Goa Jomblang, sumber ig atraveli

Mengunjungi Goa Wisata Jogjakarta Yang Unik Dan Bersejarah

Jogjakarta termasuk salah satu daerah destinasi wisata diantara banyak destinasi wisata di Indonesia. Obyek-obyek wisatanya tidak kalah menarik dibandingkan dengan daerah destinasi wisata lainnya seperti Bali, Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain-lain. Dengan daya tarik wisatanya, Jogjakarta memang menjadikan wisata sebagai salah satu sumber peningkatan ekonomi daerahnya. Terlihat dari banyaknya jasa sewa mobil Jogja 2019, paket wisata, paket tour, penginapan dan hotel, pasar dan kuliner yang memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Untuk obyek wisatanya sendiri, Jogjakarta memiliki banyak sekali obyek wisata. Terdapat pantai-pantai eksotis, bukit dan perkebunan, situs bersejarah, desa wisata, museum dan obyek-obyek lainnya yang membuat penasaran untuk segera dikunjungi. Nah, sudah memutuskan untuk berwisata ke Jogjakarta?

Di Jogjakarta, banyak terdapat goa yang indah dan mempesona tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Kota yang penuh dengan tempat-tempat wisata ini membuat goa-goa yang terdapat di dalamnya pun dimanfaatkan oleh masyarakat dan pemerintah setempat sebagai daya tarik pariwisata. Para wisatawan yang hobi melancong ke goa-goa pun turut berdatangan.

Goa-goa Wisata di Jogjakarta

Karena keindahan goa-goa tersebut, para pariwisata kian ramai berdatangan. Kira-kira goa apa saja ya? Berikut ulasannya!

Goa Jomblang, sumber ig atraveli

Goa Jomblang, sumber ig @atraveli

Goa Pindul

Cave tubing milik Goa Pindul ini berhasil menyihir para wisatawan baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Para wisatawan di sini dapat menikmati sensasi berenang di lorong goa yang panjang. Cave tubing yang ada mudah dilakukan karena aliran sungai bawah tanahnya sangat tenang sehingga sangat nyaman untuk berlama-lama di sini.

Ada sensasi tersendiri saat memasuki goa ini yakni saat mulai memasuki mulut Goa Pindul, sesekali akan terdengar kepakan sayap kelelawar yang menghuni goa tersebut. Berbagai ukuran stalagmit dan stalagtit pun menghiasi dalam goa. Stalagmit dan stalagtit tersebut sudah menyatu yang berukuran cukup besar hingga menghalangi aliran sungai. Ukuran pilar pun bisa sampai 5 rentangan orang dewasa.

Goa Jomblang

Goa Jomblang terdapat di kawasan pegunungan karts di Gunung Kidul. Goa ini bisa dibilang sebagai salah satu goa dari 500an goa yang berada di wilayah pegunungan tersebut. Goa Jomblang memiliki mulut goa yang vertikal dengan jarak antara bibir goa dengan dasarnya cukup bervariasi. Paling dalam sekitar 80 meter.

Untuk menuruni goa ini dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique (SRT). SRT sendiri merupakan teknik yang baku digunakan guna menuruni gua yang berbentuk vertikal dengan menggunakan satu tali sebagai lintasan yang dipakai untuk jalan menaiki pun menuruni tempat-tempat yang vertikal di dalam goa.

Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono, sumber ig @aa_sarifudin

Satu lagi, goa yang menjadi perhatian para wisatawan di daerah Kabupaten Gunungkidul adalah Goa Rancang Kencono. Goa ini merupakan goa yang terlihat seperti ruangan yang lapang dan mempunyai akses penerangan matahari yang cukup. Hal ini kemudian menjadi daya tarik karena bisa digunakan untuk tempat-tempat sarasehan atau pertemuan rekreasi oleh para wisatawan. Goa ini berlokasi di desa Bleberan, Playen, Gunungkidul.

Goa Rancang Kencono ini terbagi menjadi 3 ruangan. Ruangan pertama berupa pelataran yang landai dan luas dengan cukup sinar matahari, karena tempatnya berada di dekat mulut goa. Menurut petugas di sana, konon di tempat ini pernah ada kehidupan dari jaman prasejarah. Di bagian dinding menuju ruangan kedua juga terdapat semacam relief batu yang menurut petugas mirip dengan jengklot.

Memasuki bagian ruangan kedua, jalanan semakin sempit dan gelap. Petugaspun telah menyiapkan beberapa lampu senter sebagai alat penerangan. Di bagian ruangan kedua ini konon dipergunakan untuk ruang semedi. Di ruangan ini terdapat semacam meja batu yang konon digunakan untuk bersila tatkala bersemedi.

Menuju ruangan ketiga (bagian terdalam dari goa), jalanan sangat-sangat sempit. Untuk masuk kedalamnya kita harus berjalan berjongkok satu per satu. Namun ternyata begitu lorong sempit tadi kita lewati, di dalam sana terdapat sebuah ruangan yang luas. Kita bisa berdiri dan menyaksikan bukti-bukti perjuangan laskar Mataram di sini. Di dinding goa pada ruangan ini terdapat semacam “prasasti” atau janji prajurit yang tulisan “Prasetya Bhinnekaku” di bagian atasnya, serta lambang burung garuda di sampingnya.

Itu dia goa-goa indah yang bisa dikunjungi para wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta. Semoga artikel ini bermanfaat dan simak terus informasi dan tips wisata Jogjakarta di Jogjacars.com.

Leave a Reply

Required fields are marked*