Interior mobil, tips merawat mobil rental sumber unsplash

5 Tips Merawat Kendaraan Yang Digunakan Untuk Sewa Mobil

Tips merawat mobil rental – Geliat usaha jasa persewaan mobil saat ini tengah berkembang dengan pesat. Sekarang, dengan mudah kita dapat menemukan tempat sewa mobil di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Surabaya, Malang dll. Tak hanya di kota besar saja, usaha sewa mobil sedikit demi sedikit sudah merambah daerah pelosok pedesaan. Hal ini sekali lagi membuktikan bahwa jasa sewa mobil kian berkembang.

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh para pemilik bisnis jasa sewa mobil adalah perawatan mobil. Hal ini yang akan menentukan performa serta kinerja mobil saat disewakan, yang secara langsung maupun tak langsung akan berpengarup pada tingkat kepuasan pelanggan. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat mobil yang digunakan untuk jasa sewa mobil yang harus diketahui oleh para pengusaha sewa mobil.

Cek kondisi eksterior secara berkala

Eksterior mobil adalah bagian yang pertama kali mampu menarik perhatian para pelanggan. Ekterior mobil yang bagus, modern dan terawat akan membuat para terkesan, begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, para pemilik jasa sewa mobil harus mengecek kondisi eksterior mobil mereka secara berkala.

Pengecekkan kondisi eksterior mobil secara berkala mampu meminimalisir kerugian bisnis. Dengan pengecekan berkala kondisi eksterior, pemilik jasa sewa mobil akan bisa meminimalisir kerusakan sebelum terlambat. Seperti bodi yang penyok, bamper yang rusak atau bagian eksterior lain yang tak beres. Hal ini juga akan meminimalisir adanya komplain dari para pelanggan.

Pastikan interior beres

Setelah pengecekan eksterior, maka selanjutnya adalah pengecekan interior. Karena eksterior yang menawan tak akan ada artinya jika interior acak adul. Pastikan setiap detail interior tidak ada yang rusak, tidak ada jog yang jebol, tuas kursi berfungsi dengan baik dll.

Interior mobil, tips merawat mobil rental sumber unsplash

Interior mobil, sumber unsplash

Pastikan panel menu di bagian depan (sopir) berfungsi dengan baik. Pastikan starter mobil lancar, ac masih cukup dingin, lampu internal mobil menyala, layanan music dan radio berfungsi, tombol wiper kaca tak rusak dll. Satu hal yang tak kalah penting adalah pastikan bagian interior mobil tetap bersih dari berbagai macam jenis sampah, jangan lupa membelikan pengharum khusus mobil agar bagian dalam mobil tetap wangi dan membuat para pelanggan betah serta merasa nyaman.

Service mesin dan aki secara rutin

Mobil yang disewakan memiliki jam terbang lebih tinggi dibandingkan mobil pada umumnya, ia juga pasti telah melewati berbagai macam medan. Oleh karena itu, mesin harus selalu prima dan aki harus selalu terjaga. Karena kondisi mesin dan aki mobil menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh bagi performa mobil.

Service mesin dan aki secara rutin dapat menjaga performa mobil. Dengan demikian kerusakan mesin dan aki dapat diminimalisir. Perjanan para pelanggan juga tidak akan terganggu oleh mesin yang rewel atau aki yang tiba-tiba tidak menyala. Service mesin dan aki secara rutin merupakan hal yang penting dalam merawat mobil rental kita.

Cek fitur keamanan dan keselamatan mobil

Fitur keamanan dan keselamatan menjadi hal yang penting untuk dicek setiap hari atau sebelum mobil digunakan. Sabuk pengaman, rem, Anti-Lock Braking System, rem tangan dan semua fitur keamanan serta keselamatan wajib berfungsi dengan baik. Karena kerusakan pada komponen ini dapat berakibat fatal bagi pengguna jasa sewa mobil dan juga bagi penyedia jasa sewa mobil. Baca juga : Hub wisata Jogja dan rental mobil

5 Tips Merawat Kendaraan Yang Digunakan Untuk Sewa Mobil

Ilustrasi mobil rental, sumber unsplash

Cek bagian-bagian yang sering bermasalah

Seorang pemilik jasa sewa mobil juga harus memiliki kepekaan untuk melakukan pengecekan pada beberapa bagian mobil yang sering bermasalah. Diantaranya adalah ban mobil, pastikan tekanan ban dalam kondisi normal, jika ban terlihat sudah usang dan tipis maka segera ganti agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar dan serius. Selanjutnya pastikan seluruh lampu menyala, karena lampu mobil sangat mudah utus atau mati. Wiper juga harus diperiksa dengan sekasama, agar saat dibutuhkan dapat digunakan dengan baik.

Demikianlah beberapa tips merawat mobil rental yang dapat dilakukan oleh para pemilik usaha sewa mobil, khususnya di kota-kota besar seperti Jogja. Mengingat tingginya permintaan jasa sewa mobil terkadang tak diabarengi dengan perawatan yang baik. Sehingga tak jarang terjadi hal-hal yang tak diinginkan serta komplain dari para pelanggan. Matur nuwun

Leave a Reply

Required fields are marked*