Embung Nglanggeran, sumber ig jogjajateng

5 Spot Sunset Terkenal di Jogja

Dapat melihat matahari terbenam (sunset) secara langsung menjadi salah satu momen yang tidak terlewatkan oleh Wisatawan ketika mengunjungi objek wisata di Jogja. Bahkan tidak jarang beberapa Wisatawan sengaja memilih spot sunset Jogja dan datang sore hari agar bisa melihat sunset.

Banyak objek wisata di Jogjakarta yang bisa dijadikan spot untuk melihat sunset. Beberapa spot sunset Jogja ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan nuansa yang berbeda sehingga sangat cocok diabadikan melalui foto atau video. Apa saja objek wisata yang menarik untuk dijadikan spot melihat sunset di Jogja? Berikut, Kami rekomendasikan objek wisatanya untuk Wisatawan.

1. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko, sumber ig ayodolan
Candi Ratu Boko, sumber ig @ayodolan

Candi Ratu Boko berada di atas bukit dengan ketinggian 200 mdpl. Bisa dibilang kawasan ini adalah sebuah kawasan keraton yang cukup lengkap di antara keraton Jawa lainnya. Dimana kompleks bangunan ini cukup lengkap terdiri dari pintu gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, dan juga pagar pelindung. Terlihat hamparan sawah, candi dan terkadang kereta api yang sedang melintas menjadi pesona yang cukup menarik. Apalagi, udaranya yang sejuk karena, banyaknya pepohonan dan rumput-rumput yang serba hijau.

Lokasi Wisata

Spot sunset Jogja Candi Ratu Boko terletak di Jalan Raya Piyungan, KM 2, Dusun Gatak, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Harga Tiket

Harga tiketnya sebesar 40 ribu rupiah untuk usia diatas 6 tahun. Bagi yang masih berusia dibawah 6 tahun akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu. Untuk wisatawan asing dikenakan biaya sebesar 18 dollar.

Jam Beroperasi

Waktu buka Candi Ratu Boko dari pukul 06.00 s/d 18.00. Biar terhindar dari panasnya terik matahari maka datanglah saat pagi hari dari pukul 06.00 s/d 10.00 dan jika ingin melihat moment sunset maka datanglah saat sore hari dari pukul 16.00 s/d 17.00 karena biasanya saat pukul 17.00 lebih pesona keindahan Ratu Boko karena sunset akan mulai terlihat.

2. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog, sumber ig mynamelilis
Bukit Parang Endog, sumber ig @mynamelilis

Bukit Parang Endog sebenarnya merupakan sebuah bukit yang digunakan sebagai landasan paralayang, namun jarang sekali dipakai mengingat belum ada rental paralayang. Bukit ini biasanya digunakan saat event-event tertentu misalnya Jogja Air Show. Selebihnya, tempat ini lebih sering digunakan untuk menikmati indahnya senja dengan latar belakang laut selatan yang luas dan seperti tidak berbatas. Dari atas bukit ini juga, Wisatawan bisa menyaksikan keindahan pantai-pantai yang satu garis dengan Pantai Parangtritis seperti Parang Kusumo dan Depok.

Lokasi Wisata

Secara administratif Bukit Parang Endog termasuk dalam wilayah Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Bukit Parang Endog saat weekday (Senen s/d Jum’at) sebesar Rp. 5.000 per orang, weekend (Sabtu dan Minggu) sebesar Rp. 7.000 per orang, dan harga parkir sebesar Rp. 2.000 per motor dan Rp. 5.000 per mobil.

Jam Beroperasi

Waktu buka Bukit Parang Endog dari pukul 08.00 s/d 18.30. tetapi waktu yang tepat untuk melihat sunset saat datanglah saat sore hari dari pukul 16.00 s/d 17.00 karena biasanya saat pukul 17.00 pesona sunset akan mulai terlihat dengan latar laut selatan yang seakan tidak terbatas.

3. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran, sumber ig mountrav.addict
Embung Nglanggeran, sumber ig @mountrav.addict

Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani pada saat musim kemarau. Embung Nglanggeran dijadikan objek wisata karena lokasinya yang berada di gunung api purba dan menawarkan pemandangan yang indah dari atas ketinggian. Objek wisata ini dikelilingi pula oleh perkebunan buah yang ditanam oleh penduduk sekitar serta memberikan suasana yang menarik untuk dilihat tempat yang baik untuk melihat matahari terbenam pada sore hari.

Lokasi Wisata

Secara administratif Embug Nglanggeran termasuk dalam wilayah Dusun Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Embug Nglanggeran sebesar Rp. 10.000 per orang, harga parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil pribadi.

Jam Beroperasi

Waktu buka Embug Nglanggeran dari pukul 08.00 s/d 18.30. tetapi waktu yang tepat untuk melihat sunset saat datanglah saat sore hari dari pukul 16.00 s/d 17.00 karena biasanya saat pukul 17.00 untuk melihat keindahan sunset.

4. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan, sumber ig jelajahdunia
Kebun Buah Mangunan, sumber ig @jelajahdunia

Berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl, membuat Kebun Buah Mangunan dijuluki sebagai negeri di atas awan. Dengan pemandangan kabut yang terbentuk tepat di depan mata, keindahannya memang luar biasa. Disertai dengan pemandangan gunung yang tampak terlihat bersama dengan matahari, secara perlahan mulai menampakkan sinarnya dengan warna emasnya yang menggemaskan ketika terbit (sunrise). Saat sore hari Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan sunset yang sinarnya berwarna merah gelap dan mulai menghilang di ufuk barat secara perlahan. 

Kebun Buah Mangunan memiliki luas wilayah 23 hektar. Dengan tanah seluas itu, membuat kebun buah mangunan ditanami banyak sekali pohon seperti mangga, rambutan, jeruk, durian, manggis dan masih banyak lagi. Selain pohon buah, kawasan ini juga memiliki pohon jati, dan juga pohon pinus yang tampak cantik. Jam berapa pun berkunjung ke tempat ini terasa sangat tepat. Selain tidak panas, banyaknya pepohonan yang tumbuh membuat suasana menjadi berbeda. Tempat ini pun juga memberikan oksigen yang dibutuhkan untuk tubuh sehingga mendapatkan udara segar.

Lokasi Wisata

Banyak yang mengira bahwa Kebun Buah Mangunan merupakan bagian dari Kabupaten Gunung Kidul karena letaknya di atas gunung dan berdekatan dengan Kabupaten Gunung Kidul. Padahal secara Administratif Kebun Buah Mangunan termasuk dalam wilayah Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Kebun Buah Mangunan sebesar Rp. 5.000 per orang, harga parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil pribadi.

Jam Beroperasi

Beda dengan wisata lain pada umumnya, Kebun Buah Mangunan sudah mulai ramai dikunjungi oleh Wisatawan pada pukul 04.30 s/d 18.30 karena pada pukul 04.30 tempat wisata mulai dibuka. Bahkan tidak jarang Wisatawan yang menginap sekitar area Kebun Buah Mangunan demi melihat keindahan sunrise dan menunggu sampai sore hari untuk melihat sunset.

5. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat, sumber ig objek_wisata_jogja
Pantai Kesirat, sumber ig @objek_wisata_jogja

Saat berkunjung ke Pantai Kesirat Gunungkidul, jangan pernah ada keinginan untuk bermain pasir, atau ingin berlarian dengan debur ombak. Sebagai gantinya, Wisatawan akan menemukan rahasia lain dari keindahan pantai ini, yaitu Panorama Senja. Tempat inilah lokasi yang paling tepat untuk menikmati sunset, melihat Sunset di tempat ini dijamin merasakan ketentraman yang amat dalam. Sunset di pantai ini lebih istimewa dari lokasi lain, dikarenakan tidak ada penghalang sedikitpun. Baik itu pepohonan apalagi bangunan.

Lokasi Wisata

Secara administratif Pantai Kesirat termasuk dalam wilayah Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Pantai Kesirat sebesar Rp. 5.000 per orang, harga parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil pribadi.

Jam Beroperasi

Pantai Kesirat dibuka 24 jam sehingga Wisatawan bisa datang kapan saja. Pengunjung datang pada malam hari biasanya akan melakukan camping. Jika ingin melihat sunset datanglah sore hari pada pukul 16.00 s/d 17.00.

Itu dia informasi seputar 5 spot sunset Jogja yang terkenal untuk Anda. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi wisata Anda. Simak berbagai ulasan menarik lainnya di jogjacars.com.

Tinggalkan Balasan