Sate Klathak pak Jede, sumber ig satepakjede

5 Panduan Berwisata Ke Jogja Agar Bisa Murah

Yogyakarta sebagai salah satu kota besar di Indonesia seringkali menjadi pilihan tempat bagi para turis baik domestik maupun mancanegara untuk mengisi dan menghabiskan waktu liburnya. Tapi sebelum menikmati liburan di kota Yogyakarta, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita melakukan perencanaan yang matang. Seperti misalnya dalam memutuskan untuk memakai jasa sewa mobil Jogja. Hal ini bertujuan supaya dengan budget yang minim kita dapat mendapatkan fasilitas liburan yang aman dan nyaman di kota Jogja. Jika ingin tahu detailnya, berikut 5 panduan berlibur ke kota Jogja.

Destinasi Wisata

Tujuan berlibur ke Jogja sebaiknya wajib dipastikan terlebih dahulu dengan cara memilih tempat wisata yang akan kita kunjungi selama berada di Jogja. Setelah menemukan beberapa obyek wisata, kita dapat melakukan pengelompokan obyek wisata tersebut berdasarkan lokasi atau letak daerahnya supaya kita lebih bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya saat liburan. Semakin jauh letak suatu obyek wisata ke obyek wisata lainnya, maka semakin lama waktu perjalanannya serta semakin besar tenaga dan biaya yang harus kita keluarkan. Jika butuh suasana baru, Anda bisa coba melihat kumpulan burung bangau putih di desa Ketingan. Suasana alam pedesaan yang masih asri tentu menarik untuk dikunjungi.

Burung Kuntul Putih di Desa Wisata Ketingan, sumber ig lik_hasan

Burung Kuntul Putih di Desa Wisata Ketingan, sumber ig @lik_hasan

Sarana Transportasi

Masalah transportasi juga perlu dipikirkan, mulai dari transportasi menuju kota Jogja serta transportasi yang akan digunakan untuk berkeliling di kota Jogja. Ada banyak transportasi yang ditawarkan, mulai dari becak untuk berkeliling di Malioboro sampai dengan rental mobil Jogja untuk mengadakan perjalanan jauh. Detail alasan utama mengapa sewa mobil bisa dibaca disini.

Tempat Penginapan

Untuk bermalam, kita bisa mencari tempat penginapan dengan berpatokan pada lokasi dan budget. Misalnya, bila ingin dekat dengan stasiun, maka kita bisa mencari losmen atau hotel di sekitar stasiun. Biaya tempat penginapan pun bermacam-macam, mulai dari losmen dengan tarif 100 ribu per malam sampai dengan hotel berbintang dengan tarif yang mahal dan fasilitas yang mewah.

Sekedar info, bila pembaca ingin mencari tempat penginapanyang dekat dengan Malioboro dan Stasiun Kereta Api Tugu, maka pembaca dapat memilih penginapan yang berlokasi di daerah Sosrowijayan. Di sini ada beraneka tempat penginapan sesuai dengan kriteria yang dicari, mulai dari yang nyaman murah hingga yang mewah mahal. Semua tergantung pilihan dan kondisi keuangan yang dimiliki. Baca juga : Tips Wisata Hemat di Jogja

Pilihan Tempat Kuliner

Selain destinasi, transportasi, dan lokasi, tentunya ada hal penting lain yang perlu dipikirkan saat berlibur di Jogja, yaitu konsumsi. Bila mendengar kata Jogja, pasti yang muncul di benak kita pertama kali adalah gudeg. Memang benar, gudeg adalah makanan khas Jogja yang wajib dicoba, tapi sebenarnya, masih banyak makanan khas Jogja lainnya yang tak kalah nikmatnya dari gudeg dan bisa menjadi alternative bagi pecinta kuliner, misalnya sambal krecek, oseng mercon, bakmi jogja, atau sate klatak. Sedangkan untuk jajanan khas Jogja, kita bisa mencoba bakpia pathuk, yangko, geplak, dan masih banyak lagi. Pastinya Jogja merupakan salah satu pusat kuliner yang menyenangkan juga. Jadi rugi sekali kalua tidak menyempatkan berwisata kuliner disini.

Sate Klathak pak Jede, sumber ig satepakjede

Sate Klathak pak Jede, sumber ig @satepakjede

Perhatikan Budget

Bila acara liburan kita terkendala oleh minimnya budget, maka kita bisa merencanakan liburan hemat ala backpacker, tentunya dengan memilih tempat penginapan, alat transportasi, dan makanan yang sesuai dengan budget kita. Sebagai info saja, untuk berwisata ke Jogja ternyata butuh biaya kurang dari 500 ribu saja!

Demikian beberapa panduan yang bias digunakan jika ingin berwisata ke kota Joga. Jika masih bingung memutuskan transportasi yang dipilih, tidak ada salahnya memakai rental mobil Jogja supaya berwisata lebih aman dan nyaman. Untuk rombongan kecil bisa menyewa Isuzu long elf atau toyota Hiace agar bisa lebih hemat ongkos transportasi.  Sekalian dari kami, semoga bagi yang sedang merencakan liburan di kota Yogyakarta, artikel ini bisa membantu.

Leave a Reply

Required fields are marked*