Pemandangan dari spot foto Riyadi, sumber ig dini.natalia.14

Menikmati Keindahan Spot Riyadi Jogja

Yogyakarta memiliki banyak sekali spot wisata. Di tengah tren spot wisata yang sering diviralkan di media sosial, Jogja punya beberapa diantaranya. Yaitu Spot Riyadi, spot foto yang digandrungi oleh kalangan muda dan fotonya sempat menjadi perbincangan di media sosial.

Spot foto di Jogja sebenarnya banyak. Hampir setiap objek wisata di improvisasi untuk bisa menjadi spot foto. Karena memang saat ini zamannya media sosial, yang mendorong siapapun untuk mendokumentasikan aktivitasnya, termasuk aktivitas wisata. Salah satu tempat yang sengaja dijadikan spot foto oleh pemiliknya adalah Spot Riyadi.

Menarik untuk mengetahui bagaimana cerita dibalik keberadaan Spot Riyadi serta berbagai hal yang dapat dinikmati di tempat wisata ini. Untuk Anda yang belum pernah mendengar dan mengunjungi spot wisata yang satu ini, simak beberapa informasinya berikut ini.

Spot Riyadi

Spot Riyadi, sumber ig nittoandriadhi
Spot Riyadi, sumber ig @nittoandriadhi

Sebenarnya Bapak Riyadi hanyalah seseorang yang menghuni sebuah rumah di sebelah timur Kota Jogja yang dekat dengan Kabupaten Klaten. Namun ternyata rumah yang ditinggali memiliki halaman yang menjadi sebuah spot yang cocok untuk melihat pemandangan landscape timur Kota Jogja. Sehingga banyak orang yang penasaran dengan keindahan pemandangan timur Kota Jogja yang dilihat dari ketinggian, datang dan melihatnya melalui halaman rumah ini.

Dari halaman rumah ini ternyata dapat terlihat pemandangan hamparan area timur Kota Jogja yang di sana terdapat Candi Prambanan yang bersusun dengan berbagai Candi lainnya seperti Candi Plaosan, Candi Sojiwan dan Ratu Boko. Selain itu terdapat juga pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan. Meskipun sangat jauh, namun area hijau dan bentuk atap rumah dari ketinggian di sekitarnya menjadikan pemandangannya begitu indah.

Banyak pengunjung yang sengaja membawa kamera untuk memotret pemandangan dari tempat yang sebenarnya adalah halaman rumah Bapak Riyadi ini. Hingga akhirnya halaman rumah Bapak Riyadi dijadikan spot foto dengan latar pemandangan indah Jogja dari ketinggian. Dari sini, tempat ini menjadi spot pengunjung yang dinamakan Spot Riyadi.

Sekarang di tempat ini banyak dipasang penghias seperti instalasi seni, taman bunga dan tempat duduk. Selain itu terdapat juga beberapa penjual jajanan serta toilet dan tempat parkir. Sehingga tempat ini sekarang sudah menjelma menjadi tempat wisata. Tidak lagi sekedar spot fotografi pemandangan kota atau tempat singgah para pesepeda yang sering mengunjungi tempat yang berada di puncak bukit ini.

Lokasi dan Rute

Pemandangan dari Spot Riyadi, sumber ig birotapemsetdadiy
Pemandangan dari Spot Riyadi, sumber ig @birotapemsetdadiy

Spot wisata foto ini berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya di sebelah timur dan jauh dari pusat Kota Jogja. Meskipun begitu, tempat ini dikunjungi oleh banyak wisatawan meskipun berasal dari tempat yang jauh.

Saat ini, setelah semakin populer, tidak sulit untuk menemukan tempat ini. Sudah terdapat maps yang bisa menuntun langsung ke lokasi. Padahal sebelumnya tempat wisata ini hanyalah tempat di sebuah pelosok bukit yang masih jarang dikunjungi. Selain itu, yang memudahkan untuk menemukan lokasi ini oleh karena berada di sekitar spot wisata terkenal lainnya yaitu Candi Prambanan, Candi Plaosan, Candi Sojiwan dan Ratu Boko.

Untuk rute yang ditempuh jika berangkat dari Jogja adalah melalui rute Jogja-Solo ke arah timur, tepatnya ke arah Candi Prambanan. Jalan Jogja-Solo masih relatif aman untuk dilintasi, hanya terkadang sering ramai dalam waktu-waktu tertentu. Sesampainya di area Candi Prambanan, Anda akan menemukan pertigaan.

Dari pertigaan ini dilanjutkan ke arah selatan. Untuk memudahkan biasanya yang menjadi patokan adalah resort Abhayagiri. Saat sampai di kira-kira 2 km sebelum spot foto, kondisi jalan sudah agak berubah. Jalannya relatif menanjak dan sempit. Sehingga para wisatawan lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Namun lebar jalan cukup bisa untuk dilewati kendaraan roda empat.

Spot Foto Riyadi, sumber ig maswii23
Spot Foto Riyadi, sumber ig @maswii23

Jarak dari Kota Jogja menuju spot foto ini adalah 19 km. Perjalanan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 60 menit. Namun waktu lamanya perjalanan ini bisa relatif tergantung kondisi lalu lintas dan momennya. Saat momen liburan memang lalu lintas Yogyakarta akan semakin padat oleh karena banyaknya kendaraan wisata yang besar.

Informasi Tambahan

Uniknya, meskipun sudah terdapat berbagai instalasi seni, taman dan berbagai hal yang bisa dinikmati di tempat ini, pemilik tidak sama sekali menarik biaya untuk tiket kunjungan. Hanya sekedar biaya parkir yang relatif murah, mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Di tempat ini juga tersedia fasilitas seperti toilet dan spot foto serta tempat makan.

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, tempat ini cocok untuk menjadi spot pengambilan gambar pemandangan timur Kota Jogja. Selain itu tentu saja tempat ini juga bisa menjadi tempat selfi dengan berbagai ornamen yang telah dibuat.

Lokasi ini juga menjadi tempat istirahatnya para pesepeda setelah mendaki bukit menuju tempat ini. Jadi jika Anda hobi bersepeda, jalur menuju ke lokasi ini bisa menjadi tantangan tersendiri yang menarik untuk dicoba. Setelah melewati tantangan yang melelahkan, para pesepeda bisa kembali fresh dengan menyaksikan pemandangan yang tersaji.

Pemandangan dari spot foto Riyadi, sumber ig dini.natalia.14
Pemandangan dari spot foto Riyadi, sumber ig @dini.natalia.14

Tempat ini juga bisa dikunjungi kapan saja termasuk malam hari. Banyak pengunjung yang penasaran dengan warna-warni lampu Jogja di malam hari yang sengaja berkunjung. Menyaksikan sunset di sore hari juga sering menjadi alasan pengunjung ke tempat ini.

Nama : Spot Riyadi
Alamat : Jl. Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Peta: https://goo.gl/maps/SmQTiPefWjbbye667

Itu dia berbagai informasi terkait spot foto riyadi yang bisa dirangkum redaksi jogjacars.com. Semoga bisa berguna untuk Anda. Simak berbagai informasi wisata Jogja lainnya di halaman sewa mobil Jogja.

Tinggalkan Balasan