Informasi Penting Untuk Antisipasi Kerugian Dalam Menggunakan Jasa Rental Mobil

Terdapat banyak sekali usaha rental mobil baik yang sudah lama maupun usaha-usaha rental mobil yang baru. Terutama pada daerah-daerah yang memiliki daya tarik wisata yang tinggi seperti Jogjakarta, Bali, Lombok dan daerah-daerah lainnya. Dengan banyaknya usaha rental mobil ini memberikan kemudahan bagi sebagian orang yang memang membutuhkan jasa ini. Namun tidak setiap kemudahan tanpa resiko. Terdapat sebagian orang yang mengalami kerugian setelah memakai jasa rental mobil. Untuk itu perlu ada langkah tertentu agar tidak mengalami kesalahan apalagi kerugian akibat memakai jasa rental mobil.

Sebelum membahas langkah-langkah untuk mengantisipasi kerugian dalam transaksi memakai jasa rental mobil, berikut ini beberapa kasus yang sering terjadi yang merupakan kerugian yang dialami konsumen rental mobil.

1. Ketidaksesuaian Pesanan

Salah satu kasus yang pernah dialami konsumen rental mobil adalah ketidaksesuaian pesanan. Sebagai konsumen kita diberi pilihan untuk memesan mobil yang akan dipakai, namun kadangkala perusahaan memberikan mobil yang tidak sesuai pesanan. Akibatnya konsumen menjadi kurang sreg dengan mobil yang dipakai apalagi jika ketidaksesuaian ini berimbas pada kerugian lainnya.

2. Ketidakjelasan Kondisi Kendaraan

Kasus lainnya yang menimpa konsumen sewa mobil adalah ketidakjelasan kondisi kendaraan. Semua memahami bahwa mobil harus dalam kondisi prima sehingga penggunaan mobil akan mendukung seluruh aktivitas yang menjadi target kita seperti wisata, kunjungan kerja atau mudik. Namun terkadang, terdapat kendala pada mobil yang menghambat konsumen untuk melakukan aktivitasnya. Tentu keadaan ini akan tidak menyenangkan.

3. Tagihan yang Membengkak

Kasus lainnya yang pernah terjadi adalah tagihan yang membengkak. Ini biasanya didorong oleh situasi dan kondisi tertentu. Salah satu kasus yang pernah menimpa konsumen adalah tawaran diskon yang akhirnya malah tidak sesuai dan akhirnya konsumen harus membayar harga yang tidak sepantasnya padahal sudah terlanjur memesan karena tergoda oleh diskon.

Antisipasi Kerugian Dalam Menggunakan Jasa Rental Mobil

Ilustrasi Rental Mobil, sumber ig @travel_cianjur_online

Ilustrasi Rental Mobil, sumber ig @travel_cianjur_online

1. Cari Informasi Selengkap-lengkapnya

Yang utama yang harus dilakukan agar tidak terdampak kerugian akibat menggunakan jasa rental mobil adalah mencari informasi. Dengan banyaknya perusahaan rental mobil jogja, maka akan membingungkan jika belum mendapatkan informasi yang cukup. Jasa rental mobil yang berkualitas pasti memiliki informasi yang jelas dan sesuai dengan tawaran yang tersedia.

2. Lihat Secara Langsung

Kemudahan dalam bertransaksi online, memang menjadi manfaat tersendiri bagi konsumen. Namun tetap saja, jika tidak memastikan secara langsung akan ada bagian-bagian yang belum gamblang yang berpotensi pada kerugian. Maka, luangkan waktu untuk melihat secara langsung agar seluruh transaksi bisa sesuai dengan yang diinginkan.

3. Dengarkan Testimoni

Jika mengalami kendala untuk memastikan sendiri pemesanan rental mobil Anda, sebenarnya terdapat banyak testimoni konsumen yang bisa membantu. Jika suatu perusahaan jasa rental mobil merupakan perusahaan yang mumpuni dan memuaskan konsumen, tentu perusahaan tersebut tidak akan ragu memposting testimoni pelanggan yang telah memakai jasa rental mobilnya dan puas dengan pelayanannya.

4. Perjelas Akad Transaksi

Mengenai akad transaksi, kondisi akad transaksi yang tidak jelas biasanya dikarenakan tawaran-tawaran yang seringkali tidak lumrah. Seperti promosi harga yang murah dan tawaran-tawaran lainnya yang tidak biasa ditawarkan oleh perusahaan jasa rental mobil. Maka, jangan terburu-buru dalam melakukan pemesanan meskipun dengan harga promosi yang menggiurkan kecuali telah mendapatkan informasi yang lengkap mengenai tawaran tersebut. Jika promosi tersebut benar, tentu perusahaan akan banyak melayani pemesanan jasanya . Selain itu adalah kejelasan tentang aturan pemakaian jasa. Dimungkinkan terjadi sesuatu dalam pemakaian jasa dan sebaiknya konsumen telah memastikan apa konsekuensi setiap masalah yang terjadi menurut aturan perusahaan jasa rental mobil.

Demikian beberapa informasi mengenai kerugian yang pernah dialami konsumen jasa rental mobil dan bagaimana cara mengantisipasinya. Kewaspadaan memang selalu harus diutamakan agar tidak terjadi masalah. Semoga informasi tentang jasa rental mobil ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Required fields are marked*