Berwisata Ke Desa Agrotuorism Trumpon Di Lereng Merapi Jogjakarta

Jogjakarta menawarkan banyak jenis-jenis wisata yang terkenal, unik dan menarik. Obyek-obyek wisatanya tersebar ke berbagai tempat di seluruh kabupaten dan kota Jogjakarta. Beberapa jenis wisata yang terkenal diantaranya wisata alam juga pantai, wisata sejarah, wisata budaya dan wisata kuliner. Bahkan terdapat beberapa desa wisata yang didalamnya dapat dinikmati banyak wahana dan obyek-obyek wisata sekaligus.

Salah satu dari banyak desa wisata yang terkenal adalah desa wisata trumpon. Desa yang terkenal dengan agrotourism-nya ini memanjakan para pengunjung dengan gardu pandang merapi dari sudut yang paling memperlihatkan keindahan merapi. Hal ini karena letaknya yang memang berada di lereng gunung merapi. Selain itu suasana pertanian dan pedesaan khas Jogjakarta juga menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana informasi selengkapnya mengenai desa wisata Jogjakarta ini? Simak ulasannya berikut ini.

Lokasi dan Rute Desa Wisata Trumpon

Desa wisata trumpon berlokasi di Dusun Trumpon, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi wisata ini Anda bisa melalui berbagai tempat. Bisa melalui Kota Jogjakarta kearah utara dan bisa juga melalui arah timur dan barat Jogjakarta. Jika dari selatan yaitu melalui Kabupaten Gunung Kidul Anda bisa segera mengarah ke timur. Kondisi jalan untuk menuju desa ini sudah cukup bagus untuk diakses menggunakan kendaraan mobil. Jika ingin informasi lebih lengkap Anda bisa memakai jasa rental mobil Jogjakarta.

Obyek Wisata Desa Agrotourism Trumpon

Desa ini terletak di dataran yang lumayan lebih tinggi dibandingkan Kota Jogjakarta sehingga Anda akan merasakan kesegaran udaranya. Selain itu letaknya di lereng gunung menjadikan desa ini sebagai salah satu gardu pandang gunung merapi Jogjakarta yang fenomenal. Jika ingin mendapatkan gambar yang bagus, memang tempat ini direkomendasikan untuk memotret keindahan pemandangan gunung merapi.

Desa Wisata Trumpon (djogjanews.web.id)

Desa Wisata Trumpon (djogjanews.web.id)

Selain itu, terdapat fasilitas-fasilitas wisata yang bisa dinikmati, antara lain perkebunan salak pondoh. Sebagaimana diketahui, Jogjakarta atau merapi terkenal dengan oleh-oleh yang satu ini. Di perkebunan ini Anda dapat memetik sendiri, menikmati salah pondoh sepuasnya bahkan menyaksikan cara membudidayakan salah pondoh dengan biaya retribusi yang terjangkau. Selain itu, pengunjung bisa menikmati fasilitas-fasilitas lainnya seperti kolam pemancingan, Paket Outbond, Trakking dan penginapan seperti homestay dan juga hotel. Juga terdapat acara-acara yang merupakan kebiasaan penduduk setempat yang bisa dinikmati pengunjung seperti prosesi adat dan kesenian khas budaya Jogjakarta.

Selain menikmati alam dan fasilitas agrotourism, desa wisata ini juga menyediakan edukasi kepada pengunjung tentang pembuatan jamu tradisional. Sehingga pengunjung bisa mengetahui macam-macam jamu tradisional, menyaksikan pembuatannya bahkan mencoba sendiri untuk membuat jamu tradisional khas daerah setempat. Bagaimana? Cukup mengasyikkan bukan?

Saran dan Tambahan

Desa wisata ini biasa dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang penasaran dengan gunung merapi maupun menikmati fasilitas-fasilitas wisata yang ditawarkan. Terdapat kunjungan yang bukan hanya pribadi, bahkan juga rombongan dan institusi pendidikan seperti kampus, sekolah dan kantor. Untuk itu kami sarankan untuk memastikan kunjungan Anda baik dari segi informasi maupun waktu yang tepat untuk berkunjung. Karena tentu saja, obyek wisata ini akan ramai ketika waktu berliburan tiba.

Demikian ulasan dan beberapa informasi singkat mengenai Desa Agrotourism Trumpon di Jogjakarta. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi wisata Anda. Jangan lupa untuk tetap waspada dimanapun Anda berada dan mari kita jaga lingkungan untuk kebaikan bersama dan generasi yang akan datang. Simak ulasan lainnya mengenai tips dan informasi wisata Jogjakarta di halaman kami. Selamat berwisata.

Leave a Reply

Required fields are marked*