Burung Kuntul Putih di Desa Wisata Ketingan, sumber ig lik_hasan

Desa Wisata Ketingan, Menikmati Pesona Burung Kuntul

Desa Wisata Ketingan – Yogyakarta, merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia yang sangat terkenal dengan kekayaan tempat wisatanya. Baik wisatawan dalam negeri maupun asing cukup sering menjadikan kota ini sebagai destinasi tujuannya. Beberapa rental mobil Jogja juga kerap kali menawarkan jasa untuk menemani para wisatawan berkeliling Jogja sepuasnya.

Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan saat kamu berada di Jogja adalah Desa Wisata Ketingan. Di sini kamu dapat melihat pemandangan ratusan burung kuntul putih yang menyebar di kawasan persawahan yang sedang ditanami padi. Dengan sangat tenang para burung tersebut mencari makan, itu memang proses alamiah.

Sementara saat senja mulai menjelang, ribuan burung tersebut pun kembali terbang untuk kembali ke sarang. Kamu akan mendapatkan pemandangan sangat menakjubkan saat segerombolan burung menghiasi langit bak lukisan, ditambah dengan pesona senja yang begitu singkat.

Burung Kuntul Putih di Desa Wisata Ketingan, sumber ig lik_hasan

Burung Kuntul Putih di Desa Wisata Ketingan, sumber ig @lik_hasan

Nah, untuk kamu yang berencana ke desa ini menggunakan rental mobil Jogja, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mengunjungi desa wisata Ketingan.

Saat bulan September beberapa burung kuntul akan melakukan migrasi dan meninggalkan ketingan kemudian kembali lagi bulan Oktober pertengahan. Jadi, kalau kamu sangat gemar melakukan bird waching akan lebih baik tidak berkunjung saat bulan tersebut karena tidak akan ada pemandangan burungnya. Sebagai gantinya kamu dapat berkunjung di bulan September. Saat bulan tersebut juga biasanya akan ada upacara ada Merti Bumi yang memang sudah sangat rutin dilakukan. Kamu bisa melihat pesona burung plus menikmati upacara adat tersebut.
Sementara untuk kamu yang sangat hobi mencari tahu mengenai tradisi lokal yang ada di Indonesia, kamu bisa datang ke ketingan saat sedang ada panen raya, dan kamu dapat mengikuti upacara wiwitan atau sukuran sebelum masa panen padi berlangsung.

Bagi yang tidak berkesempatan untuk live in, saat terbaik untuk bisa mendapatkan foto atau mengamati sekelompok burung kuntul tersebut yaitu pada pagi hari, saat burung mencari makan di daerah persawahan atau ketika menuju senja dimana burung kuntul akan segera bergegas pulang ke sarang.

Fasilitas apa saja sih yang bisa kamu dapatkan di sini? Sebagai desa wisata yang amat sangat direkomendasikan, kawasan ini sudah mempunyai banyak sekali fasilitas yang dapat kamu gunakan. Mulai dari menara yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat strategis melihat burung, adanya pemandu lokal dan juga jasa antar jemput para wisatawan.Sementara kalau kamu ingin menginap, kamu juga dapat menemukan beberapa homestay dengan tariff yang murah banget yaitu 75 ribu per malam. Bahkan harga tersebut sudah plus dengan makan 3 kali sehari loh.

Nah, kalau kamu rental mobil Jogja tanpa driver, kamu dapat mengarahkan maps ke Desa Tirtoadi atau langsung saja tulis Desa Wisata Ketingan. Namun jika ingin memakai rental mobil Jogja + sopir dari kami, pengetahuan wisata jogja para driver kami tak perlu anda ragukan lagi. Selamat menikmati wisata alam di desa wisata Ketingan, ­čÖé

Leave a Reply

Required fields are marked*