Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk: Keindahan di Salah Satu Sudut Gunung Kidul

Lelah dan penat menjalani rutinitas dalam week days? Tentu rasa kepenatan ini perlu dihilangkan agar dapat membuat pikiran kembali segar untuk menjalani hari berat di minggu selanjutnya. Yogyakarta tidak pernah habis menawarkan destinasi wisata untuk Anda para penghuni kota Yogyakarta atau bagi siapapun yang tengah berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu tempat yang menyajikan pemandangan alam asri dan tidak terjamah dengan kerusakan akibat ulah manusia adalah Air Terjun Sri Gethuk. Banyak tempat menarik yang bisa dilakukan dan dikunjungi ketika Anda mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun yang terletak di Playen, Gunung Kidul ini disebut juga sebagai air terjun Slempret. Nama Slempret berasal dari legenda yang ada di desa Bleberan, desa tempat air terjun ada. Untuk mencapai ke air terjun ini para pengunjung perlu menyusuri sungai Oyo dengan rakit. Dan disepanjang perjalanan akan disuguhi dengan pemandangan berupa tebing kapur dan ribunnya pepohonan. Air terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan 3 sampai 5 air terjun. Air terjun di sana tidak pernah kering dikarenakan ada tiga sumber mata air di sekitarnya, sehingga jika ingin berkunjung ke tempat ini tidak perlu memperhatikan musim.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana, salah satunya adalah menyusuri sungai Oyo menggunakan rakit, atau merasakan berenang di sungai Oyo yang memiliki kedalaman sekitar 5 meter. Anda bisa menyewa pelampung atau ban jika takut tenggelam. Anda juga bisa menikmati pemandangan indah di sekitar Sungai Oyo sebelum sampai ke air terjun Sri Gethuk. Jika Anda belum puas bermain di Sungai Oyo dan Air Terjun Sri Gethuk, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Goa Rancang Kencono yang berjarak satu kilo meter dari air terjun.

Uang tiket masuk ke goa telah masuk ke biaya tiket masuk ke air terjuan. Di goa ini sering dilakukan ground camping karena arena goa yang dikunjungi cukup luas. Di goa inipun memiliki saksi sejarah perjuangan dulu menghadapi penjajah. Konon, tempat ini dijadikan sebagai benteng pertahanan dulunya. Di sana juga masih tertinggal catatan-catatan semangat dari para pejuang kemerdekaan. Mengasyikkan bukan berlibur ke Air Terjun Sri Gethuk? Selain menikmati asrinya kondisi alam di sana Anda masih bisa merasakan wisata sejarah juga.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk. Sumber IG @ayodolan

Fasilitas yang ada di sana terhitung cukup lengkap, lebih tepatnya sebelum menuju ke air terjun. Ada mushola sederhana, WC, tempat parkir, tempat makan, bahkan pemancingan di sekitar tempat parkir. Walaupun WC tidak ada di sekitar air terjun, sehingga jika ingin ke WC pergilah sebelum menuju tempat wisata. Maklum saja, karena air terjun terletak di bagian dalam desa dan tempat tujuan masih dalam proses pengembangan. Budget yang perlu Anda siapkan adalah untuk membayar tiket, perahu rakit untuk pulang pergi menuju air terjun, dan ban ataupun pelampung jika membutuhkan. Mungkin hanya akan membutuhkan biaya sekitar Rp50.000,00 saja untuk bisa menikmati pemandangan indah di sana.

Nama : Air Terjun Sri Gethuk
Alamat : Desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta
Gmaps : https://goo.gl/maps/M3qLFcyeWPK2

Air Terjun Sri Gethuk dapat dituju dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi melalui dua rute yaitu Jl. Majapahit (sebelumnya Jl. Ring Road Timur Yogyakarta) mengikuti jalan nasisonal menuju arah Wonosari hingga menemukan Pertigaan Gading (Playen) belok kanan melewati pusat kecamatan Playen hingga terdapat pertiggaan jalan menuju Bleberan. Petunjuk jalan menuju Air Terjun Sri Gethuk terpampang jelas disetiap pertigaan jalan. Atau bisa melalui rute alternatif Jl. Imogiri Barat-Panggang-Paliyan-Playen-Bleberan. Saran kami, untuk kenyamanan perjalanan Anda adalah pakailah kendaraan pribadi dengan sopir yang telah mengetahui jalanan Jogja atau Anda bisa melakukan penyewaan mobil di tempat rental.

Sekian ulasan singkat kami, semoga bermanfaat bagi Anda dan menjadi referensi berlibur Anda. Kunjungi pula Pantai Glagah Indah di Kulon Progo atau jika ingin bermain dengan berbagai macam wahana Anda bisa berkunjung di Sindu Kusuma Edupark. Kami ucapkan banyak terimakasih sudah berkenan mampir di website kami ini. Matur nuwun

2 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked*