Pantai Parangtritis, sumber ig arfila_alfiani

Menikmati Pesona Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Jogja selain pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Di pantai ini ada juga ATV, kereta kuda, dan kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu, parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara atau aeromodeling. 

Wisata pantai parangtritis berada di selatan kota Yogyakarta, tepatnya ada di kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini mempunyai jarak sekitar 27 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk sampai di tempat ini sangatlah mudah, karena transportasi menuju ke pantai tersebut sudah banyak dan umumnya akan beroperasi sampai pukul 17.00 WIB.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat sore hari, yaitu saat terbenamnya matahari, pemandangan sunset yang cukup memikat dan panorama bibir pantai yang sangat mempesona menjadikan lokasi wisata ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Pantai Parangtritis, sumber ig sasa_hardina
Pantai Parangtritis, sumber ig @sasa_hardina

Sejarah Pantai Parangtritis

Menurut keyakinan dari masyarakat Jawa, objek wisata pantai parangtritis mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kerajaan gaib ratu pantai selatan atau biasa orang menyebutnya ratu kidul yang merupakan penguasa laut selatan. Terdapat sebuah resort yang terinspirasi dari legenda tersebut sehingga memberinya nama Hotel Queen of the South.

Parangtritis juga disebut sebagai pintu gerbang dari kerajaan laut selatan. Oleh karena itu, masyarakat sekitar mempercayai apabila ada seseorang yang datang ke sana menggunakan pakaian berwarna hijau, maka orang tersebut akan mendapatkan musibah.

Nama parangtritis sendiri mempunyai kisah tersendiri, dimana kisah tersebut bermula pada zaman kerajaan Majapahit. Konon pada jaman tersebut ada seorang pangeran yang melarikan diri dari kerajaan dan datang ke tempat ini berniat untuk bersemedi.

Nama pangeran tersebut adalah Pangeran Dipokusumo. Setelah dia melakukan semedi, dia melihat tetesan air yang berasal dari cela-cela karang, karena kejadian tersebut dia menamai kawasan itu menjadi Parangtritis.

Menikmati Keindahan Pantai

Pemandangan di Sekitar Parangtritis, sumber ig lilinistdd
Pemandangan di Sekitar Parangtritis, sumber ig @lilinistdd

Menikmati keindahan pantai memang sangat mengasyikkan, terlebih lagi apabila Anda menikmati suasana pantai dari atas tebing. Di pantai ini Anda dapat bermain ATV dan menunggangi kuda yang bisa Anda sewa untuk menikmati suasana pantai yang indah.

Menyusuri keindahan Pantai dengan menggunakan ATV atau kuda dapat menjadi sensasi tersendiri bagi Anda yang datang untuk berlibur di Pantai Parangtritis.

Melewati gundukan-gundukan pasir yang banyak terdapat di objek wisata pantai Jogja ini dengan menggunakan ATV akan membuat liburan Anda terasa sangat menyenangkan. Terlebih jika Anda punya hobi berkendara, sensasi seperti ini kemungkinan jarang sekali Anda peroleh. Jadi, apabila Anda mengunjungi Parangtritis jangan melewatkan hal ini begitu saja.

Selain itu, yang bisa Anda nikmati di Parangtritis yakni Anda juga bisa mencoba menikmati suasana pantai dengan menggunakan Aeromodelling yang juga bisa Anda sewa di sana, ini dikhususkan bagi Anda yang mempunyai keberanian tentunya. Dengan menggunakan fasilitas ini dijamin kepuasan Anda berwisata ke Parangtritis akan semakin terasa.

Bagi Anda yang ingin menikmati mandi di pemandian air panas, di dekat lokasi Pantai Parangtritis juga terdapat pemandian air panas yang bernama Parangwedang. Konon air dari pemandian ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, karena kandungan belerangnya.

Gumuk Pasir Parangtritis, sumber ig shanti_andria
Gumuk Pasir Parangtritis, sumber ig @shanti_andria

Di sekitar objek wisata Pantai Parangtritis Anda juga dapat menemukan pedagang-pedagang yang menyajikan jajanan seperti jagung bakar serta minuman es kelapa muda yang semuanya cocok sekali untuk dinikmati di pinggir pantai. Selain itu, bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh dari Parangtritis, Anda juga akan menemukan toko yang menjual berbagai kerajinan khas Yogyakarta.

Tips Berwisata Ke Pantai Parangtritis

1.  Menuju Wahana Gumuk Pasir

Mulailah berwisata ke pantai di pagi hari. Dalam perjalanan menuju ke pantai, selalu waspada, karena di kanan kiri jalan akan banyak penjual sarapan pagi. Mulai dari menu bubur, soto, hingga nasi Gudeg. Sesampainya di kawasan parangtritis, sebaiknya menuju ke wahana gumuk pasir. 

Gumuk pasir berada di antara pantai Parangtritis dan pantai Depok. Gumuk atau gundukan pasir merupakan material dari abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran sungai Opak, sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke parangtritis. 

Gumuk atau gundukan inilah yang menjadi obyek baru di kawasan Parangtritis. Wisatawan dapat bermain seluncur di atas pasir layaknya seluncur di atas es. Wisata ini memang pas saat pagi hari, karena jika siang di kawasan Gumuk ini panasnya seperti di padang pasir.

2. Berpindah Ke Bibir Pantai

Teriknya matahari yang mulai menyapa, menandakan untuk segera berpindah ke bibir pantai. Bermain ombak sekaligus membersihkan badan dari pasir yang menempel dari gumuk pasir merupakan tips kedua yang sebaiknya dicoba. Ditemani segarnya kelapa muda sambil bersantai menikmati hembusan angin pantai dijamin akan mengendorkan saraf stres wisatawan.

Pantai Parangtritis, sumber ig arfila_alfiani
Pantai Parangtritis, sumber ig @arfila_alfiani

3. Menikmati Sunset

Saatnya menikmati sunset. Tapi tunggu dulu, sebaiknya wisatawan menikmati sunset dari sudut yang berbeda yaitu dari bukit Paralayang. Bukit ini berada di timur pantai Parangtritis. Dari bukit ini, wisatawan dapat menikmati sunset dipadukan dengan pantai. Dijamin momen ini dapat sesaat menenangkan kehidupan.

Nama : Pantai Parangtritis
Alamat : Jl. Parangtritis Km. 28 Parangtritis Yogyakarta 55188
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/mdLJaRfL6eZYtP439

Demikianlah ulasan mengenai objek wisata pantai parangtritis Jogja yang sayang untuk dilewatkan keindahannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Simak ulasan terkait obyek wisata bukit Jogja di halaman ini.

Tinggalkan Balasan