Informasi Menarik Mengenai Beberapa Stasiun Kereta Api di Yogyakarta

Jogjakarta sebagai daerah destinasi wisata memberikan banyak kemudahan bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Yaitu fasilitas-fasilitas wisata seperti sewa mobil Jogja, penginapan dan hotel serta transportasi yang jangkauannya cukup luas. Dengan fasilitas sewa mobilnya, wisatawan bisa diantar ke tempat-tempat wisata tanpa harus mencari lokasinya sendiri. Penginapan dan hotelnya pun banyak mulai dari yang terjangkau hingga yang mewah. Mengenai transportasinya, Jogjakarta memiliki bandara, terminal dan stasiun yang memadai.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba transportasi kereta api, tidak ada salahnya berwisata ke Jogjakarta menggunakan transportasi yang satu ini. Setiap jenis transportasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, jika pernah mencobanya, Anda akan merasakan sensasi tersendiri dan bisa jadi akan ada cerita menarik.

Stasiun Kereta Api di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki setidaknya lebih dari 5 stasiun kereta api yang bisa Anda kunjungi selama berwisata di Yogyakarta. Setiap stasiun menghubungkan ke daerah yang berbeda. Diantara banyak stasiun, setidaknya terdapat 4 stasiun yang 2 diataranya merupakan stasiun besar tempat pemberangkatan antar daerah. Menarik untuk dibahas beberapa informasi mengenai stasiun-stasiun yang ada di Yogyakarta ini. Berikut informasinya.

1. Stasiun Tugu/Yogyakarta

Stasiun Tugu atau Stasiun Yogyakarta merupakan Stasiun terbesar yang ada di Yogyakarta. Stasiun ini diresmikan pada tahun 1887 pada masa penjajahan Belanda. Stasiun ini pernah menjadi tujuan akhir perjalanan kereta luar biasa Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno, saat memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Yogyakarta. Sehingga bisa dikatakan bahwa Stasiun Tugu merupakan stasiun yang paling bersejarah yang ada di Yogyakarta. Stasiun ini melayani pemberangkatan dan kedatangan hampir semua kelas kereta api (KA), kecuali KA kelas ekonomi subsidi. Stasiun besar lainnya di Kota Yogyakarta, yaitu Stasiun Lempuyangan, khusus hanya melayani kelas ekonomi dan KA lokal/komuter.

Stasiun Tugu, sumber ig jogjaku

Stasiun Tugu, sumber ig @jogjaku

2. Stasiun Lempuyangan

Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun kereta api kelas besar yang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Tugu. Stasiun ini diresmikan pada tanggal 2 Maret 1872 oleh perusahaan kereta api swasta Hindia Belanda sebagai titik akhir jalur kereta api rute Semarang–Solo–Yogyakarta. Pembangunan stasiun ini dilator belakangi oleh kebijakan pengangkutan gula dengan menggunakan moda transportasi kereta api, terlebih pada dekade 1870-an telah banyak industri gula bermunculan di Yogyakarta, yang kesemuanya dikelola oleh Belanda. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api pertama dan tertua di Yogyakarta.

Stasiun Lempuyangan, sumber ig jogjaku

Stasiun Lempuyangan, sumber ig @jogjaku

3. Stasiun Maguwoharjo

Terdapat Stasiun kecil di Jogjakarta yang difungsikan menjadi stasiun bandar udara yang akan melayani KA bandara untuk mengangkut penumpang antara Bandara Adisucipto dengan Yogyakarta maupun Solo, sekaligus menjadi titik sistem transportasi terpadu di Yogyakarta. Stasiun ini sekarang dilengkapi dengan jalur bawah tanah yang menghubungkan penumpang pesawat terbang langsung dari stasiun. Di halaman depan juga telah berfungsi halte pemberhentian sistem angkutan dalam kota TransJogja. Untuk keperluan ini, posisi stasiun telah digeser sejauh kurang lebih 300 m ke arah timur dari titik asalnya. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api bandara pertama di Indonesia serta memiliki empat jalur dengan jalur 2 dan 3 sebagai sepur lurus. Sebagaimana fungsinya, stasiun ini berada di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta.

Stasiun Maguwoharjo, sumber ig rentalmobiljogja.kinanti_rent

Stasiun Maguwoharjo, sumber ig @rentalmobiljogja.kinanti_rent

4. Stasiun Wates

Stasiun Wates merupakan stasiun kelas II atau stasiun kecil yang menghubungkan area barat Yogyakarta. Stasiun ini berada di sebelah barat Stasiun Tugu atau Stasiun Yogyakarta tepatnya di Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Stasiun ini memiliki lima jalur kereta api dengan jalur 1 sebagai sepur lurus arah hilir (ke Yogyakarta), jalur 2 sebagai sepur lurus arah hulu (dari Yogyakarta), jalur 3 untuk pemberhentian kereta api. serta jalur 4 dan 5 untuk parkir ataupun bongkar muat batu balast dari dan ke gerbong angkutan ballast (kricak).

Stasiun Wates, sumber ig hamidrailfansprp

Stasiun Wates, sumber ig @hamidrailfansprp

Demikian beberapa informasi terkait stasiun-stasiun di Yogyakarta. Masih terdapat beberapa stasiun kecil lainnya di Yogyakarta yang informasinya bisa Anda akses pada media-media lainnya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat berwisata!

Leave a Reply

Required fields are marked*