Nikmati Keindahan Hutan mangrive Jembatan Api-Api, Kulon Progo

Nikmati Keindahan Hutan Mangrove di Jembatan Api-Api, Kulon Progo

Bagi Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Yogyakarta terutama ke daerah Kulon Progo, Anda beruntung karena mengunjungi kota wisata. Banyak dibuka tempat wisata baru yang unik dan mengasikkan di Kulon Progo. Setelah kabupaten ini terkenal dengan Waduk Sermo, Pantai Kadilangu, Pantai Glagah, dan lain sebagainya. Baru-baru ini Kabupaten Kulon Progo juga disemarakkan kembali dengan munculnya tempat wisata baru, sudah beberapa waktu lalu muncul sebenarnya dan cukup hits jika di sosial media. Tempat wisata baru tersebut adalah tempat wisata jembatan api-api.

Tempat wisata ini sebenarnya merupakan tempat wisata berupa hutan mangrove. Dan kami akan sedikit mengulasnya. Disebut Api karena diambil dari salah satu nama pohon mangrove yang ditanam di sana. Sedangkan adanya kata jembatan karena tempat yang ditonjolkan di tempat wisata ini adalah jembatan-jembatan yang berasal dari bambu. Tempat wisata jembatan api-api ini berupa pemandangan hutan mangrove yang indah. Lokasinya dekat dengan Pantai Pasir Kadilangu. Hanya saja berbeda pengelola. Sehingga, jika Anda ingin mengunjungi jembatan api-api sekaligus Pantai Pasir Kadilangu Anda harus membayar dua tiket.

Lihat juga: Keindahan Pantai Bukit Padang Pengilon atau wisata langit Dahromo

Awal mula adanya jembatan api-api ini diawali dengan ditanamnya pohon mangrove oleh salah satu mahasiswa S2 UGM yang menjadikannya sebagai objek penelitian dan seiring berjalannya waktu berubah menjadi hutan dan dipelihara oleh masyarakat. Dan tempat wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Beberapa tempat yang menarik adalah dibangunnya beberapa jembatan dari bambu, ada jembatan api-api, ada pula jembatan goyang. Yang bisa menjadi daya tarik lain di sini adalah dekatnya tempat wisata jembatan api-api dengan sungai Bogowonto yang besar dan berujung di sebuah muara. Selain itu, untuk mengitari pohon magrove yang ada Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling tanpa menunggu perahu penuh. Selain itu disediakan spot untuk berfoto di sebuah ayunan, walaupun ayunannya tidak bisa digunakan. Tempat wisata inipun punya akses secara langsung ke pantai selatan yang memiliki ombak yang ganas hanya dengan berjalan kaki.

Nikmati Keindahan Hutan mangrive Jembatan Api-Api, Kulon Progo

Nikmati Keindahan Hutan mangrove Jembatan Api-Api, Kulon Progo. sumber: IG @ayodolan

Jembatan api-api ini berlokasi di daerah Jangkaran, Kulon progo,Yogyakarta dan sangat dekat dengan Kabupaten Purworejo sehingga untuk menuju lokasi ini bisa melalui dua arah, arah Yogyakarta maupun arah Purworejo. Pintu masuk ke tempat ini berada di jalan Daendels, sekitar 300 meter sebelah barat jembatan Congot (kiri jalan). Untuk memasuki tempat ini Anda hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp10.000,00 sampai Rp20.000,00 untuk membeli tiket, biaya parkir, dan menggunakan perahu untuk berkeliling. Sangat terjangkau bukan? Sedangkan untuk rutenya, jika Anda berasal dari Yogyakarta cukup menuju jalan wates dan ikuti jalan tersebut hingga ke arah Pantai Congot. Jika berasal dari daerah Purworejo Anda cukup menuju Terminal Wates dan berjalanlah menuju ke Pantai Congot.

Nama : Jembatan Api-Api
Alamat: Jangkaran, Kulon progo,Yogyakarta
Gmaps : https://goo.gl/maps/1PZs5HtpTjt

Sangat menarik bukan tempat wisata yang kami ulas kali ini? Jika Anda tertarik, Anda bisa merencanakan berlibur ke sana bersama sanak keluarga Anda atau bersama sahabat Anda. Jika membutuhkan kendaraan untuk dipakai yang sudah dengan driver untuk menuju kesana. Kami dari Jogja Cars dapat menyediakan berbagai tipe mobil seperti Toyota Avanza, Toyota Fortuner, Toyota Hiace atau bahkan medium bus untuk anda dan rombongan. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Matur nuwun.

Leave a Reply

Required fields are marked*