Tips Praktis Menghemat Biaya Selama Berwisata di Jogjakarta

Berlibur adalah hal yang paling menyenangkan. Anda bisa sejenak beristirahat menenangkan pikiran dari berbagai permasalahan dengan menghabiskan waktu pergi ke tempat-tempat wisata. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan ketika berlibur atau berwisata ke suatu daerah yaitu pengeluaran. Jangan sampai yang tadinya ingin menghilangkan masalah sejenak malah menambah masalah karena pengeluaran yang membengkak. Salah satunya adalah dengan melihat alternatif. Banyak daerah-daerah wisata di Indonesia yang menawarkan alternatif ketika berwisata sehingga tidak begitu menghabiskan biaya bahkan bisa menghemat.

Jika Anda memilih untuk bisa tetap berwisata dengan biaya hemat, Jogjakarta adalah pilihan yang tepat. Jogjakarta memang dikenal sebagai daerah wisata yang memiliki alternatif sehingga Anda bisa mendapatkan segala hal untuk memuaskan wisata Anda dengan biaya serba murah. Terdapat obyek wisata yang murah, pusat perbelanjaan murah, kuliner murah, oleh-oleh murah dan lain-lain. Untuk itu berikut adalah tips berwisata hemat ketika Anda mengunjungi Jogjakarta.

Tips Berwisata Hemat

Bagi Anda yang berwisata, tidak ada salahnya untuk tidak all out terutama dalam hal pembiayaan. Namun bukan berarti nantinya kita tidak bisa puas karena banyak menghemat. Ternyata tetap ada alternatif bagi Anda yang memutuskan untuk berwisata ke Jogjakarta, mendapatkan segala yang Anda butuhkan termasuk yang berkualitas harga yang hemat. Nah, berikut ini akan diulas informasinya!

1. Memilih Tempat Penginapan Yang Murah

Diawali dengan memilih tempat beristirahat yang murah tapi tetap nyaman. Bila Anda ingin berwisata ke manapun, Anda harus pintar dalam memilih tempat penginapan dengan harga terjangkau tetapi berkualitas. Seperti akses transportasi yang mudah, nyaman dan bersih. Untuk mencari tempat penginapan murah Anda bisa bertanya atau mencarinya di internet.

2. Makan Layaknya Orang Lokal

Wisata kuliner memang wajib dilakukan ketika pergi ke Jogjakarta. Tetapi, tempat makan yang sudah memiliki nama alias terkenal biasanya akan mematok harga yang mahal. Dan untuk menyiasati hal tersebut bisa dengan sesekali makan di restoran atau tempat wisata kuliner dan selebihnya makanlah layaknya orang-orang lokal makan. Ini akan membuat pengeluaran tetap terkontrol.

Pantai Baron Jogjakarta, sumber ig exoticgunungkidul

Pantai Baron Jogjakarta, sumber ig @exoticgunungkidul

3. Menyewa Kendaraan Seperti Mobil Bila Rombongan

Di Jogjakarta banyak tempat-tempat wisata yang terletak di pinggiran dan memiliki akses angkutan umum yang terbatas. Tapi hal itu bisa diakali dengan menyewa sebuah mobil atau kendaraan lainnya, terutama jika pergi wisatanya rombongan. Ada banyak paket hemat yang ditawarkan oleh sejumlah rental mobil Jogja yang bisa dijadikan pilihan. Dengan melakukan penyewaan mobil ini semua pelosok Jogjakarta rasanya bisa dijelajahi dengan bebas dan leluasa tanpa khawatir pengeluaran membengkak.

4. Mengunjungi Sejumlah Tempat-Tempat Wisata Dengan Harga Terjangkau

Ada begitu banyak tempat wisata yang berada di Jogjakarta yang memiliki harga tiket yang sangat murah. Bahkan ada tempat wisata yang gratis tanpa harus membayar tiket, sebut saja Nol Kilometer, Malioboro dan lain-lain. Tempat wisata tersebut memiliki harga tiket yang sangat terjangkau bahkan diantaranya ada yang bisa dinikmati secara gratis.

5. Ketika Belanja Oleh-Oleh Jangan Malu Untuk Melakukan Tawar Menawar

Hal yang wajib dibawa pulang ketika selesai berwisata ke suatu daerah adalah oleh-oleh atau buah tangan untuk orang-orang terdekat. Sayangnya terkadang oleh-oleh ini menjadi beban tersendiri. Untuk itu ketika akan membeli oleh-oleh jangan malu, jangan segan untuk melakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik sesuai dengan budget yang sudah disediakan.

6. Memanfaatkan Trans Jogja

Dengan memanfaatkan sejumlah transportasi umum yang ada di Jogjakarta juga bisa jadi pilihan untuk berhemat. Misalnya saja memanfaatkan bus trans Jogja untuk pergi ke tempat wisata. Untuk naik bus pun uang yang dikeluarkan tidaklah banyak dan minimal tempat-tempat wajib didatangi bisa diakses hanya dengan menggunakan bus ini.

Masih terdapat alternatif-alternatif wisata lainnya untuk tetap bisa berhemat selama di Jogjakarta yang belum sempat diulas pada kesempatan ini. Demikian ulasan mengenai tips berwisata hemat di Jogjakarta. Semoga beberapa informasi diatas bisa menambah referensi berwisata bagi Anda. Jangan lupa untuk menyimak ulasan mengenai informasi dan tips wisata Jogjakarta lainnya di halaman Jogjacars. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda!

Leave a Reply

Required fields are marked*