Omah salak Jogja

Wisata Omah Salak ; Referensi wisata Akhir Tahun


Bagi Anda yang doyan buah salak dan ingin tahu lebih jauh tentang salak dan bermacam jenisnya, destinasi wisata di Yogyakarta yang satu ini wajib kalian datangi, Omah salak. Hem, sepertinya tempat satu ini tidak asing bagi sebagian Kita, apalagi orang Jogja asli. salah satu komoditas buah di Yogyakarta adalah buah salak, maka dibuatlah kebun salak di Turi Sleman ini menjadi desa agrowisata.


Setiap daerah memiliki tempat wisata edukatif yang bisa dikunjungi, termasuk di Sleman, Yogyakarta. Gempa bumi gunung Merapi mengguncang Jogja pada tahun 2010, satu tahun setelah tragedi tersebut, tepatnya pada tahun 2011, masyarakat Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman mencetuskan ide pembuatan desa wisata Omah Salak. Desa wisata Omah Salak diharapkan mampu menjadi destinasi wisata edukatif bagi masyarakat Sleman dan sekitarnya dan akan menaikkan perekonomian di sana.


Bekerjasama dengan kurang lebih 40 petani salak Sleman, Omah Salak terus eksis hingga kini dan tetap menjadi desa wisata yang terus didatangi wisatawan. Omah Salak merupakan salah satu destinasi wisata alam Jogja yang memiliki kebun salak seluas 27 hektar dengan kurang lebih 17 jenis Salak yang berbeda-beda ditanam disana, ada salak pondoh, salak pondoh hitam, salak Bali, salak Gading, salak semeru dan sebagainya.

Dulunya kebun salak yang luas ini hanyalah kebun biasa sebagai tempat mencari nafkah petani salak. Kemudian ternyata dalam perjalanannya banyak orang ingin belajar dan tahu seluk beluk perkebunan salak. Akhirnya, dijadikanlah kebun salak Turi Sleman sebagai desa agrowisata Omah Salak.


Kalau dilihat secara sekilas, semua salak akan nampak sama saja, padahal, setiap salak punya ciri khas masing-masing lho. Misal salak pondoh hitam, salak pondoh hitam atau salak pondoh super memiliki ciri khas daging buah yang putih. Semakin putih dagingnya semakin manis pula rasanya.

Pengambilan nama salak pondoh sendiri diambil dari kata pondoh kelapa. Pondoh kelapa atau umbut kelapa adalah sejenis batang putih yang ada pada pohon kelapa dan seringkali dijadikan sayur.

Menjadi pertanyaan, mengapa harus jauh-jauh membawa anak atau siswa sekolah berwisata jauh-jauh jika di Sleman ada Omah Salak sebagai destinasi wisata edukatif nan ekonomis? Karena poin lain dari berwisata, selain bersenang-senang adalah belajar, bukan?

wisata omah salak
wisata omah salak, referensi destinasi wisata akhir tahun. Sumber : google.com


Lokasi, Rute, & Tiket


Lokasi Omah Salak berada di Jalan Perum Gadjah Mada Asri Kentang Turi Sleman, wonokerto, turi, Yogyakarta. Jika anda berangkat dari Kota Yogyakarta, anda tinggal menyusuri Jalan Magelang terus ke utara sampai Jalan Turi, terus ke utara hingga Jalan Tempel, setelah itu anda akan tiba dipertigaan dekat SMK 1 Muhammadiyah, ambil jalan ke barat dan sampailah di lokasi Omah Salak.

Untuk masuk ke Omah Salak, akan dikenakan tarif tiket masuk seharga Rp. 10.000 per-orang. Mengingat di Omah Salak juga terdapat beragam hiburan dan permainan yang bisa dinikmati, anda bisa langsung bayar dimuka dan menikmati semua didalam sepuasnya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 50.000 hingga Rp. 900.000.


Sebuah kesenangan tersendiri tentunya ketika bisa memetik langsung berbagai jenis salak langsung dari pohonnya. Setelah asyik memetik, pengunjung bisa membeli salak yang telah dipetik dengan harga per kilonya mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 tergantung harga pasaran.


Fasilitas Wisata Omah Salak

Ketika bermain ke Omah Salak, pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas, seperti :
• Warung / tempat kuliner
• Camping ground
• Wahana outbound
• Homestay
• Perkebunan
• Area parkir luas
• Toilet
• Dan fasilitas lainnya.

Omah salak Jogja
Fasilitas perkebunan salak di omah salak. sumber : alodiatour.com


Yang Harus Kamu Tahu ?


Hari ini, melihat anak selalu sibuk dengan smartphone dan vidio game membuat orangtua sedih dan kasihan dengan anak mereka. Dunia luar yang harusnya dieksplore sejak masa kanak-kanak malah direbut dengan keasyikan bermain smartphone.

Menurut data terbaru, setidaknya 30 juta anak-anak dan remaja di Indonesia merupakan pengguna internet, dan media digital saat ini menjadi pilihan utama saluran komunikasi yang mereka gunakan. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jakarta dan Banten, misalnya, hampir semua responden merupakan pengguna internet.


Memang benar jika dikatakan saat ini smartphone ibarat pisau bermata dua bagi penggunanya, tidak terkecuali anak-anak. Smartphone bisa bermanfaat tetapi juga bisa membahayakan kehidupan anak. Sejumlah anak mengalami “gangguan jiwa” akibat kecanduan smartphone.

Untuk itu, tanggung jawab orangtua untuk memberikan jarak antara anak dengan smartphone dan mengajak mereka mengenal dunia luar beserta keunikan-keunikannya menjadi sangat krusial. Wisata edukasi menjadi jawaban bagi permasalahan ini. Orangtua bisa mengajak anak-anak untuk bermain dan belajar.

Omah Salak Jogja misalnya, anak akan sangat senang jika diajak melihat pohon salak dan memetik salak langsung dari pohonnya. Kelebihan lain dari wisata edukasi yang alami disamping tempat wisata edukasi yang menggunakan mesin dan teknologi ialah tempat wisata alam akan menumbuhkan pada diri anak rasa cinta terhadap alam, pohon, dan lingkungan. Anak tahu secara langsung betapa indah dan menakjubkannya lingkungan disekitarnya.


Ketika anak-anak tahu bagaimana cara menghabiskan waktu diluar rumah dengan baik dan bermanfaat, tentu orangtua akan bahagia. Apalagi jika rasa cinta terhadap alam dan lingkungan ini sudah tertanam dalam diri anak, lingkunan juga akan terjaga.

Omah Salak Jogja, tidak hanya menyuguhkan berhektar-hektar kebun salak, Di sini juga terdapat paket workshop dan rekreasi. Sehingga Anda bersama keluarga, anak atau rombongan wisata bisa menikmati beraneka ragam kegiatan yang ditawarkan. Selain itu salak juga bisa menjadi oleh-oleh khas Jogja .

Selain itu, salak bisa menjadi peluang bisnis Anda, mengingat peminat salak di Indonesia cukup besar. Ditambah lagi apabila Anda dapat membuat kemasan menarik, tentunya ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli produk Anda.

Omah salak Jogja
Anak-anak sedang memitik salak dari perkebunan Omah Salak Jogja, sumber : google.com


Semoga informasi mengenai Omah Salak Jogja ini menjadi informasi tambahan yang bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk membaca artikel Kami lainnya mengenai pupuk bioneensis.

Tinggalkan Balasan