Taman Pintar: Wahana Edukasi IPTEK yang Asyik

Taman Pintar: Wahana Edukasi IPTEK yang Asyik

Jika Anda adalah wisatawan yang berasal dari luar Yogyakarta tentu Anda tahu mengenai taman pintar bukan? Ya, taman pintar yang terkenal sebagai tempat ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains ini telah terkenal dan selalu menjadi kunjungan anak-anak sekolah untuk mengenal sains dengan cara menyenangkan. Sangat penting bukan mengenalkan mengenai sains dan teknologi sejak dini? Tentu bagi anak-anak, tidak bisa dilakukan tanpa melalui sesuatu yang menyenangkan dan hal tersebut ada di Taman Pintar. Berikut kami akan ulas secara singkat mengenai taman pintar.

Taman Pintar merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki visi sebagai wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains terbaik se-Asia Tenggara dalam suasana yang menyenangkan. Misinya pun adalah menumbuhkan minat anak dan generasi muda melalui imajinasi, percobaan, permainan dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia. Tujuan adanya taman pintar sendiri adalah menyediakan sarana pembelajaran sains bagi anak yang mendukung kurikulum pendidikan, memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains, membantu guru dalam mengembangkan pengajaran di bidang sains, dan memberi alternatif wisata sains.

Taman Pintar: Wahana Edukasi IPTEK yang Asyik

Taman Pintar: Wahana Edukasi IPTEK yang Asyik. Sumber: tamanpintar.co.id

Wajar saja jika di Taman Pintar banyak disediakan berbagai permainan menyenangkan dan mengedukasi, karena tujuannyapun salah satunya mengembangkan minat anak terhadap sains. Filosofi adanya Taman Pintar ini pun adalah dalam rangka mengejawantahkan ajaran Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara diantaranya niteni (memahami), niroake (mengimitasi), dan nambahi (mengembangkan). Demi memberikan gambaran yang baik kepada anak yang sesuai dengan kurikulum sekolah, Taman Pintar pun menyediakan fasilitas kunjungan rombongan sekolah dengan minimal peserta adalah 20 orang.

Di sanapun disediakan fasilitas berupa alat-alat peraga IPTEK yang interaktif, ruangan yang disewakan untuk umum, berbagai keperluan ishoma, dan lain sebagainya. Ruangan yang dapat disewa untuk umum terdiri atas exhibition hall yang dapat digunakan untuk event dan pameran sekolah/instansi dalam ruang, ruang audiovisual dengan kapasitas maksimal 40 orang, dan playground yang dapat digunakan untuk pameran sekolah dan instansi luar ruang. Di Pintar terdiri atas dua lantai dimana di tiap lantainya terdiri atas beberapa zonasi. Oh ya, selepas dari taman pintar bisa juga lho mampir ke Masjid Gedhe Kauman yang berdekatan kurang lebih 500 meter saja. Disana anda bisa melihat arsitektur masjid yang menakjubkan.

Video Taman Pintar Yogyakarta

Terdapat zonasi playground yang terdiri atas berbagai ruang bernama gong perdamaian, taman air menari, koridor air, desaku peramai, spektrum warna, dinding berdendang, sistem katrol, forum batu, parabola berbisik, rumah batik, rumah gerabah, dan wahana bahari. Terdapat zonasi paud yang ditujukan untuk anak-anak prasekolah. Ruangan yang disediakan antara lain ruang komputer kids, ruang petualangan, ruang profesi, ruang pertunjukan, perpustakaan anak, ruang religi dan budaya, dan ruang susun balok.

Nama : Taman Pintar
Alamat : Jl. Panembahan Senopati no 1-3 Yogyakarta
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/h2Y5AjpM7F12

Di lantai satu terdapat zona untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi diantaranya ada zona ilmu bumi, tv cube, teknologi konstruksi, mesin dan energi, telekomunikasi, nuklir, kelistrikan, dan teknologi komputer. Dan masih banyak lagi tempat lainnya yang sangat menarik dan edukatif bagi anak-anak Anda. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta dan berkeinginan berkunjung ke Taman Pintar bisa langsung menuju ke Jl. Panembahan Senopati no 1-3 Yogyakarta, atau datang aja ke titik nol KM Kaliurang dan berjalan atau menujulah ke arah kiri. Biaya tiket di Taman Pintar bervariasi ketika masuk dan ketika masuk wahana pun ada retribusi yang dibayarkan. Tapi tidak masalah, karena fasilitas yang disediakan sangat menyenangkan dan mengedukasi. Sekian ulasan kami, semoga dapat memberikan manfaat dan bisa Anda bagikan kembali kepada teman Anda lainnya.

Tinggalkan Balasan