Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul, sumber ig _galiihhh

Pantai Pok Tunggal, Wisata Jogja Dengan Pohon Durasnya

Jogja Cars – Lagi-lagi Gunungkidul, lokasi ini memang identik sekali dengan wisata Jogja nya terutama untuk wisata pantainya yang sangat indah. Beberapa pantai pasir putih terhampar di Gunungkidul dengan keadaan alam yang masih sangat alami membuat para wisatawan sangat tertarik mengunjungi pantai-pantai yang ada di lokasi tersebut. Salah satunya saja adalah Pantai Pok Tunggal. Hingga tak berlebihan jika kualitas pantai Pok Tunggal ini dikatakan setara dengan Gili Air di Lombok atau pantai-pantai Bali dan daerah lain di Indonesia lainnya.

Pantai yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Pulang Syawal ini biasanya disebut sebagai Pantai Indrayanti. Pok Tunggal pertama kali dibuka oleh masyarakat sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Jogja pada tahun 2012. Tiap tahunnya, pengunjung yang datang ke pantai ini semakin meningkat. Perhatian masyarakat setempat untuk selalu menjaga kebersihan pantai juga bisa diacungi jempol. Karena memang masyarakat sekitar pantai menjadi pengelola langsung wisata pantai tersebut.

Pihak pengelola pun sangatlah tegas, mereka tidak akan segan-segan memberikan sanksi pada mereka yang membuang sampah sembarangan di kawasan pantai. Biarpun hanya 10 ribu rupiah, tetap saja kamu jangan membuang sampah sembarangan ya saat berkunjung ke sini. Oh ya, karena lokasi pantai ini di Gunung Kidul, pastikan menggunakan mobil yang cocok untuk perbukitan ya. Agar perjalanan Anda terasa nyaman dan lebih happy saat berwisata tentunya.

Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul, sumber ig _galiihhh

Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul, sumber ig @_galiihhh

Dari mana nama Pok Tunggal berasal?

Penamaan “Pok Tunggal” di ambil dari nama pohon yang ada di pinggir pantai. Pohon tersebut adalah pohon duras dan hanya tumbuh 1 buah saja. Sehingga dinamakanlah Pok Tunggal. Warga sekitar pantai benar-benar menjaga pohon tersebut, sehingga diharapkan saat kamu datang ke sini juga harus ikut menjaga pohonnya. Jangan merusak pohon dengan sengaja ya.

Panjang ini merupakan pantai yang memiliki panjang pantai cukup panjang. Kamu bisa puas menelusuri garis pantai sambil bermain-main dipinggir jalan bersama ombak. Kamu juga dapat melihat bukit di sekitar pantai, bukit tersebut bisa kamu naik untuk melihat pemandangan pantai secara keseluruhan. Keindahannya juga tidak cukup hanya sampai disitu saja. Pasir dari pantai Pok Tunggal bisa dibilang sangat putih dan juga bersih ditambah dengan ombaknya yang besar.

Banyak sekali para wisatawan yang datang ke pantai ini hanya untuk mengabadikan moment dan menghilangkan penat. Tidak sedikit juga para wisatawan yang camping semalaman di tempat tersebut. Akan sangat seru rasanya kalau mau juga bisa merasakan camping bersama teman-teman. Selain itu, lokasi ini juga dikenal menjadi salah satu spot sunset yang menawan di Yogyakarta lho. Gak percaya? Lihat saja salah satu hasil jepretan netizen dibawah ini. Bagus sekali bukan?

Sunset di pantai Pok Tunggal, sumber ig aawputri

Sunset di pantai Pok Tunggal, sumber ig @aawputri

Lalu bagaimana dengan fasilitasnya? Kamu tidak perlu khawatir karena masyarakat sangat perhatian pada fasilitas tempat wisata tersebut. Beberapa fasilitas umum sudah sangat dilengkapi, seperti toilet, mushola dan tempat parkir. Anda juga bisa melihat adanya warung-warung makanan di sekitar pantai sehingga tidak perlu merasa khawatir lagi kalau-kalau tidak membawa bekal.

Nama lokasi : Pantai Pok Tunggal
Alamat : Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/3xe4NtmVzWm

Itulah wisata Jogja Pantai Pok Tunggal dengan Pohon Durasnya. Bagi kamu yang sedang weekend, tidak ada salahnya lah menghabiskan waktu weekendmu di sini, sekalian ajak juga teman-teman terdekatmu untuk camping, pastinya akan tambah seru. Untuk keperluan transportasi menuju kesana, Anda bisa menghubungi kami via halaman kontak untuk menyewa mobil dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Required fields are marked*