Informasi Menarik Tentang Desa Wisata Jogjakarta Untuk Anda!

Liburan memang perlu, setelah sehari-hari padat dengan kesibukan bekerja dan aktivitas sehari-hari. Tidak ada salahnya untuk rehat sejenak berkumpul bersama keluarga, menyalurkan hobi atau mengajak keluarga berwisata untuk mengunjungi tempat-tempat yang fresh dan menarik. Salah satu yang menarik akhir-akhir ini di Jogjakarta adalah Desa Wisata. Obyek wisata yang satu ini memang tidak biasa. Tapi bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan dengan suasana perkotaan. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki obyek wisata Desa Wisata adalah Jogjakarta.

Kota Jogjakarta bisa dikatakan sebagai surganya tempat liburan. Dari wisata alam sampai budaya semua ada di sini. Jika Anda ingin berkunjung ke Jogjakarta, coba sesekali sambangi desa wisata yang berada di Jogjakarta. Di sana ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seru dan anti mainstream. Misal merasakan bagaimana menanam padi sampai membuat kerajinan dari gerabah, berikut adalah beberapa desa wisata di Jogjakarta.

Beberapa Desa Wisata Jogjakarta

Desa wisata merupakan obyek wisata yang unik dan menarik. Disini Anda bersama keluarga bisa berwisata sambil mengedukasi anak-anak dengan kehidupan di desa. Karena Desa Wisata biasanya memberikan fasilitas berupa kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Ini akan memberikan sensasi tersendiri jika Anda dan keluarga selama ini tinggal di lingkungan perkotaan. Simak penjelasan dari beberapa desa wisata yang berada di Jogjakarta.

1. Desa Wisata Tembi – Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul

Ingin mempunyai pengalaman tinggal di pedesaan yang tenang, asri dan nyaman sambil mempelajari kebudayaan Jawa? Maka Anda harus pergi ke Desa Wisata Tembi yang terletak di Bantul ini. desa wisata tembi ini banyak menawarkan aneka lokasi wisata yang cocok dan menarik untuk dikunjungi. Dimulai dari galeri batik, lukisan sampai ke museum rumah budaya Tembi pun ada di sini. Anda juga bisa menginap di cottage atau rumah-rumah warga dengan harga sewa per malamnya Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000.

Desa Wisata Jogjakarta, sumber ig @mochammadmustain

Desa Wisata Kasongan – Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Jogjakarta
Desa wisata satu ini sudah cukup terkenal, bahkan sudah banyak diliput oleh media dari mulai koran sampai televisi nasional. Di desa ini terkenal dengan industri kerajinan gerabahnya. Untuk para penggemar gerabah tempat ini wajib sekali untuk dikunjungi. Di desa ini juga selain bisa membeli berbagai kerajinan gerabah, bisa juga belajar dan membuat kerajinan gerabah sendiri.

2. Desa Wisata Manding –Jalan Parangtritis Km 11, Kabupaten Bantul

Desa wisata Manding ini dikenal sebagai desa sentra pengrajin kulit. Bahkan hampir semua warga yang berada di desa wisata Manding ini memiliki profesi sebagai seorang pengrajin kerajinan dari kulit, seperti sepatu, dompet, tas lain-lain. Di desa wisata Manding ini tidak hanya bisa membeli berbagai kerajinan atau aksesoris dari kulit untuk oleh-oleh saja tetapi bisa juga belajar membuat kerajinan tersebut sampai memesan kerajinan kulit yang sesuai dengan keinginan.

3. Desa Wisata Trumpon – Desa Merdikurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman

Suka buah salak pondoh? Cocok sekali mampir ke desa wisata Trumpon. Di desa wisata ini anda bisa berwisata keliling kebun salak, memetik dan langsung dari pohonnya dan langsung memakannya. Selain itu Anda juga bisa menambah pengetahuan mengenai salak pondoh karena di desa wisata ini anda akan diberi tahu soal seluk beluk salak pondoh.

4. Desa Wisata Tanjung- Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman

Di desa wisata Tanjung ini, ada banyak hal yang bisa dinikmati dari desa ini. seperti bisa mengikuti kegiatan bertani warga di sawah karena sebagian besar warga desa wisata ini adalah seorang petani. Selain bertani, di desa ini juga bisa belajar membuat batik dan melihat pertunjukan karawitan. Selain itu, di desa ini terdapat Rumah Joglo yang katanya usianya mencapai 200 tahun.

Demikian beberapa informasi mengenai Desa Wisata yang bisa Anda nikmati bersama keluarga di Jogjakarta. Semoga informasi ini bisa menghibur dan memberikan tambahan informasi bagi Anda. Simak terus ulasan mengenai informasi dan tips-tips wisata Jogjakarta di halaman Jogjacars.com. Persiapkan liburan Anda dengan matang dan selamat berwisata!

Leave a Reply

Required fields are marked*