Susur Goa Pindul Jogja, sumber ig goapindul.id

Wisata Goa Pindul Jogja, Pesona Sungai di Bawah Permukaan Tanah

Wisata Goa Pindul Jogja adalah wisata salah satu yang menjadi favorit para wisatawan di Jogja. Setidaknya terdapat lebih dari 5 goa wisata yang terdapat di area selatan Yogyakarta dan lebih dari 50 goa lainnya yang belum menjadi obyek wisata alam. Wisata goa menjadi area wisata minat khusus karena wahana yang terbilang lebih ekstrim dibandingkan pantai atau obyek wisata alam lainnya.

Dengan banyaknya jenis wisata di Jogja yang bisa dinikmati, banyak juga penyedia jasa yang memfasilitasi perjalanan wisata Anda di daerah ini. Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan seperti paket wisata Jogja, rental mobil wisata dan guide tour. Dengan fasilitas-fasilitas ini, Anda akan dapat kemudahan untuk menikmati perjalanan wisata Anda.

Wisata Goa Pindul Jogja bisa dikatakan sebagai salah satu yang recommended untuk dicoba. Wisata ini bukan hanya menampilkan keindahan alam, tetapi juga cocok untuk Anda yang suka dengan tantangan dan menguji ketahanan fisik. Untuk informasi selangkapnya, simak ulasan berikut ini.

Obyek Wisata Goa Pindul Jogja, sumber ig yogyakartamemories
Obyek Wisata Goa Pindul Jogja, sumber ig @yogyakartamemories

Wisata Goa Pindul Jogja

Goa Pindul adalah salah satu Goa di Jogja yang berumur tua. Karena bahkan sebelum menjadi obyek wisata-pun warga setempat sudah beraktivitas memanfaatkan kebaikan alam sekitar untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Penduduk setempat meyakini sebuah cerita sejarah di balik keberadaan wisata Goa Pindul Jogja ini di masa lalu.

Sejarah Goa Pindul ini terlihat dari nama “pindul” yang merupakan singkatan dari pipi kebendul. Alkisah, utusan Panembahan Senopati Mataram diutus untuk membunuh seorang bayi. Karena tidak tega, maka utusan ini mengurungkan niatnya dan membawa bayi ini menjauh ke tengah hutan.

Ketika dibawa, bayi ini terus menangis sehingga utusan ini berinisiatif untuk memandikan bayi ini. Di tengah hutan, dengan kemampuan utusan Panembahan Senopati, terbentuk lubah ke dalam tanah yang didalamnya mengalir sungai untuk memandikan bayi tersebut. Saat dimandikan, pipi bayi ini terbentur (kebendul) pada dinding Goa. Sehingga disebut Goa Pindul Yogyakarta.

Dari gambaran kisah ini juga, bisa dibayangkan bahwa Goa Pindul berada dibawah permukaan tanah, mengalir sungai didalamnya sehingga untuk menyusurinya harus bersama pemandu dan memakai peralatan lengkap. Didalam Goa, pada dindingnya terdapat stalaktit dan stalakmit yang menjadi pemandangan tersediri yang indah.

Lokasi dan Rute

Obyek wisata Goa Pindul Jogja berada di Dusun Gelaran I, RT. 5 / RW. 15, Kel. Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Gunungbang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi ini sudah bisa diakses oleh kendaraan baik kendaraan roda dua hingga bus pariwisata. Di beberapa titik di Jalan Wonosari Anda akan menemukan beberapa tanda masuk area wisata Goa Pindul Jogja.

Agar tidak bingung karena banyaknnya tanda masuk untuk satu area wisata, Anda bisa mengikuti rute rekomendasi kami yaitu :

Kota Jogja – Jalan Wonosari – Jalan Nasional III – jalan Alternatif Karangmojo – Jalan Goa Pindul Pos 2.

Waktu tempuh yang diperlukan jika mengikuti rute diatas sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh sepanjang kurang lebih 42 Km.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di area wisata Goa Pindul Jogja yang bisa Anda sewa atau pakai diantaranya :

  • Perlengkapan Cave Tubing
  • Pemandu Wisata
  • Tempat Makan
  • Kamar mandi
  • Area Parkir
Susur Goa Pindul Jogja, sumber ig goapindul.id
Susur Goa Pindul Jogja, sumber ig @goapindul.id

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki area wisata Goa Pindul Jogja, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000. Untuk menikmati wahana cave tubing Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 40.000. Biaya lainnya yang perlu dikeluarkan adalah biaya parkir mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 15.000. Untuk menikmati beberapa wahana lainnya, Anda juga akan mengeluarkan biaya sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Besaran biaya akan sewaktu-waktu berubah.

Saran Tambahan

Yang paling menarik dari Goa Pindul adalah tentu saja aktivitas cave tubing-nya. Karena dasar obyek wisata Goa Pindul Jogja ini merupakan sungai kecil. Sehingga berbeda dengan beberapa goa lainnya yang dasarnya hanya bebatuan atau tanah. Sambil menyusuri Goa Anda akan disuguhi dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit.

Ikutilah petunjuk dan araha dari pemandu. Karena sudah menjadi prosedur umumnya bahwa aktivitas susur goa harus bersama pemandu. Maka manfaatkanlah jasa pemandu yang ada.

Nama : Goa Pindul
Alamat : Gelaran2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891 Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/VVKXV7DC1fk

Demikian ulasan terkait wisata Goa Pindul Jogja yang bisa kami rangkum. Semoga ulasan ini dapat memberikan gambaran dan menjadi referensi wisata Anda. Simak ulasan wisata Jogja lainnya di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda.

Tinggalkan Balasan