Pantai Nglambor: Tempat Asik untuk Menikmati Keindahan Biota Laut

Pantai Nglambor: Tempat Asik untuk Menikmati Keindahan Biota Laut

Pantai masih menjadi salah satu tempat favorit sebagian besar orang untuk menghabiskan waktu berlibur mereka. Ketika melihat debur ombak dan hamparan air laut yang luas sudah dapat menghilangkan kepenatan dalam pikiran dan memberikan kesempatan untuk berpikir lebih jernih dalam menyambut aktivitas di hari-hari lainnya. Ada salah satu pantai yang dapat Anda kunjungi di daerah Gunung Kidul ketika akhir pekan, yaitu Pantai Nglambor. Pantai yang terletak di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini memiliki daya tarik yang berbeda dengan pantai lainnya.

Ketika pantai lainnya di Gunung Kidul telah mendapatkan perhatian besar dari wisatawan, Pantai Nglambor masih sepi dikunjungi oleh wisatawan. Namun ketika potensi pantai ini telah ditemukan, para wisatawan pun menyerbu pantai ini. Pantai Nglambor termasuk pantai di Gunung Kidul yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga dapat diketahui bahwa pantai ini memiliki ombak yang besar. Meskipun begitu masih terdapat area di Pantai Nglambor yang dapat digunakan untuk berenang bahkan snorkeling. Terdapat dua karang yang berbentuk seperti kura-kura yang menghalau ombak menerjang salah satu area di Pantai Nglambor.

Ada beberapa aktivitas yang bisa para wisatawan lakukan ketika di Pantai Nglambor dan tidak dapat dilakukan ketika di pantai lainnya, diantaranya snorkeling, berenang, menyusuri sepanjang Pantai Nglambor. Snorkeling merupakan salah satu daya tarik Pantai Nglambor yang banyak dicari wisatawan. Snorkeling merupakan aktivitas yang dapat dimanfaatkan untuk melihat keindahan biota laut. Apalagi jika aktivitas ini dilakukan oleh anak-anak, dapat mendekatkan mereka pada fakta penciptaan tuhannya. Sehingga, berlibur di Pantai Nglambor tidak hanya sekedar sebagai tempat berwisata semata tapi mampu dijadikan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak kecil yang masih memerlukan banyak eksplorasi alam. Hanya ada hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan snorkeling, selain harus memerhatikan keselamatan diri juga harus memerhatikan kelestarian biota laut di pantai ini. Ketika melakukan snorkeling pun para wisatawan bisa melakukan foto underwater. Momen dapat menikmati pemandangan bawah laut memang sangat sayang untuk dilewatkan.

Pantai Nglambor: Tempat Asik untuk Menikmati Keindahan Biota Laut

Pantai Nglambor: Tempat Asik untuk Menikmati Keindahan Biota Laut. Sumber: IG @alvinryo88

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di sini adalah berjalan mengamati keindahan Pantai Nglambor dari ujung ke ujung lainnya. Mengingat Pantai Nglambor tidak terlalu besar, sehingga aktivitas berjalan dari satu ujung ke ujung lainnya tidak akan memakan waktu yang lama. Air di pantai ini sangat jernih, sehingga para wisatawan dapat mengamati pantai ini tanpa melakukan penyelaman atau snorkeling. Jika para wisatawan membawa serta putra putri mereka, bisa digunakan untuk menjelaskan kepada mereka mengenai berbagai macam fenomena yang terjadi di sini. Apalagi pemandangan sepanjang jalan menuju bibir pantai berupa tumbuhan kacang dan pandan laut yang dapat menyejukkan pandangan.

Sudah tertarikkah untuk datang ke Pantai Nglambor? Jika tertarik Anda perlu tau bahwa biaya untuk memasuki pantai inipun tidak terhitung mahal. Tiket masuknya sekitar Rp6.000,00 kemudian sewa alat snorkeling sekitar Rp35.000,00 sampai Rp50.000,00. Di sana Anda bisa dengan sepuas hati menikmati pemandangan laut maupun pemandangan di bawah laut. Hanya saja, jika Anda berlokasi di pusat Yogyakarta, Anda memerlukan waktu sekitar dua sampai tiga jam untuk menuju ke sana. Sehingga, saran kami, Anda perlu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil untuk perjalan an Anda. Kalau perlu, sewalah sopir yang telah mengetahui seluk beluk menuju daerah Desa Purwodadi ini.

Nama: Pantai Nglambor
Alamat: Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Gmaps: https://goo.gl/maps/eFtQGyFr8TK2

Jika Anda merasa belum puas menikmati liburan di Pantai Nglambor ini, Anda masih bisa mengunjungi pantai atau tempat wisata lainnya di Gunung Kidul seperti Air Terjun Sri Gethuk atau Puncak Bukit Kosakora. Sekian ulasan kami, semoga dapat memberikan referensi berwisata bagi Anda.

Leave a Reply

Required fields are marked*