Ilustrasi cara mengatasi kantuk pada sopir mobil, sumber unsplash

Cara Mengatasi Kantuk Bagi Sopir Jasa Sewa Mobil

Libur panjang menjadi salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu, tak hanya oleh anak sekolah dan karyawan kantor namun juga para sopir jasa sewa mobil. Khususnya sopir jasa sewa mobil di kota-kota besar seperti Jogja. Pasalnya, saat libur panjang para sopir jasa sewa mobil di Jogja bisanya kebanjiran order. Terkadang bahkan dalam satu hari mereka bisa mengantar satu customer ke lima hingga puluhan objek wisata.

Kantuk menjadi salah satu hal yang kerap menjadi persoalan yang serius bagi para sopir jasa sewa mobil. Bagaimana tidak, kantuk dapat menjadi salah satu hal yang paling menggaggu para sopir dalam bertugas. Lebih bahaya lagi bahwa ternyata sebagian besar kecelakaan berkendara di jalan raya disebabkan oleh sopir yang mengantuk dan kelalaian pengemudi. Nah, bagaiaman cara mengatasi kantuk bagi sopir jasa sewa mobil? Berikut kami berikan beberapa solusinya.

Tidur sebelum berangkat

Padatnya permintaan jasa sopir tak jarang membuat para sopir kuwalahan dalam bekerja. Seperti seseorang yang berlomba lari estafet, mereka bekerja siang malam tiada henti. Hal ini yang membuat seorang sopir kurang tidur dan pada akhirnya mengantuk saat bertugas. Untuk menanggulangi hal ini, biasakan untuk tidur sejenak 20-35 menit sebelum bertugas atau mengemudi kendaraan agar tubuh terasa segar selama mengemudi.

Istirahat

Kantuk sering hadir saat tubuh terasa lelah akibat rutinitas yang tiada jeda. Demikian juga yang dialami para sopir jasa sewa mobil. Hal ini yang terkadang disepelehkan dan mengakibatkan permasalahan yang serius. Nah, jika anda (para sopir) sedang mengemudi mobil, kemudian mengantuk karena tubuh terlalu lelah, maka tiada salahnya untuk menghentikan perjalanan barang sejenak. Cari tempat yang aman untuk memarkir mobil seperti rest area, pusat oleh-oleh atau pom bensin. Istirahatkan tubuh beberapa menit untuk mengembalikan energi yang terkuras akibat padatnya kegiatan.

Ilustrasi cara mengatasi kantuk pada sopir mobil, sumber unsplash

Kelinci dan bantal, sumber unsplash

Minum Kopi

Kopi, siapa sih yang tak tahu minuman ajaib yang satu ini? Kandungan kafein yang terdapat pada kopi ternyata sangat mujarab untuk mengusir rasa kantuk. Kafein akan memberikan stimupasi pada sistem metabolisme serta sistem syaraf pusat. Hal ini akan membuat tubuh terasa lebih bertenaga, lebih segar, dan kosentrasi. Oleh sebab itu, kopi merupakan minuman wajib bagi para sopir saat sedang dalam perjalanan. Namun demikian, konsumsi kopi juga harus diperhatikan, jangan sampai berlebihan.

Olahraga ringan

Rasa kantuk biasanya disebabkan oleh berkurangnya asupan oksigen di otak karena terlalu fokus pada medan jalan. Olahraga ringan pada area kepala leher dan sekitarnya bisa menjadi salah satu solusi praktis untuk mengurangi rasa kantuk. Tapi jangan sampai olahraga tersebut dilakukan secara berlebihan, karena hal tersebut malah dapat mengganggu aktifitas mengendara Anda. Baca juga : Pentingnya bahasa Inggris bagi sopir mobil

Nyemil

Rasa kantuk saat mengemudi bisa disebabkan karena minimnya gerak. Dalam kondisi seperti ini Anda bisa mengurangi rasa kantuk dengan nyemil. Makanan yang Anda konsusmsi harus tetap diperhatikan. Jangan makan-makanan yang terlalu berat, mengandung terlalu banyak karbohidrat atau lemak. Karena hal itu akan membuat Anda kenyang dan malah menambah rasa kantuk Anda. Usahakan makan makanan ringan yang memiliki rasa asin atau pedas, karena sensasi rasa dari makanan-makanan tersebut akan memberikan rangsangan pada otak untuk terus terjaga.

Basuh muka dan buka kaca mobil

Sensasi segar pada wajah menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan fokus dan meminimalisir rasa kantuk. Jika kantuk melanda saat mengemudi, tak ada salahnya untuk sekedar membasuh muka dengan air. Setelah itu, coba buka sedikit kaca mobil agar udara segar masuk ke dalam mobil.

Demikian beberapa tips sederhana untuk mengusir rasa kantuk bagi para pengemudi, khususnya sopir jasa sewa mobil. Anda dapat mempraktekkan satu demi satu tips diatas untuk mengusir rasa kantuk yang datang melanda. Jangan lupa untuk menyimpan atau membagikan tips ini ke para kolega atau rekan seprofesi Anda.

Leave a Reply

Required fields are marked*