Pantai Krakal, sumber ig zeeena1016

Pesona Pantai Krakal Wonosari Yang Unik dan Menarik

Pantai Krakal menjadi salah satu pantai eksotis di Jogja. Area Jogja bagian selatan, yang biasa disebut sebagai area Pantai Selatan memang terkenal dengan berbagai pantai yang indah, unik dan mempesona. Pantai Krakal menjadi salah satu yang eksotis dan unik karena sejarah terbentuknya pantai ini.

Untuk mengakses pantai-pantai Jogja inipun tidaklah sulit. Sebagai daerah pariwisata, Jogja memiliki fasilitas wisata yang lengkap untuk dimanfaatkan wisatawan. Salah satunya fasilitas transportasi wisata.

Fasilitas transportasi wisata yang biasanya sering dicari para wisatawan diantaranya, rental mobil wisata Jogja, rental motor, sewa bus pariwisata, paket tour Jogja dan fasilitas lainnya yang menyediakan transportasi wisata.

Seluruh moda transportasi wisata bisa mengakses Pantai Krakal. Nah, apa saja sih daya tarik Pantai Krakal yang bisa dinikmati? Simak informasi tentang wisata Pantai Krakal berikut ini.

Pantai Krakal Jogja, sumber ig opissen
Pantai Krakal Jogja, sumber ig @opissen

Lokasi dan Rute

Pantai Krakal berada di Desa Ngastiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika berangkat dari Kota Jogja, Anda bisa mengarah ke timur untuk menuju area Pantai Selatan melalui Jalan Wonosari.

Sesampainya di Jalan Wonosari dari perempatan ketandan, Anda akan melewati Piyungan mengarah ke Ibukota Kabupaten Gunung Kidul, yaitu Kota Wonosari. Dari Kota Wonosari, ikuti petunjuk menuju Tanjungsari dan selanjutnya menuju Pantai Krakal.

Pantai ini bisa diakses dengan kendaraan bermotor baik mobil wisata hingga bus pariwisata. Kondisi jalan yang akan dilewati adalah perbukitan dengan pemandangan batu kapur di sepanjang jalan mendekati lokasi Pantai Krakal.

Perjalanan akan ditempuh selama 2 jam dari Kota Jogja dengan jarak sepanjang 65 km, atau sekitar 21 km dari Kota Wonosari. Dengan jarak yang jauh, kami menyarankan untuk menggunakan kendaraan mobil dan bus.

Pantai Krakal Wonosari

Pantai Krakal Wonosari adalah salah satu pantai eksotis Jogja yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Karena selain menikmati suasana dan keindahan pemandangannya, ada beberapa aktivitas yang bisa dinikmati di Pantai Krakal ini.

Mengenai sejarahnya, yang dianalisis dari penampakan Pantai Krakal saat ini, terlihat bahwa pantai ini memperlihatkan bentuk dasar laut yang timbul karena surutnya air laut yang dikenal dengan sebutan epirogenesa negatif.

Karena peristiwa tersebut, terbentuklah Pantai Krakal dengan banyaknya batuan karang yang berada di sekitar bibir pantai serta terdapat pula batuan karang besar yang menyerupai pulau kecil yang ditumbuhi tumbuhan.

Pantai Krakal Wonosari, sumber ig jogjatour
Pantai Krakal Wonosari, sumber ig @jogjatour

Dengan proses terbentuknya Pantai Krakal, wajar saja jika pengunjung akan menemukan pemandangan yang berbeda yang belum tentu ditemukan di lokasi wisata lainnya. Batuan karang, pasir putih, bukit yang ada di sekitar pantai membuat pemandangannya semakin mempesona.

Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Pantai Krakal Wonosari. Garis pantai yang panjang bisa dijadikan rute untuk susur pantai menikmati keindahan pemandangannya sambil berfoto.

Selain itu, para pengunjung juga bisa melakukan surfing, karena ombak pantai yang relatif besar. Namun bukan hanya surfing, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan biota laut di dasar pantai dengan melakukan aktivitas snorkeling.

Mengabadikan momen dan pemandangan ketika ombak pantai surut juga sering dilakukan. Karena ternyata, saat ombak surut, banyak ikan-ikan bahkan ikan-ikan yang berwarna unik seperti damselfish dan ikan-ikan lainnya.

Selain itu, di lokasi pantai ini, para nelayan atau penduduk setempat juga mencari hewan laut yang dinamakan umbal. Hewan laut yang disebut umbal ini biasanya dikonsumsi dan dijual oleh para penangkapnya. Umbal bisa dijadikan olahan seafood berupa rempeyek.

Untuk yang berkesempatan untuk menginap di sekitar lokasi Pantai, Anda bisa menikmati keindahan dan syahdunya suasana sunset dan sunrise di lokasi Pantai Krakal Wonosari. Pantai mulai buka sejak pukul 09.00 hingga pukul 17.00. Sehingga momen sunrise dan sunset hanya bisa dinikmati jika menginap di sekitar pantai.

Keindahan Pantai Krakal Wonosari serta didukung dengan fasilitas pantai, membuat pengunjung nyaman untuk berkunjung ke obyek wisata ini. Pihak pengelola Pantai Krakal telah membangun dan menyediakan beberapa fasilitas yang memadai seperti gazebo, warung makan, loket sewa alat snorkeling, toilet dan tempat parkir.

Untuk Anda yang penasaran dengan pemandangan indah sunset dan sunrise tanpa harus pulang kemalaman atau berangkat pagi-pagi sekali, Anda bisa memanfaatkan penginapan yang terdapat di sekitar lokasi pantai. Sehingga saat momen sunset dan sunrise, Anda sudah on the spot.

Pantai Krakal, sumber ig zeeena1016
Pantai Krakal, sumber ig @zeeena1016

Informasi Harga dan Informasi Tambahan

Untuk memasuki lokasi Pantai Krakal Wonosari, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 4.000 per orang. Sedangkan biaya lainnya adalah retribusi parkir dengan kisaran harga mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Selain itu, apabila Anda membutuhkan peralatan snorkeling namun tidak membawa sendiri, Anda bisa meminjamnya dari tempat peminjaman seharga Rp. 50.000. Untuk wisatawan yang ingin menikmati kuliner seafood, bisa didapatkan di tempat kuliner yang tersedia dengan harga tertentu.

Demikian beberapa informasi menarik terkait Pantai Krakal Jogja. Masih terdapat banyak lagi pantai yang memiliki keunikan di pesisir selatan Jogja ini. Seperti Pantai Jogan yang memiliki air terjun, Pantai Ngobaran dengan keindahan bangunan puranya, Pantai Timang dengan jembatan timang untuk penyebrangan ke pulau timang, Pantai Nguluran dengan jembatan kacanya dan pantai-pantai lainnya.

Nama : Pantai Krakal
Alamat : Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55000
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/d715GrqyTgChjXLd9

Simak terus ulasan lainnya tentang obyek-obyek wisata Jogja di halaman jogjacars.com. Semoga ulasan ini dapat menghibur dan membantu Anda dalam mencari referensi obyek-obyek wisata yang ada di Jogja. Silahkan berikan komentar dan share artikel ini. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda di Jogja ya!

Tinggalkan Balasan