Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Tips Bermanfaat Wisata Sambil Turut Serta Melestarikan Lingkungan

Berwisata merupakan hal yang perlu dilakukan. Setidaknya setelah menjalani hari-hari penuh dengan kesibukan dan menyita waktu. Maka manfaatkanlah waktu-waktu senggang Anda untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang mampu sejenak menjauhkan Anda dari hiruk pikuk kesibukan perkotaan. Ya, kembali ke alam setelah lama berkutat dengan kesibukan di tengah keramaian bisa bermanfaat bagi Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa mengunjungi obyek wisata alam bukan hanya untuk memuaskan hasrat wisata kita. Alam juga membutuhkan imbalan setelah selama ini dieksploitasi untuk kepentingan kita, kita juga harus berbuat sesuatu yang dengannya kita bisa memberikan manfaat kepada alam juga. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk berterima kasih terhadap alam yang kita nikmati keindahannya adalah dengan cara ikut melesatarikannya.

Saat ini suhu panas bumi telah meningkat. Hal ini bukan terjadi secara alami, namun ada faktor dimana manusia menjadi penyebabnya. Polusi udara misalnya, polusi udara berkontribusi dengan cara bereaksi dengan lapisan ozon yang selama ini melindungi paparan langsung sinar matahari ke bumi. Akibatnya perlindungan ozon untuk bumi dari paparan langsung sinar matahari menjadi tidak optimal sehingga panas bumi jadi meningkat. Inilah yang disebut dengan efek rumah kaca. Salah satu fenomena yang merupakan akibat dari afek rumah kaca adalah pergantian musim yang tidak lagi menjadi normal dan tidak lagi bisa diprediksi. Maka, melestarikan alam merupakan solusi satu-satunya.

Untuk Anda para wisatawan, meski hanya sekedar berkunjung, banyak hal-hal kecil yang sederhana namun berefek positif yang bisa dilakukan untuk ikut berkontribusi melestarikan alam di sekitar terutama alam obyek wisata yang sedang dikunjungi. Berikut ini beberapa tips untuk tetap bisa berkuontribusi menjaga dan melesatarikan lingkungan sambil mengunjungi obyek wisata alam.

Berwisata Sambil Melestarikan Alam

Embung Bathara Sriten, sumber ig pejalan.biasa

Embung Bathara Sriten, sumber ig @pejalan.biasa

Saat ini banyak tempat-tempat wisata alam yang bisa menjadi pilihan kunjungan untuk menikmati waktu berliburan Anda. Namun, alangkah menyenangkan jika berwisata bisa dilakukan sambil menjaga lingkungan sekitar apalagi alam hijau yang menjadi “paru-paru bumi”. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan

Alam yang indah yang menjadi obyek wisata yang bisa dinikmati oleh kita sebenarnya juga muncul dari keasrian dan kebersihan lingkungannya. Maka, menjaga kebersihan lingkungan selama berwisata merupakan hal yang perlu dilakukan agar keindahan obyek wisata alam tetap terjaga. Menjaga kebersihan bisa dilakukan dengan minimal tidak membuang sampah sembarangan. Lebih baik lagi jika Anda mau membantu membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

2. Berkontribusi Melalui Retribusi

Hampir seluruh obyek wisata alam mensyaratkan biaya retribusi. Meskipun lebih baik jika bisa dinikmati secara gratis, namun membayar retribusi juga bisa menjadi partisipasi kita untuk menjaga lingkungan. Karena sebenarnya retribusi merupakan biaya yang salah satunya dianggarkan untuk merawat obyek wisata oleh pihak yang berwenang mengelola suatu obyek wisata. Maka persiapkanlan biaya retribusi wisata Anda.

3. Melindungi Lingkungan dan Fasilitas Wisata

Melindungi lingkungan juga merupakan tanggung jawab kita bersama. Melindungi lingkungan juga termasuk dalam upaya untuk melesatarikan alam. Maka, meskipun kita berwisata bukan berarti kita memakai segala yang terdapat di lingkungan obyek wisata tanpa merawat dan menjaga fungsinya. Apalagi merusaknya. Dengan merawat dan menjaga fasilitas obyek wisata serta lingkungan wisata alam yang kita kunjungi maka hal itu merupakan kontribusi positif sebagai wisatawan untuk turut serta melestarikan alam.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan selama berwisata untuk turut serta menjaga lingkungan dan berkontribusi melestarikan alam yang kita tinggali bersama. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk menyimak artikel wisata lainnya di halaman kami. Selamat berwisata!

Leave a Reply

Required fields are marked*