Watu Amben, sumber ig berandajogja

Pesona Spot Watu Amben di Jogja

Watu Amben adalah salah satu spot wisata Yogyakarta yang bertemakan spot foto. Selain itu area ini memang bisa dinikmati keindahannya sebagai salah satu spot wisata alam bukit di Jogja. Akhir-akhir ini Yogyakarta memang dipadati pengunjung yang mencari spot wisata alam yang bisa menjadi spot foto sekaligus.

Berbagai lokasi spot foto di Jogja biasanya berada di pelosok, tempat yang jauh dari lalu lintas perkotaan. Yaitu spot-spot wisata alam yang berada di pinggiran Jogja. Namun, bagi para wisatawan, tidak perlu khawatir. Untuk menuju ke lokasi, terdapat berbagai fasilitas wisata yang bisa dimanfaatkan, salah satunya sewa mobil wisata di Jogja.

Sewa mobil sekaligus driver akan memberikan Anda beberapa manfaat, seperti driver yang bisa menjadi guide tour, kenyamanan layaknya berwisata menggunakan mobil pribadi dan waktu yang bisa dipilih. Sehingga Anda tidak perlu pusing mencari alamat spot wisata, dapat memilih tipe kendaraan yang disukai serta menentukan untuk berliburan kapan saja.

Watu Amben bisa menjadi salah satu pilihan obyek wisatanya. Selain pantai-pantai dan Kota Jogja yang khas dengan budayanya, obyek wisata ini layak untuk dikunjungi. Berikut informasi menarik seputar spot wisata yang satu ini.

Sejarah Watu Amben

Watu Amben, sumber ig zuni.w
Watu Amben, sumber ig @zuni.w

Sejarah bukit ini tidak terlepas dari asal – usul yang dapat diketahui dari namanya yang juga unik. Watu Amben berasal dari bahasa setempat yaitu bahasa Jawa yang bermakna Batu Ranjang. Nama ini sesuai dengan apa yang terlihat saat pertama kali berkunjung.

Di sini memang terdapat batu yang lebar dan menyerupai ranjang. Konon batu ini memang menjadi tempat peristirahatan para Raja Kerajaan Mataram pada masa lampau. Hal ini terlihat dari pemandangan Jogja yang memang jelas terlihat dari ketinggian.

Para Raja itu memang menjadikan bukit ini lokasi peristirahatan yang sekaligus bisa memberikan pemandangan yang mempesona bagi mereka. Saat ini, lokasi ini dapat dinikmati oleh pengunjung yang berasal dari berbagai daerah.

Pesona Keindahan

Panorama Keindahan yang ditawarkan oleh destinasi wisata alam ini adalah panorama landscape kota Jogja. Kebanyakan para pengunjung menyukai wisata ini karena ingin menyegarkan diri dari penatnya rutinitas keseharian.

Ketika kondisinya sedang cerah, Anda bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang di daerah Jogja seperti gunung Merapi, Merbabu dan Sumbing. Di lain sisi, ketika Anda berkunjung pada malam hari, Anda akan menikmati keindahan gemerlap malam dengan kelap kelipnya lampu-lampu warga Jogja.

Pemandangan pada malam hari sungguh sangat indah dan memukau, seakan-akan seperti melihat bintang-bintang yang bertebaran di angkasa. Inilah momen terbaik yang direkomendasikan untuk Anda mengunjungi salah satu spot foto di Jogja ini.

Selain itu, Anda juga dapat melihat sunset saat sore hari. Dengan pemandangan dari ketinggian, diliputi suasana yang segar dan sejuk membuat momen sunset yang ada di tempat ini tiada duanya. Momen Sunsetnya begitu mempesona sehingga membuat banyak pengunjung secara khusus datang dan menunggu sunset tiba.

Ketika Anda berkunjung, ada beberapa gazebo yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat atau hendak menunggu momen sunset. Di gazebo tersebut anda dapat melihat pemandangan yang sangat sejuk dan segar sambil menikmati makanan yang ada di warung sekitar lokasi wisata.

Spot Pemandangan di Watu Amben, sumber ig yogyakarta
Spot Pemandangan di Watu Amben, sumber ig @yogyakarta

Lokasi dan Rute

Obyek wisata ini berada di area yang disebut dengan bukit seribu. Dinamakan bukit seribu karena pada area ini terdapat banyak perbukitan. Area jajaran bukit seribu sebenarnya secara administratif berada di Gunung Kidul.

Meskipun berada di jajaran bukit seribu, lokasi wisata ini disebut berada di Bantul. Sehingga alamat lengkapnya yaitu Jalan Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo,Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Area ini terbilang mudah untuk diakses namun perlu kewaspadaan karena rute yang menanjak. Jarak tempuh apabila berangkat dari titik kota Jogja sejauh kurang lebih 18 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan.

Rutenya bermula dari titi nol km kota Jogja dengan mengarah ke timur menuju Jalan Wonosari. Setelah sampai di Jalan Wonosari, dilanjutkan perjalanan hingga sampai menuju Bukit Bintang. Setelah sampai di Bukit Bintang, arahkan kendaraan menuju selatan hingga sampai menuju simpang patuk.

Di simpang ini, ambil ke arah kanan menuju ke arah Dlingo, Bantul. Jarak dari simpang menuju lokasi kurang lebih 1 km. Berhati – hatilah saat berada di jarak 1 km terakhir ini karena jalan akan semakin terjal menuju puncak.

Fasilitas

Sebagai destinasi wisata yang memiliki potensial, fasilitas yang ada di lokasi wisata saat ini sudah cukup memadai. Fasilitas tersebut dapat membuat para wisatawan yang sedang berkunjung dapat merasa nyaman, fasilitas diantaranya:

  1. Terdapat lahan parkir
  2. Kamar mandi
  3. Gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan yang ada di Watu Amben
  4. Terdapat beberapa warung makanan dan minuman di sekitar Watu Amben.
Watu Amben, sumber ig berandajogja
Watu Amben, sumber ig @berandajogja

Harga Tiket

Destinasi Wisata Amben ini menjadi salah satu rekomendasi wisata bagi Anda yang sedang berhemat biaya, karena memang wisata ini tidak mematok tarif masuk alias gratis. Akan tetapi, jika Anda menggunakan kendaraan tentu harus membayar tarif parkir.

Tarif parkir yang akan Anda keluarkan dengan kisaran mulai Rp. 2000 hingga Rp. 5000 per jenis kendaraan. Jika tidak memiliki kendaraan, wisatawan bisa memanfaatkan paket wisata Jogja yang memberikan layanan antar jemput wisata.

Nama : Watu Amben
Alamat : Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792
Peta: https://goo.gl/maps/zeMi94yJyEs9WrBbA

Semoga informasi ini dapat menjadi gambaran terkait pesona wisata di Jogja dan menjadi referensi wisata Anda. Simak berbagai info menarik wisata Jogja lainnya di halaman jogjacars.com.

Tinggalkan Balasan