

Salah satu warisan budaya yang terdapat di Jogjakarta adalah batik. Ya, belum lengkap rasanya jika berwisata mengunjungi Jogjakarta tanpa pernah membeli atau sekedar melihat batik-batik yang terdapat di Jogjakarta. Tapi biasanya, jika sudah melihat sayang rasanya kalau belum sampai memilikinya. Wajar saja, para wisatawan yang pernah berkunjung ke Jogjakarta tidak pernah melewatkan untuk membawa pulang produk yang satu ini.

Bagi Anda yang bingung memilih batik untuk dibeli dengan beraneka macam produk batik dan berbagai macam corak dan warnanya, berikut ini kami sediakan beberapa informasi menarik tentang batik yang terdapat di Jogjakarta yang perlu Anda ketahui.

1. Teknik Pembuatan Batik

Ilustrasi Pembuatan Batik, sumber ig rusni_yulianto

Ilustrasi Pembuatan Batik, sumber ig @rusni_yulianto

Secara umum, terdapat berbagai macam teknik pembuatan batik berdasarkan. Dengan banyaknya corak dan warna batik, menarik untuk diketahui bahwa sebenarnya terdapat beberapa macam cara untuk memproduksi bentuk-bentuk corak tersebut. Di Jogjakarta sendiri, produsen produsen batik membuat dengan teknik canting tulis, celup ikat, cap, printing dan colet. Batik canting tulis merupakan batik yang dibuat menggunakan alat bernama canting. Sedangkan celup ikat, merupakan teknik pembuatan batik dengan cara mengikat dan mencelup sebagian kain sehingga akan sebagian akan bermotif dan pada bagian yang tidak dicelup akan tetap berwarna dasar. Mengenai cap dan printing, keduanya hampir sama yaitu dengan adanya cetakan yang terdapat motif diatasnya kemudian diproses sehingga motif tersebut menjadi motif pada kain dengan cara di cap dan di print. Sedangkan colet sendiri merupakan batik yang dilukis sehingga motifnya lebih tidak monoton. Secara keseluruhan, pastinya perbedaan teknik akan menjadikan perbedaan pula pada harga batik sesuai dengan teknik pembuatannya masing-masing.

2. Jenis-jenis Motif Batik Jogjakarta

Batik merupakan kain yang berhias corak-corak indah. Jogjakarta yang terkenal dengan batik-batik khasnya memiliki motif-motif yang menjadi keistimewaannya. Beberapa motif batik yang terdapat di Jogjakarta antara lain parangkusumo, truntum, tambal, pamulito, sido mukti, sido asih, wahyu tumurun dan masih banyak jenis-jenis motif lainnya. Keberadaan motif-motif ini sendiri berhubungan dengan adat istiadat setempat sehingga setiap motif bisa memiliki maknanya masing-masing. Selain itu, batik dipakai pada saat acara atau momen tertentu yang berbeda antara setiap momen dan motifnya. Sehingga motif tersebut menjadi ciri khas dan dipakai pada saat momen tertentu saja yang disesuaikan motifnya.

3. Tempat Belanja Batik Di Jogjakarta

Kampung Batik Giriloyo, sumber ig pesonaimogiri

Kampung Batik Giriloyo, sumber ig @pesonaimogiri

Jogjakarta merupakan destinasi wisata belanja yang terkenal di Indonesia. Jika berburu oleh-oleh berkualitas dengan harga terjangkau menggunakan sewa mobil jogja, Jogjakarta merupakan salah satu alternatifnya. Untuk oleh-oleh batik sendiri, terdapat beberapa tempat yang populer yang menjadi langganan turis-turis yang berburu batik di Jogjakarta. Tempat-tempat tersebut antara lain Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, Kampung Batik Ngasem, Kampung Batik Giriloyo dan masih banyak sekali tempat-tempat lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa hal yang menarik untuk diketahui terkait dengan batik khas dari Jogjakarta. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi berbelanja Anda. Jangan lupa untuk menyimak juga ulasan lainnya mengenai wisata Jogjakarta di halaman kami. Selamat berbelanja batik!

Leave a Reply

Required fields are marked*