Prospek kerja tinggi di bidang penerbangan. Sumber : unsplash.com

Kampus Terbaik Indonesia Di Bidang Penerbangan

Kampus merupakan salah satu tempat yang paling efisien bagi para mahasiswa untuk mengembangkan pikiran dengan berbagai macam keilmuan yang membuat kita mempunyai kemampuan dalam membentuk kepribadian, kemandirian keterampilan sosial, dan karakter yang baik sehingga bisa mengatasi setiap permasalahan masyarakat dan memberikan nilai-nilai positif dalam kehidupan alam semesta.

Salah satu keilmuan yang ada di kampus-kampus dan terus mengalami perkembangan sampai saat ini yaitu keilmuan penerbangan. Dan kini kampus penerbangan sudah banyak tersebar di Indonesia nah penulisan dalam artikel kali ini yaitu berisikan tentang daftar kampus penerbangan terbaik yang ada di Indonesia. seperti apa faktanya yuk simak dibawah ini.

Kenapa Memilih Jurusan Penerbangan?

Prospek kerja tinggi di bidang penerbangan. Sumber : unsplash.com
Prospek kerja tinggi di bidang penerbangan. Sumber : unsplash.com

Ada beberapa alasan, kenapa anda harus memilih jurusan penerbangan, diantaranya:

1. Prospek Kerja yang Menjanjikan

Dengan berkembanganya zaman yang semakin cepat yang memaksakan semua ini harus memacu untuk mengimbangi kecepatan perubahan zaman. maka tidak heran perkembangan dunia penerbangan juga harus semakin cepat untuk terus meningkat.

Hal ini dikarenakan meningkatnya jumlah manusia yang menggunakan pesawat untuk bisa pergi ke suatu tempat dalam waktu yang sangat cepat untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam setiap tahunnya.

Dengan begitu kebutuhan akan teknisi dan engineer sebagai tenaga ahli di bagian perawatan dan perbaikan pesawat terbang juga terus meningkat. Sehingga lapangan pekerjaan di bidang penerbangan semakin bertambah.

2. Gaji yang Besar

Gaji dalam industri penerbangan sangat besar. Hal ini dikarenakan dalam dunia penerbangan selain mempunyai resiko dan tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan, mereka juga adalah sebagai tenaga ahli yang sangat teliti dan rasional. Dengan gaji tersebut kita bisa lebih terjamin dalam hal finansial termasuk hunian. Baik hunian kayu sederhana hingga hunian beton megah.

3. Ingin Menjadi Pilot

Tidak jarang yang masuk di kampus penerbangan yaitu untuk meneruskan cita-cita mereka yaitu menjadi seorang pilot. Belajar kedirgantaraan dan mengetahui ilmu kedirgantaraan adalah hal yang harus diketahui bagi seorang pilot kan.

4. Ingin Keliling Kota Bahkan Dunia

Keliling kota dengan rental mobil Jogja sudah hal biasa, bagaimana dengan keliling dunia? Bias dengan bekerja dalam dunia industri penerbangan, dengan bekerja di dunia industri penerbangan sangat bisa untuk memiliki kesempatan keliling dunia. Kamu bisa melanjutkan pendidikan untuk menjadi pilot dan mewujudkan keinginanmu untuk keliling dunia.

Prospek Kerja Industri Penerbangan

Semakin berkembangnya zaman dan juga semakin terus berkembangnya teknologi yang menghasilkan menghasilkan berbagai macam mesin yang mampu menyanggupi untuk memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya.

Maka tidak heran kebutuhan akan ahli aeronautika juga meningkat baik dalam Jasa perawatan Pesawat, Maskapai Penerbangan, Industri Telekomunikasi dan Departemen Perhubungan Udara. Dengan begitu kebutuhan akan lapangan pekerjaan dalam dunia penerbangan sangat terbuka luas.

7 Kampus Penerbangan Terbaik di Indonesia

Berikut ini beberapa Kampus penerbangan terbaik yang ada di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi buat anda yang ingin kuliah jurusan kedirgantaraan.

1. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug Jakarta

Politeknik Penerbangan Indonesia Curug atau disingkat PPIC merupakan penerbangan yang berada di Jakarta. Kampus ini mempunyai tujuan kampus yaitu menciptakan sumber daya manusia dibidang penerbangan yang mengutamakan budaya keselamatan, mandiri, profesional serta memiliki iman dan taqwa.

Kampus PPI memiliki Jurusan D4 Pemandu Lalu Lintas, D3 teknik Mekanika Bandara, D3 Teknik Bangunan dan Landasan, D3 Penerangan Aeronautika, D3 Pertolongan Kecelakaan Pesawat, D3 Operasi Bandar Udara, D4 Penerbang, D4 Teknik Listrik Bandara, D4 Teknik Pesawat Udara, dan D4 Teknik Navigasi Udara.

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung adalah kampus negeri yang populer di Indonesia. Kampus ini memiliki banyak fakultas dan salah satunya Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD).

Institut Teknologi Bandung. Sumber : google.com
Institut Teknologi Bandung. Sumber : google.com

FTMD yang didalamnya memiliki 3 Program Studi, yaitu Program Studi Teknik Mesin jenjang pendidikan S1,S2, dan S3, Program Studi Teknik Dirgantara jenjang pendidikan S1,S2 dan S3 serta Program Studi Teknik Material jenjan pendidikan S1, S2, dan S3.

Berdasarkan akreditasi terkini BAN-PT tahun 2020, semua program sarjana di FTMD mendapatkan akreditasi ‘Unggul’ (Peringkat tertinggi akreditasi institusi), sedangkan program studi magister dan doktor mendapatkan akreditasi ‘A’.

3. Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto merupakan salah satu kampus dirgantara yang berada di Jogjakarta. ITDA berdiri pada tahun 2001 dan mulai proses belajar mengajar pada tahun 2002/2003. Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto diselenggarakan oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya (YASAU).

Yasau bergerak di bidang sosial dan pendidikan yang bersifat non profit yang membuat biaya pendidikan di kampus ini relatif lebih murah dan terjangkau. ITDA memiliki 2 fakultas yakni Fakultas Teknologi Kedirgantara dengan 3 program studi meliputi S1 Teknik Dirgantara, S1 Teknik Mesin, dan D3 Aeronautik. Dan Fakultas Teknologi Industri dengan 3 program studi meliputi S1 Teknik Industri, S1 Teknik Elektro, dan S1 Informatika. Seluruh program studi dan institut telah terakreditasi B. 

Bagi anda yang mendaftarkan diri ke kampus ITDA dapat mengunjungi website pmb.itda.ac.id atau datang langsung ke kawasan pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto lebih tepatnya di Karang Jambe, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Apabila anda ingin sekalian jalan-jalan ke Museum Affandi Jogja, akses dari kampus ITDA cukup mudah dengan waktu tempuh sekitar 5 – 10 menit.

4. Universitas Nurtanio Bandung

Universitas Nurtanio Bandung didirikan pada tanggal 8 September 1999. Salah satu kampus rekomen yang berada di Bandung yang berhubungan dengan dunia penerbangan. Kampus Nurtanio Bandung telah memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dengan predikat “B” serta memiliki beberapa Fakultas.

Salah satunya Fakultas Teknik yang memiliki beberapa program studi penerbangan diantaranya Teknik Penerbangan (S1), Rangka Pesawat (D3), Motor Pesawat (D3), Avionika (D3), dan Listrik Pesawat (D3). Seluruh program studi tersebut telah terakreditasi “B”.

5. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta

Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma atau yang popluer dengan Universitas Suryadarma merupakan Perguruan Tinggi swasta dibawah pimpinan TNI AU yang diselenggarakan oleh Yayasan Adi Upaya (YASAU). Kampus Universitas Suryadarma Jakarta memiliki 4 Fakultas, salah satunya Fakultas Teknologi Kedirgantaraan dengan Program Studi Teknik Penerbangan (S1) dan Teknik Aeronautika D3, dengan akreditas kedua program studi telah “B”.

6. Politeknik Penerbangan Makassar

Politeknik Penerbangan Makassar atau yang populer dengan Poltekbang Makassar adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik dalam bidang teknik dan keselamatan penerbangan.

Politeknik Penerbangan Makassar. Sumber : google.com
Politeknik Penerbangan Makassar. Sumber : google.com

Politeknik Penerbangan Makassar memiliki program studi Teknologi Pemilihan Pesawat Udara (TPPU), Manajemen Lalu Lintas Udara (MLLU), Teknologi Bandar Udara (TBU), Teknologi Navigasi Udara (TNU).

7. Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara Yogyakarta

Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara (STTKD) merupakan salah satu kampus swasta yang bernaung dibawah Yayasan Citra Dirgantara dan didirikan pada tanggal 1 Oktober 1994.

STTKD memiliki beberapa program studi terdiri dari S1 Teknik Kedirgantaraan, D4 Manajemen Transportasi Udara, D3 Aeronautika, D3 Manajemen Transportasi, D1 Pramugari, D1 Ground handling.

Daftar beberapa kampus penerbangan terbaik di Indonesia tersebut diatas semoga bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang sedang kebingungan atau sedang mencari kampus penerbangan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan