8 Makanan Tradisional Kemasan Kaleng Untuk Bekal Saat Berwisata

Di Indonesia terdapat beberapa daerah dan memiliki ragam budaya yang berbeda beda. Bahkan di berbagai daerah di Indonesia terdapat makanan tradisional yang menjadi ciri khasnya. Seperti makanan tradisional yang sudah ada sejak dahulu dan masih ada sampai sekarang ini.

Makanan tradisional merupakan makanan daerah yang proses pembuatannya sudah diwariskan secara turun temurun dan sudah dikonsumsi sejak turun temurun serta memiliki cita rasa yang sangat sesuai dengan masyarakat setempat.

Beberapa Makanan Tradisional dengan Cetak Kemasan Kaleng Untuk Bekal Berwisata

Ketika anda dan keluarga melakukan perjalanan jauh luar negeri atau pergi untuk berwisata, tentunya anda harus mempersiapkan barang-barang atau bekal apapun yang akan dibawa.

Makanan dalam kemasan, sumber: www.beritasatu.com
7Makanan dalam kemasan, sumber: www.beritasatu.com

Jika kebingungan untuk membawa bekal makanan yang ingin dimakan saat bepergian jauh dan tidak repot untuk memasaknya. Nah, sekarang sudah ada cetak kemasan kaleng untuk makanan siap saji. Dan berikut ini ada beberapa makanan tradisional dengan cetak kemasan kaleng untuk bekal saat berwisata, diantaranya:

1. Makanan Gudeg

Makanan tradisional khas Yogyakarta yang sangat terkenal dan banyak peminatnya.Tempat yang membuat makanan tradisional ini seperti Gudeg Wijilan, Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Tjitro.

Saat ini juga tersedia dengan menggunakan cetak kemasan kaleng yang mudah dan praktis. Meskipun makanan gudeg ini di dalam kemasan kaleng tentunya isinya tidak asal-asalan.

Gudeg kemasan kaleng, sumber: www.tokopedia.com
750Gudeg kemasan kaleng, sumber: www.tokopedia.com

Dalam satu kemasan gudeg ini berisikan telur, tahu, tempe, krecek, nangka muda mentah, dan blondo (endapan sari minyak kelapa). Makanan gudeg dengan kemasan kaleng ini dapat bertahan selama enam bulan hingga satu tahun.

Jadi sangat cocok untuk bekal makanan anda saat bepergian jauh. Jika anda berwisata ke Jogja jangan lupa untuk membeli oleh-oleh lainnya seperti tas ataupun sepatu yang terbuat dari produk bahan kulit.

2. Keumamah

Keumamah adalah makanan tradisional khas dari Aceh yang berbahan dasar ikan tongkol. Dalam proses pembuatannya dengan menggunakan ikan tongkol yang masih segar dan sudah dibersihkan.

Selanjutnya ikan tersebut direbus sampai matang, setelah matang baru dihilangkan duri dan kepalanya dan yang diambil hanya dagingnya saja. Jika sudah, daging tongkol dipotong-potong kecil dan dijemur sampai kering.

Kemudian dapat diolah serta dibumbui menjadi makanan keumamah. Makanan ini sudah biasa dijadikan sebagai bekal para pejuang Aceh yang saat itu sedang berperang di hutan selama berbulan-bulan.

Keumamah makanan yang pas untuk cadangan makanan karena tidak cepat basi atau tahan lama. Jadi sebagai bekal untuk berwisata, makanan keumamah bisa menjadi alternatifnya.

3. Sayur Lombok Ijo

Sayur lombok ijo merupakan makanan tradisional dari Gunung Kidul di Yogyakarta. Makanan siap saji ini terbuat dari bahan dasar tempe dan cabai hijau dengan dicampurkan kuah santan. Sayur lombok ijo memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan pedas.

Sayur lombok ijo, sumber: wisatakulinergunungkidul.wordpress.com
75750Sayur lombok ijo, sumber: wisatakulinergunungkidul.wordpress.com

Makanan ini dapat bertahan lama dan sangat cocok untuk bekal anda yang sedang bepergian jauh dan berwisata di Jogja. Tidak usah bingung apabila anda ingin membelinya, sekarang terdapat sajian makanan ini dengan kemasan kaleng jadi dapat dipesan dengan mudah secara online.

4. Rendang

Rendang adalah makanan yang berasal dari daerah Padang di Sumatera Barat. Makanan rendang salah satu makanan yang banyak peminatnya, karena rasanya yang gurih dan enak saat dimakan.

Sajian rendang terbuat dari olahan daging sapi dan dimasak dengan waktu yang lama. Masakan rendang dicampur dengan santan dan rempah-rempah. Selanjutnya rendang akan dibiarkan untuk dimasak selama beberapa jam hingga daging tersebut lebih empuk agar tidak keras untuk dimakan.

Namun masakan rendang juga ada varian yang baru seperti dengan menggunakan bahan dasar daging ayam, telur, bahkan ada rendang jengkol.

Makanan rendang sekarang terjual di beberapa toko yang dikemas menggunakan cetakan kemasan kaleng agar lebih praktis dan aman untuk dikonsumsi. Jadi makanan dalam kaleng akan mudah untuk dibawa sebagai bekal ketika bepergian jauh.

6. Oseng Mercon

Oseng mercon merupakan makanan yang populer di wilayah Yogyakarta. Tempat makan oseng mercon yang biasa dikunjungi para wisatawan Jogja ada oseng mercon Bu Narti dan Bu Hj. Lies. Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi serta ada yang terbuat dari daging ayam.

Oseng mercon khas Jogja, sumber: shopee.co.id
Oseng mercon khas Jogja, sumber: shopee.co.id

Seperti namanya yang unik dalam memasak oseng mercon bumbu untuk dimasak di tambahkan cabai rawit atau cabai merah yang banyak dan akan membuat makanan ini sangatlah pedas. Makanan ini dapat dipesan secara online dengan kemasan kaleng dan makanan ini dapat tahan lama. 

5. Kari Tempe

Makanan kari tempe yang terbuat dari bahan dasar tempe dan mudah untuk didapatkan. Makanan tempe yang sering kita jumpai dan dikonsumsi untuk lauk makan.

Mungkin masakan kari tempe ini sangatlah mudah dan sederhana, namun rasa yang gurih dari kuah santan dan tempe menjadi khasnya. Anda dapat mencobanya makanan kari tempe ini dengan varian kemasan kaleng dan anda mudah untuk memesan atau membelinya di market yang ada.

7. Mangut Lele

Makanan mangut lele atau bisa disebut dengan gulai pedas lele. Diolang dengan menggunakan lele segar yang sudah dibersihkan dari kotorannya dan kemudian digoreng atau bisa diasap. Selanjutnya lele yang sudah matang dicampur dengan santan dan bumbu yang sudah disiapkan.

Sebenarnya masakan mangut lele tidak hanya diolah dengan bahan dasar lele bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti ikan tongkol, ikan tuna, daging ayam, dan lain-lain.  Mangut lele bisa dijadikan bekal anda dan keluarga saat berwisata.

8. Gulai Patin

Makanan Gulai ikan patin kemasan kaleng yang terkenal diproduksi oleh Magek khas Bukittinggi. Dimasak dari olahan ikan patin yang berbumbu dan dicampur dengan santan, sehingga memiliki rasa yang gurih dan manis. Makanan praktis ini dapat anda beli di berbagai market yang ada atau bisa memesan secara online.

Itulah berbagai makanan tradisional yang dikemas dengan menggunakan kemasan kaleng. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan