Embung Bathara Sriten, sumber ig pejalan.biasa

Wisata Jogja Embung Sriten, Menikmati Pesona Telaga di Atas Awan

Lokasinya ada di kawasan bukit Batu Agung, Embung Sriten merupakan salah satu telaga buatan yang tertinggi di kawasan Jogja. Selain mempunyai fungsi sebagai salah satu pengairan kebun buah, Embung Seriten juga menjadi salah satu daya tarik wisata Jogja saat ini. Beberapa rental mobil Jogja yang juga menyediakan jasa tour guide biasanya akan menyarankan tempat ini sebagai pilihan destinasi wisata.

Sudah sejak dulu kawasan Gunungkidul terkenal dengan lokasi wisatanya, biarpun gersang dan tandus menjadikan kawasan tersebut kekeringan tidak lantas membuat Gunungkidul sepi pengunjung. Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan adalah Argo Embung Batara Sriten atau yang lebih dikenal dengan nama Embung Sriten yang merupakan objek wisata tirta sangat wajib dikunjungi.

Kalau kamu berniat datang ke sini menggunakan rental mobil Jogja, kamu akan dimanjakan dengan kesejukan udara dan juga panoramanya yang sangat indah. Para wisatawan juga akan disugi dengan pemandangan telaga yang berlatar belakang awan gemawan serta hutan yang hijau. Kalau dilihat dari kajauhan akan ada juga pemandangan waduk gajah, rawa Jombor.

Embung Bathara Sriten, sumber ig pejalan.biasa

Embung Bathara Sriten, sumber ig @pejalan.biasa

Tapi tenang, tidak hanya sampai di situ saja, menjelang malam hari, bagi wisatawan yang ingin mendirikan tenda dan berkemah, di tempat ini kamu dapat menyaksikan keindahan lampu di kota Klaten dan juga Nglipar.

Jika kamu menyukai sunset dan sunrise, di ketinggi Embung Sriten kamu juga dapat melihat kedua pesona alam tersebut dengan sangat jelas. Ketika menjelang pagi hari, wisatawan juga akan melihat adanya gumpalan kabut yang menutupi area wisata tersebut, kabut tipis yang semakin siang perlahan akan menghilang. Sementara ketika senja datang, akan ada pemadangan langit jingga yang perlahan menampakan malam. Sangat singkat namun bermakna.

Selain memberikan sajian wisata telaga buatan, lokasi wisata ini juga memliliki fasilitas kebun buah, diantaranya klengkeng, manggis, sirsak dan juga durian. Kalau kamu menyukai paralayang, di sini juga kamu akan menemukan fasilitas paralayang yang menegangkan namun mengasyikan.

Senja di Embung Sriten, sumber ig ali_anto92

Senja di Embung Sriten, sumber ig @ali_anto92

Lalu, bagaimana untuk lokasi lengkapnya?

Nah, lebih lengkapnya lagi Embung Sriten berada di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Gunungkidu, Jogja. Jadi, kamu tinggal mengikuti jalan yang mengarah ke gunungkidul saja, kalau sudah sampai dipertigaan Nglipar kamu bisa belok ke arah kiri kemudian ikutin jalannya sampai menemukan Balai Desa Pilangrejo dibagian ruas jalan Ngawan-Nglipar.

Nama : Embung Bathara Sriten
Alamat : Pilangrejo, Nglipar, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55852
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/bScLHLTATNR2

Bagi wisatawan yang sangat ingin berkunjung ke daerah Embung Sriten, sebaiknya kamu pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang oke. Kalau memakai rental mobil juga sebaiknya pastikan kalau kendaraanya sudah dalam keadaan aman karena kamu nantinya akan melewati jalanan dengan tikungan dan tanjakannya, kalau bisa sih sebaiknya kamu sewa saja plus drivernya.

Tinggalkan Balasan