Tips Praktis Berbelanja Oleh-oleh Sambil Berwisata Untuk Anda

Berwisata juga menjadi ajang untuk menyalurkan hobi. Setelah sehari-hari disibukkan dengan segudang pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran, memanfaatkan waktu berliburan dengan berwisata sekaligus menyalurkan hobi bisa menjadi penyegar untuk mengembalikan tenaga dan pikiran dalam keadaan fresh. Beberapa yang dilakukan untuk berwisata sambil menyalurkan hobi biasanya seperti mengunjungi obyek wisata alam sambil outbound, trekking atau camping; mengunjungi desa wisata sambil memancing dan bersepeda; mengunjungi Kota Jogjakarta sambil berbelanja oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pula serta cara-cara lainnya yang menjadikan wisata lebih bermanfaat dengan sembari menyalurkan hobi.

Jogjakarta memiliki beberapa lokasi khas berbelanja yang unik yang bisa dikunjungi bersama jasa rental mobil Jogja. Sehingga ketika berwisata ke Jogjakarta jangan lupa untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga. Ada baiknya dalam membeli oleh-oleh belilah barang atau sesuatu yang mengingatkan Anda pada tempat wisata tersebut atau Jogjakarta. Berikut adalah sejumlah tips berbelanja di tempat wisata yang bisa diterapkan.

Tips Berbelanja Oleh-Oleh

Di beberapa tempat sebenarnya terdapat perbedaan salah satunya dalam tradisi jual beli diantara masyarakatnya. Nah, berbicara Jogjakarta, tradisi berbelanjanya bisa dibilang unik. Selain karena terdapat beraneka macam barang yang bisa dibeli dengan harga murah, berbelanja di pasar-pasar atau tempat berbelanja di Jogjakarta bisa memberikan keuntungan tersendiri. Kuncinya adalah dengan memahami bagaimana tradisi berjual beli. Nah, bagaimana sih tips berbelanja oleh-oleh yang praktis untuk dilakukan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Melakukan Cek Harga Di Internet

Sebelum berbelanja, cobalah untuk melakukan sebuah riset kecil-kecilan terlebih dahulu soal berbagai macam harga barang yang sudah di incar atau barang yang sudah dipesan oleh kerabat dan keluarga. Ini dilakukan agar nantinya bisa memperkirakan harga standar yang harus dikeluarkan untuk membeli barang tersebut, juga agar pengeluaran tetap terkontrol dengan tidak membeli barang atau oleh-oleh yang sebenarnya tidak perlu untuk dibeli.

2. Menghindari Membeli Oleh-Oleh di Pusat Perbelanjaan Atau Mall

Tempat Berbelanja Oleh-oleh Jogja, sumber ig arjun_journey

Tempat Berbelanja Oleh-oleh Jogja, sumber ig @arjun_journey

Jangan membeli oleh-oleh di pusat perbelanjaan atau mall. Karena biasanya harga yang dipatok akan mahal. Ada baiknya berbelanja lah di pasar-pasar tradisional atau toko-toko lokal yang ada. Ketimbang mall harga barang di pasar-pasar tradisional itu bisa menjadi murah dan bisa ditawar untuk mendapatkan harga terbaik untuk kantong.

3. Bertanya Pada Penjual Lokal

Saat berbelanja di pasar lokal, cobalah untuk melakukan percakapan dengan para penjual atau pedagang tersebut mengenai toko-toko lain yang menjual oleh-oleh dengan harga murah juga layak untuk disinggahi. Biasanya para pedagang atau penjual tersebut akan dengan sangat senang hati memberitahukan tempatnya. Selain itu ada keuntungan yang didapat, yaitu bisa berhemat waktu ketimbang harus kesana kemari mencari sesuatu yang tidak jelas.

4. Pastikan Waktu Tawar Menawar Tepat

Dalam berbelanja sesuatu tawar menawar memanglah harus dilakukan. Tawar menawar adalah hal paling umum untuk bisa mendapat sejumlah barang dengan harga yang sangat murah dari harga aslinya. Tetapi dalam tawar menawar inilah ada hal yang harus diperhatikan, seperti waktu yang tepat untuk melakukan tawar menawar dan kapan harus berhenti.

Misalnya, penjual atau pedagang menawarkan barang dengan harganya, dalam melakukan tawar menawar lakukanlah dengan sikap tenang agar barang bisa didapatkan, juga perhatikan selalu etika dan kesopanan kepada penjual atau pedagang tersebut agar mereka tetap segan.

5. Memastikan Barang Atau Oleh-Oleh Dapat Dibawa Pulang

Bagi yang berasal dari luar negeri atau pergi ke Jogjakarta menggunakan pesawat terbang, pastikan saat membeli barang atau oleh-oleh yang akan dibeli bisa dibawa pulang. Jangan sampai sudah banyak membeli sejumlah oleh-oleh ketika akan pulang, barang-barang tersebut malah disita oleh petugas bandara karena dianggap illegal.

6. Mengirim Melalui Pos Atau Lewat Jasa Pengiriman Lainnya

Pasti ada saja pengunjung yang membeli oleh-oleh berupa guci, keramik dan barang mudah pecah lainnya yang pastinya akan sulit dan merepotkan ketika dibawa pulang, untuk menyiasati itu, bisa menggunakan jasa pengiriman barang atau pos untuk mengirim barang tersebut ke rumah dengan aman.

Demikian beberapa tips praktis berbelanja oleh-oleh yang bisa Anda coba. Simak ulasan menarik lainnya tentang tips-tips berwisata di Jogjakarta di halaman Jogjacars.com. Tetap semangat dan manfaatkan waktu berliburan Anda dengan sebaik mungkin. Selamat berbelanja oleh-oleh!

Leave a Reply

Required fields are marked*