Angkringan Kopi Joss, sumber ig instankamil

Rekomendasi Angkringan Jogja Yang Populer

Jogja memiliki berbagai obyek wisata yang patut untuk dikunjungi. Berbagai spot seperti pantai di Jogja, bukit, museum, goa dan berbagai macam spot wisata lainnya sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya pesona tempat-tempat travelling, berbagai tempat kuliner seperti angkringan Jogja salah satunya, juga memiliki keunikan tersendiri.

Angkringan (berasal dari bahasa Jawa angkring yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikulannya berbentuk melengkung ke atas) adalah sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hari, ia mengandalkan penerangan tradisional yaitu senthir dam juga dibantu oleh terangnya lampu jalan.

Makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik dan lain-lain. Minuman yang dijual pun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe dan susu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Angkringan Kopi Joss, sumber ig instankamil
Angkringan Kopi Joss, sumber ig @instankamil

Meski harganya murah, tetapi konsumen warung ini sangat bervariasi. Mulai dari tukang becak tukang bangunan, pegawai kantor, mahasiswa, seniman, bahkan hingga pejabat dan eksekutif. Antar pembeli dan penjual sering terlihat mengobrol dengan santai dalam suasana penuh kekeluargaan.

Angkringan Populer Jogja

Selain dikenal sebagai kota Pelajar, Jogja juga dikenal sebagai kota Angkringan. Semua warga Jogja pasti mengenal angkringan. Karenanya, apabila Anda berwisata ke kota Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan makanan di angkringan.

Dengan berbagai macam pesona tempat wisata di Jogja, wisata kuliner memang menjadi pilihan untuk dilakukan. Berikut 5 angkringan populer di Jogja.

1. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Angkringan Kopi Joss satu ini banyak dikenal sebagai pionirnya angkringan di Jogja. Angkringan ini menyediakan kopi joss sebagai menu utama minumannya. Tapi apa sih kopi joss itu? Kopi joss adalah sajian minuman kopi dengan tambahan arang yang masih membara, dicemplungkan ke dalamnya.

Suara joss yang dihasilkan campuran tersebut lantas menjadikan minuman ini bernama kopi joss. Sensasi rasanya bagaimana? Rasa sangit dari arang bercampur dengan aroma kopi membuat sensasi ngopi Anda menjadi tidak biasa.

Kopi Joss di Angkringan Kopi Joss, sumber ig jogjaku
Kopi Joss di Angkringan Kopi Joss, sumber ig @jogjaku

Sajian makanan angkringan ini juga beragam. Pilihan nasi kucingnya menawarkan nasi kucing sambal, teri, dan oseng tempe. Para pecinta sate angkringan pun akan berbahagia menemukan sate kerang, sate daging, sate usus, sate kulit, dan beragam sate lainnya. Lauk berupa berbagai gorengan dan baceman juga tersedia.

Lokasi angkringan ini di Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Angkringan Gareng Petruk

Letaknya yang hanya berjarak kurang dari 5 menit berjalan kaki dari Tugu Jogja, membuat Angkringan Gareng Petruk sangat kental akan atmosfir keistimewaan kota Jogja. Sesampainya di sana, Anda akan disambut oleh banyaknya pilihan makanan tradisional khas Jawa yang tentunya siap memanjakan lidah Anda.

Pilihan menu nasi kucing di angkringan yang satu ini sangat menggoda untuk dicoba satu persatu. Tidak hanya itu, berbagai macam pilihan sate seperti sate ampela, keong, dan lauk berbumbu bacem lainnya, akan sangat cocok untuk mengisi perut Anda sehabis ber-selfie di Tugu Jogja.

Angkringan Gareng Petruk, sumber ig herminanovida
Angkringan Gareng Petruk, sumber ig @herminanovida

Pilihan minuman di angkringan ini juga tentunya tidak kalah. Setelah nikmat duduk lesehan bersama teman atau keluarga, Anda tidak perlu pusing dengan masalah harga. Menu makanan dan minuman di Angkringan Gareng Petruk dijual dengan harga terjangkau. Dengan pilihan menu dan suasana yang ditawarkan, tentu menjadi pilihan yang bagus bagi Anda.

Lokasi angkringan ini di Jalan Margo Utomo No.30, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Angkringan Gadjah

Angkringan Gadjah menyodorkan hingga 150 jenis menu makanan maupun minuman. Anda akan betah berlama-lama demi mencoba menu apa pun yang Anda inginkan, karena selain variasinya banyak, harganya pun sangat murah, khas angkringan.

“Wedhang Gadjah” adalah adalah salah satu menu favorit yang selalu dipesan pengunjung. Seperti namanya, Wedhang Gadjah berukuran ekstra jumbo. Satu porsi Wedhang Gadjah terdiri dari teh, serai, cengkeh, madu dan kayu manis dapat dinikmati dengan harga terjangkau.

Menikmati kehangatan Teh Gadjah sangat sesuai di malam hari. Dengan pencahayaan sempurna serta alunan musik Jawa akan menambah keharmonisan atmosfir yang cocok untuk bersantai bersama kerabat atau keluarga.

Angkringan Gadjah, sumber ig chordfood.id
Angkringan Gadjah, sumber ig @chordfood.id

Keistimewaan Angkringan Gadjah lainnya adalah fasilitas yang sangat menunjang. Mulai dari area parkir yang luas, tempat foto, serta yang tak kalah ketinggalan ialah free WiFi. Bahkan angkringan yang satu ini juga menyediakan area meeting.

Uniknya, walau dilengkapi dengan segudang fasilitas modern, angkringan ini masih melekat dengan nuansa jawa kuno. seperti bangunan joglo, sederet alat musik jawa, wayang kulit, juga gerobak yang menjadi ciri khas sebuah angkringan.

Lokasi angkringan ini di Jalan Kaliurang, Gondangan, Sardonoharjo, Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Angkringan Anggajaya

Angkringan Anggajaya, sumber ig angkringan.anggajaya
Angkringan Anggajaya, sumber ig @angkringan.anggajaya

Angkringan yang terletak di Jalan Anggajaya II Condong Catur ini, nyoba membuat sensasi yang lain dari angkringan pada umumnya. Angkringan Anggajaya lebih mirip tempat nongkrong yang cukup luas. Bahkan dilengkapi dengan fasilitas LCD buat acara nonton bareng siaran sepak bola.

Angkringan Anggajaya, tentu saja menyajikan menu wajib nasi kucing dan gorengan. Bedanya, mereka punya variasi yang lebih beragam lagi. Mulai nasi kucing dengan berbagai jenis sambal, sampe nasi kucing dengan berbagai jenis oseng. Gorengannya juga macem-macem, mulai tempe, bakwan, sampe tahu isi.

Lokasi angkringan ini di Jalan Anggajaya II No.17, Sanggrahan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Demikianlah ulasan mengenai angkringan populer Jogja yang patut Anda coba. Berwisata kuliner di Jogja dengan berkunjung ke angkringan, tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda, khususnya bagi wisatawan luar Jawa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan