Rumah Joglo di Desa Wisata Kebonagung, sumber ig jarodyhestu

Sejarah Menarik dan Pesona Desa Wisata Kebonagung Imogiri

Desa wisata Kebonagung adalah salah satu desa wisata yang bersejarah di Jogja. Banyak hal unik yang bisa ditemukan dan dinikmati di Desa wisata Kebonagung ini. Selain obyek wisata ini, masih terdapat beberapa desa wisata lainnya di area Jogja dan sekitarnya yang bisa dikunjungi.

Kehadiran pilihan wisata yang baru ini memang memberikan alternatif yang bermanfaat. Karena desa wisata bisa memberikan edukasi, hiburan dan kepuasan tersendiri. Tidak sebagaimana kebanyakan lokasi wisata yang hanya memberikan hiburan.

Di desa wisata, para wisatawan akan bisa mengenal cara hidup dan tradisi penduduk setempat. Desa wisata yang terdapat di Jogja biasanya memang memiliki daya tarik tertentu. Misalnya Desa wisata Kebonagung dengan sejarah dan produksi batiknya.

Selain itu tentu saja pemandangan desa yang indah, sejuk dan memberikan ketenangan. Sehingga desa wisata bisa menjadi pilihan bagi siapa saja yang bosan dengan keramaian, hiruk pikuk perkotaan, cuaca terik dan hal-hal lainnya.

Untuk Anda yang ingin menjadikan Desa wisata Kebonagung sebagai salah satu agenda wisata Anda di Jogja, tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai informasinya. Simak informasi tentang lokasi, daya tarik dan hal menarik lainnya di Desa wisata Kebonagung berikut ini.

Desa Wisata Kebonagung, sumber ig retora_jaya
Desa Wisata Kebonagung, sumber ig @retora_jaya

Desa Wisata Kebonagung

Desa Wisata Kebonagung memiliki daya tarik sejarah, produk kerajinan serta pemandangan yang luar biasa. Tidak heran jika lokasi ini cukup ramai dikunjungi pada masa-masa berliburan tiba. Selain itu, pilihan liburan yang satu ini bisa memberikan berbagai manfaat kepada para pengunjung.

Manfaat yang pertama adalah edukasi sejarah. Lokasi ini salah satu yang lekat dengan sejarah kerajaan Jawa pada masa lalu. Wilayah ini merupakan bagian dari Kasunanan Surakarta. Bahkan hasil-hasil perkebunannya menjadi sumber pemasok pangan bagi Kasunanan Surakarta.

Pada saat Kesultanan Mataram terbagi, dengan perjanjian Giyanti, lokasi ini kemudian menjadi bagian dari Kesultanan Yogyakarta. Meskipun begitu, jejak-jejak peninggalan Kasunanan Surakarta masih melekat pada lokasi ini, salah satunya mengenai asal-usul nama Kebonagung.

Kebonagung terdiri dari dua kata berbahasa Jawa yaitu Kebon dan Agung. Kata Kebon berasal dari kata dikebonkan yang bermakna diasingkan. Karena dulunya, lokasi ini merupakan tempat pengasingan para selir Kasunanan Surakarta. Sedangkan Agung berasal dari sebutan wilayah milik kasunanan karena serupa dengan wilayah kerajaan atau wilayah keagungan.

Manfaat lainnya yang bisa diketemukan di lokasi ini adalah hiburan dengan berbagai pemandangan indah yang terdapat di sekitar lokasi ini. Pemandangan yang hijau, sejuk dan memberikan ketenangan. Untuk dapat lebih merasakan sensasinya ada banyak aktivitas yang bisa diikuti di obyek wisata ini.

Aktivitas di Desa Wisata Kebonagung

Merasakan daya tarik suatu lokasi yang mempesona seperti Desa Wisata Kebonagung tidak cukup hanya dengan sekedar mengunjungi dan melihat-lihat saja. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan sembari terus melihat keindahan pemandangan di sekitar lokasi. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan :

1. Mengunjungi dan Berfoto di Bendung Tegal

Ketika Anda mengunjungi desa wisata ini maka akan menjumpai bendung Tegal atau irigasi untuk menahan air. Walaupun hanya sebuah irigasi di sebuah desa, tetapi Anda dapat mengambil foto yang sangat menarik di sekitar irigasi.

Di spot ini, sering dimanfaatkan salah satunya untuk mengikuti perlombaan perahu naga tingkat nasional. Selain memang irigasi bermanfaat untuk penduduk sekitar yang hidup dari hasil sawah dan perkebunan.

Bendung Tegal Kebonagung, sumber ig agitkhairuniss_
Bendung Tegal Kebonagung, sumber ig @agitkhairuniss_

2. Menginap di Rumah Joglo

Di lokasi wisata ini, terdapat rumah Joglo dan Limasan yang sangatlah identik dengan nuansa Jawa. Tentunya rumah joglo dan limasan tersebut dapat menjadi spot foto yang menarik. Selain itu, juga dapat dijadikan sebagai rumah untuk penginapan para wisatawan yang berkunjung.

Dengan berubahnya tren bentuk-bentuk rumah sekarang ini, keberadaan rumah Joglo dan Limasan ini juga bisa menjadi sarana pelestarian budaya asli Jawa di lokasi ini. Tradisi masyarakat yang masih asli memang selalu menarik untuk dinikmati.

3. Membatik

Berikutnya, aktivitas yang dapat dilakukan di desa wisata Kebonagung Yogyakarta yaitu Anda juga dapat belajar membatik. Sebagaimana tradisi penduduk setempat dan menjadi salah satu kerajinan produksi penduduk setempat, para pengunjung ditawarkan untuk belajar membatik dengan membayar biaya tertentu yang terjangkau.

Banyak wisatawan yang tidak menyianyiakan kesempatan untuk belajar dan berlatih membatik langsung dengan peralatan yang lengkap dan asli. Meskipun belum tentu langsung terampil, paling tidak pengalamannya bisa memberikan sensasi kepuasan dan nilai edukasi kepada para pengunjung.

4. Belajar Kesenian

Daya tarik lainnya adalah kesenian asli tradisi penduduk setempat. Kesenian ini masih dilestarikan dan termasuk diajarkan melalu kunjungan-kunjungan wisata. Kesenian tradisi penduduk setempat diantarnya gamelan, karawitan dan macapatan.

Kesenian ini memang merupakan tradisi dari Kasunanan pada masa lampau. Kapan lagi bisa melihat pertunjukan kesenian budaya Jawa langsung dari lokasi peninggalannya. Pastinya bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung.

Rumah Joglo di Desa Wisata Kebonagung, sumber ig jarodyhestu
Rumah Joglo di Desa Wisata Kebonagung, sumber ig @jarodyhestu

Lokasi dan Rute Menuju Desa Wisata Kebonagung

Desa wisata Kebonagung berada di Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi, dari titik nol km Kota Jogja, berjalan ke arah selatan hingga bertemu Jalan Imogiri Barat. Ikuti jalan hingga bertemu pertigaan. Setelah itu, ikuti tanda atau bertanya pada penduduk setempat. Lokasi mudah ditemukan dan diakses kendaraan.

Nama : Desa Wisata Kebonagung
Alamat : Dusun Kebonagung, Kebon Agung, Imogiri, Kanten, Kb. Agung, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/9eMPB9tPcdJHWrRh6

Itu dia berbagai informasi terkait Desa wisata Kebonagung. Semoga bisa menambah koleksi informasi wisata Anda dan menambah wawasan kita. Simak berbagai informasi desa wisata, wisata pantai, wisata alam dan tips-tips wisata Jogja bersama kami Jogjacars.com.

Tinggalkan Balasan