Spot Foto di Hutan Pinus Pengger, sumber ig raufan_gusrananda

Instalasi Seni Unik di Hutan Pinus Pengger Jogja

Hutan Pinus Pengger adalah salah satu obyek wisata yang kreatif di Jogja. Banyak obyek wisata serupa Hutan Pinus Pengger di Jogja yang tersebar di beberapa lokasi. Obyek wisata seperti Hutan Pinus Pengger ini menyediakan spot foto yang berlatarkan pemandangan Jogja.

Awalnya obyek wisata yang khusus menyediakan spot foto tidak berjumlah banyak. Namun, dengan kreatifitas para penduduk sekitar Jogja, banyak dibangun obyek wisata jenis ini. Ada yang berupa hutan pinus, gardu pandang, tebing dan lain sebagainya yang sangat menarik untuk menjadi spot berfoto.

Hutan Pinus Pengger memang bukan yang pertama kali keberadaannya. Namun, obyek wisata ini begitu populer bagi sebagian kalangan. Nah, apa saja hal menarik dan informasi terkait obyek wisata yang satu ini? Simak berbagai ulasannya berikut ini.

Lokasi dan Rute Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger, sumber ig anismafucha
Hutan Pinus Pengger, sumber ig @anismafucha

Tempat wisata Hutan Pinus Pengger ini berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi Pinus Pengger ini, para wisatawan bisa menggunakan berbagai tipe kendaraan karena jalur menuju lokasi wisata ini sudah memadai.

Untuk menuju ke lokasi jika berangkat dari titik nol kota Jogja mengarah ke selatan hingga bertemu dengan Jalan Imogiri. Menelusuri Jalan Imogiri hingga bertemu dengan Kecamatan Dlingo, sudah terdapat beberapa tanda untuk menuju lokasi wisata ini.

Jarak tempuh dengan menggunakan kendaraan adalah 22 km. Sedangkan waktu tempuh berkisar 30 menit perjalanan. Cepat dan lambatnya perjalanan bergantung juga dengan kondisi kepadatan. Pada saat masa berliburan, kondisi jalan akan lebih padat bahkan macet.

Bagi para wisatawan yang baru pertama kali menjajal liburan di Jogja, tidak perlu khawatir. Jogja memiliki berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk berliburan. Beberapa diantaranya adalah seputar transportasi wisata dan penginapan seperti sewa mobil, berbagai hotel, sewa bus, paket wisata dan fasilitas lainnya.

Fasilitas Yang Terdapat di Hutan Pinus Pengger

Fasilitas Hammock di Hutan Pinus Pengger, sumber ig aninda_c_kusuma
Fasilitas Hammock di Hutan Pinus Pengger, sumber ig @aninda_c_kusuma

Obyek wisata yang berada di kawasan Dlingo ini sudah cukup memadai untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi para wisatawan. Fasilitas standar yaitu cafetaria, toilet, tempat parkir dan mushola sudah terdapat di lokasi ini.

Namun bukan hanya itu, banyak fasilitas lainnya yang bisa dinikmati di lokasi ini. Terdapat bermacam instalasi seni dan gardu pandang yang dapat dinikmati. Terutama sebagai spot foto yang begitu menarik.

Bermacam instalasi seni dan gardu pandang ini dibuat dengan berbagai bentuk. Sehingga biasanya setiap jenis obyek wisata yang sama memiliki instalasi seni yang berbeda untuk dinikmati. Berbagai instalasi seni yang terdapat di lokasi wisata ini sudah banyak menghiasi media-media sosial.

Instalasi seni apa saja yang terdapat di obyek wisata yang satu ini? Simak berbagai ulasan tentang instalasi seni yang terdapat di lokasi wisata hutan pinus pengger berikut ini.

1. Tangan raksasa

Tentunya dari kecil anda sudah tahu mengenai bentuk raksasa melalui TV, badannya yang besar membuat siapapun yang disampingnya takut terinjak. Tempat ini menyediakan spot foto tangan raksasa, disini anda bisa duduk atau pun berdiri untuk mengambil foto di atas tangan raksasa. Dari sini anda juga bisa melihat pemandangan alam yang ada di bawah tangan raksasa.

Spot Foto di Hutan Pinus Pengger, sumber ig raufan_gusrananda
Spot Foto di Hutan Pinus Pengger, sumber ig @raufan_gusrananda

2. Sarang burung raksasa

Untuk anda yang ingin memberikan kejutan romantic untuk pasangan anda, tempat wisata pinus pengger ini bisa menjadi salah satu tempat kejutan romantis yang recommended.

Layaknya berada di dalam negeri dongeng, di dalam sarang burung ini anda akan melihat berbagai pemandangan menakjubkan. Khususnya pada saat malam hari, diman anda akan dimanjakan oleh gemerlapnya bintang-bintang yang ada di atas langit.

3. Tidur di hammock yang ada di tengah hutan pinus

Selain bisa merasakan rasanya tidur di atas tangan raksasa, anda juga bisa tiduran di hammock yang tersedia di tengah hutan pinus pengger ini. namun, untuk bisa berlama-lama di sini anda harus datang di waktu yang tepat, karena banyak sekali wisatawan yang juga ingin berfoto di tempat ini.

4. Berfoto di balik sangkar burung raksasa

Tak hanya masuk, spot foto yang keren dan juga bagus juga bisa anda nikmati di balik sangkar burung yang ada disini. Namun untuk anda yang hanya ingin merasakan ketenangan anda bisa datang ketika malam hari, karena ada banyak bintang yang akan membuat anda tak berhenti untuk takjub dengan keesaan sang kuasa.

Hutan Pinus Pengger, sumber ig olil_ex
Hutan Pinus Pengger, sumber ig @olil_ex

5. Rumah pohon

Spot foto berikutnya yakni rumah pohon, untuk and ayang memimpikan bisa tinggal di rumah pohon, anda bisa nikmati fasilitas pinus pengger yang satu ini. dari rumah pohon ini anda bisa melihat indahnya pemandangan yang disajikan oleh obyek wisata ini.

Informasi Harga

Untuk bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, anda harus bayar tiket masuknya sebesar Rp. 2000/ orang. Sedangkan untuk anda yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi karena ingin berwisata bersama teman atau keluarga, anda akan dikenakan biaya parkir, untuk motor Rp. 2000 dan untuk mobil hanya Rp. 5.000.

Informasi Tambahan

Lokasi wisata ini selalu padat pengunjung pada masa-masa libur panjang. Bagi Anda yang lebih suka dengan suasana yang tidak begitu ramai, Anda perlu memilih waktu-waktu khusus. Bukan hanya ramai di lokasi, tetapi juga transportasi yang padat bahkan macet bisa jadi hal yang tidak menguntungkan.

Nama : Hutan Pinus Pengger
Alamat : Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/WyPQ9MQuvFooryG56

Itu dia berbagai ulasan terkait informasi mengenai Hutan Pinus Pengger. Semoga bisa menjadi wawasan menarik dan koleksi informasi wisata Jogja bagi Anda. Simak berbagai info desa wisata Jogja di halaman jogjacars.com.

Tinggalkan Balasan