Wisata Alam Jogja, Ini Rekomendasi Untukmu

Jogja memang pantas bila mendapatkan julukan sebagai kota wisata. Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia Jogja tentunya telah lama tumbuh dalam berbagai sektornya. Walaupun sektor pariwisata di Jogja tergolong masih baru, namun wisata alam Jogja ini rekomendasi untukmu terlebih dengan lengkapnya fasilitas pendukung.

Sektor pariwisata Jogja terus mengalami pembenahan dan pengembangan. Selain untuk pemenuhan terhadap keinginan para wisatawan, objek wisata baru membuka kesempatan bagi mereka untuk mengeksplor kota Jogja.

Sebagai kota yang terbilang cukup tua, Jogja memiliki berbagai destinasi wisata yang lengkap. Dari wisata sejarah, wisata religi hingga wisata alam ada di kota ini. Terlebih berbagai kesediaan kuliner yang ditawarkan membuat kota ini tidak hanya disebut sebagai Kota Gudeg lagi namun kota kuliner.

Bahkan jika anda berkunjung ke daerah Bantul, disana terdapat sentra gerabah dan industri kerajinan kayu yang sayang untuk dilewatkan. Daerah yang terkenal dengan Kasongan tersebut bukan tempat berkumpulnya mebel kayu jati biasa, namun merubah dari mebel biasa memiliki unsur seni.

wisata alam jogja salah satu pilihan yang patut dicoba
Wisata alam Jogja salah satu pilihan favorit, sumber : pixabay.com

Wisata alam Jogja pun terbilang tidak membosankan. Wisata alam yang berada di Jogja didukung oleh keadaan alam yang masih baik serta tidak hanya satu macam. Jika anda menginginkan berlibur ke Jogja dan menikmati wisata alam di dalamnya di Jogja ada pantai, bukit hingga kebun buah.

Wisata Alam Jogja Dekat Malioboro

Malioboro menjadi center utama kota Jogja. Berbagai wisatawan baik domestik hingga mancanegara tentu tahu dengan tempat yang satu ini. Dan jika anda ingin bertolak dari Malioboro, berikut wisata alam terdekat :

Gunung Api Purba Nglanggeran

Salah satu destinasi wisata alam Jogja yang cukup populer adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasi dari destinasi wisata satu ini berada di daerah Gunung Kidul. Lokasinya yang masih dekat dari Piyungan membuat lokasi ini tidak terlalu jauh jika anda tempuh dari Malioboro.

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan sisa-sisa dari gunung purba masa lalu. Sebagai sisa dari gunung masa lalu saat ini Gunung Api Purba Nglanggeran sudah tidak ada aktivitas vulkanik lagi. Sehingga jika anda berkunjung kesana keamanan akan lebih terjamin daripada jika anda berkunjung ke gunung aktif seperti Merapi.

Panorama yang bisa dinikmati di destinasi wisata satu ini adalah sunset dan juga sunrise. Terlebih ada gunung bagian timur dan bagian barat membuat pengunjung tidak akan berdesakan disana. Apalagi saat ini ada penginapan didekatnya, wisata akan semakin mudah hingga mengurangi keringat berlebih.

wisata alam jogja dapat anda nikmati di gunung api purba nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran, sumber : jogja.tribunnews.com

Puncak Becici

Wisata alam Jogja yang satu ini berada di daerah Kabupaten Bantul. Walaupun Puncak Becici terbilang lebih baru jika dibandingkan dengan Hutan Pinus Mangunan, namun pesona kecantikannya tidak kalah eloknya.

Jika anda bertolak dari Malioboro maka jalur yang akan anda ambil adalah ke arah selatan. Jalanan Jogja yang telah mengalami aspalisasi akan membuat perjalanan anda mudah untuk ditempuh. Bahkan jika perjalanan anda tempuh bersama sahabat perjalanan tidak akan terasa lama.

Pesona alam yang ditawarkan destinasi satu ini adalah barisan pohon pinus yang dilengkapi dengan view dari atas bukit berupa alam. Terlebih jika anda disana pada saat sore hari, maka sunset yang berpadu dengan indahnya bentangan alam akan membuat anda betah.

Lava Merapi

Daerah Sleman juga tidak mau ketinggalan dengan pesona wisata alam Jogja yang dimilikinya. Salah satu wisata alam yang bisa anda nikmati di Kabupaten Sleman adalah Lava Merapi. Wisata tersebut bahkan bisa dinikmati dengan menggunakan kendaraan berupa Jeep.

Gunung Merapi yang menjadi icon Kota Jogja selain untuk mendaki bisa dinikmati alamnya tanpa berlelah saat ini. Guguran lava yang telah dingin dapat anda lihat dengan jelas tanpa capek dengan menggunakan jeep. Cuaca pegunungan yang sejuk akan menghadirkan kesan yang semakin memanjakan hati

Itulah beberapa wisata alam Jogja terdekat dari Malioboro yang bisa anda kunjungi. Saat anda selesai berkunjung tentunya anda akan membeli oleh-oleh bukan? Di Malioboro anda bisa mendapatkan berbagai oleh-oleh pilihan termasuk gantungan kunci khas Jogja.

Wisata Alam Jogja Terbaru

Selain beberapa destinasi wisata tersebut tentunya Jogja memiliki destinasi wisata lain yang tak boleh anda lewatkan begitu saja apalagi jika itu destinasi wisata alam terbaru. Dan berikut rekomendasi destinasi wisata tersebut :

Heha Sky

Gunung Kidul semakin menunjukkan destinasi wisata yang terbilang mempesona. Salah satu destinasi wisata baru yang patut anda kunjungi adalah Heha Sky. Konsep dari destinasi wisata satu ini adalah tempat makan yang dipadukan dengan latar pemandangan alam yang bisa dinikmati dari ketinggian. Cocok bukan untuk story foto instagram?

Baca Juga : 8 Makanan Tradisional Kemasan Kaleng Bekal Wisata

wisata alam jogja nampak mengesankan ketika di heha sky
Heha Sky wisata alam Jogja terbaru, sumber : suara.com

Destinasi wisata satu ini walaupun hampir sama dengan Bukit Bintang dalam soal pemandangan, namun lokasi yang tidak berada di tepi jalan membuatnya semakin nyaman. Jika anda ingin berkunjung ke Heha Sky lokasinya berada di daerah Patuk Gunung Kidul.

Puncak Segoro

Bagi anda penikmat wisata alam berupa view laut mungkin yang satu ini cocok untuk anda jadikan referensi. Puncak Segoro sebagai wisata alam Jogja terbaru menyuguhkan konsep bukit yang langsung menghadap pantai selatan. Selain itu batu karang yang berada di sekitar lokasi semakin memperindah suasana.

Jika anda berkeinginan untuk menuju destinasi wisata satu ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Pantai tersohor di Jogja yang populer hingga mancanegara. Pemandangan yang indah serta angin pantai yang segar akan membuat anda betah saat berkunjung ke Puncak Segoro.

Nah itulah destinasi wisata alam Jogja terbaru yang bisa anda nikmati. Berwisata ke Jogja akan memberikan kesan tersendiri bagi anda. Terlebih warganya yang ramah yang berpadu dengan nuansa yang ada akan membuat anda rindu untuk kembali setelah berkunjung.

Tinggalkan Balasan