Museum Affandi Jogja, sumber ig rinhastuti

Informasi Seputar Museum Affandi Yang Menarik Untuk Anda

Kota Jogjakarta tidak pernah lepas dari sejarah, seni dan budaya. Oleh sebab itu, ada cukup banyak museum di Jogjakarta dengan beragam koleksinya. Ada Museum Batik, Museum Dirgantara, Mandala dan masih banyak lagi termasuk Museum Affandi dimana di dalamnya ada banyak sekali koleksi yang menarik untuk dikunjungi. Wajar saja Jogja dikenal dengan daerah penghasil seni dan seniman se-Indonesia. Termasuk dengan keberadaan salah satu perguruan tinggi yaitu Institut Seni Indonesia.

Selain dikunjungi karena banyaknya obyek wisata alam di Jogja, museum dan taman-taman wisata Jogja juga menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu museum yang sangat mudah untuk diakses adalah Museum Affandi yang berlokasi di Kota Jogja. Nah, sebelum melakukan kunjungi ke sini, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa informasi serta keunikan-keunikan yang terdapat di Museum Affandi ini. Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Museum Affandi

Salah satu seniman ternama asal daerah tersebut adalah Affandi. Meski kini pelukis ternama itu sudah lama tutup usia, tetapi hasil karya dan buah kreativitasnya masih hidup hingga saat ini. Semua hasil karyanya tertuang dalam sebuah museum Affandi, tempat dimana semua orang bisa menikmati hasil karya beliau.

Di dalam museum Affandi ini menampilkan setidaknya 300 an karya seni Affandi yang bisa dinikmati oleh semua orang. Museum ini berdiri di tahun 1974 dan dibangun atas prakarsa dari Affandi. Museum ini menampilkan gaya arsitektur klasik modern hasil dari rancangan Affandi sendiri. Museum ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1962 dan sudah bisa dikunjungi tapi pada saat itu masih sebatas galeri saja lalu di tahun 1974 baru diresmikan oleh Direktur Kebudayaan Umum, Prof Ida Bagus Mantra.

Museum ini memiliki luas 3.500 meter persegi dengan 3 ruang galeri dan 2 studio yang digunakan untuk mengajarkan seni rupa kepada para murid Affandi. Dan tidak jauh dari museum tersebut terdapat bangunan yang dulunya adalah tempat tinggal Affandi yang kini dijadikan sebuah cafe.

Museum Affandi Jogja, sumber ig fatyanosa

Museum Affandi Jogja, sumber ig @fatyanosa

Ruang Galeri 1

Ketika para pengunjung memasuki galeri 1, biasanya akan ada pemandu yang akan mengantarkan pengunjung untuk melihat karya dari Affandi ini. Di Galeri 1 ini para pengunjung akan melihat semua lukisan Affandi dari awal sampai tahun sebelum Affandi meninggal. Ada lukisan berupa sketsa, cat, pastel hingga lukisan minyak yang menarik untuk dilihat. Tidak hanya ada lukisan tapi juga ada patung yang terbuat dari tanah liat dan semen.

Ruang Galeri 2

Dalam perjalanan menuju galeri 2 ini, pengunjung bisa melihat makam dari Affandi juga sang istri Maryati. Didalam galeri 2 ini pengunjung akan melihat hasil karya dari sejumlah seniman lain seperti Basuki Abdullah, Fajar Sidik, Rusli dan lain-lain. Dan juga lukisan dalam galeri ini bisa dijual atau dibeli untuk umum dengan harga mencapai miliaran rupiah.

Ruang Galeri 3

Berbeda dari ruang galeri 1 dan 2 di sini pengunjung akan melihat sebuah video berdurasi 45 menit yang dibuat tahun 80-an ketika Affandi masih hidup. Video ini memperlihatkan bagaimana Affandi melukis maha karyanya. Sehingga banyak pelajaran yang mungkin bisa didapat atau paling tidak bisa mengenal sepak terjang Affandi selama hidupnya.

Fasilitas, Harga dan Lokasi

Museum ini terletak di Jl. Laksda Adisucipto No. 167, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman Jogjakarta, Indonesia. Harga tiket masuk yang dikenakan adalah sekitar 25 ribu rupiah, waktu buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung museum ini antara lain cafe, lalu di samping cafe tersebut ada mushola, lalu ada studio gajah wong yang digunakan untuk mendapatkan latihan melukis rutin.

Nama : Museum Affandi Jogja
Alamat : Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/eLJyE2r8WL72

Museum Affandi ini juga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak Anda yang masih berusia belajar, siapa tahu seluruh karya yang ada di museum ini bisa menjadi inspirasinya. Jangan ragu untuk mengajak anak-anak Anda berkunjung juga ke museum-museum lainnya yang ada di Jogja. Demikian ulasan seputar Museum Affandi untuk Anda. Semoga bisa menghibur dan menambah koleksi informasi pribadi Anda. Simak ulasan menarik lainnya terkait informasi dan tips-tips wisata pilihan di jogjacars.com. Selamat menikmati kunjungan wisata Anda.

Tinggalkan Balasan