Keunikan Rumah Hobbit di Hutan Pinus Dlingo, Bantul

Yogyakarta adalah salah satu daerah istimewa yang ada di Indonesia dengan luas daerah tidak seluas Kalimantan ataupun pulau-pulau besar lainnya di Indonesia, tetapi Yogyakarta seolah tidak pernah kehabisan destinasi wisata baik alam maupun buatan mulai dari pegunungan, hutan pinus, dan pantai. Salah satu destinasi wisata yang sempat hitz di tahun 2017 adalah Rumah Hobbit atau sering disebut Seribu Batu Songgo Langit. Rumah Hobbit ini termasuk destinasi wisata di Yogyakarta yang unik selain Rumah Telettubies di daerah Yogyakarta lainnya. Rumah Hobbit ini berada di Jalan Pinus, Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan berdekatan dengan Hutan Pinus Mangunan.

Sampai saat ini Rumah Hobbit ini masih ramai dikunjungi oleh netizen untuk melihat keunikan tempat ini. Selain tarif masuknya cukup murah yaitu sekitar 2000 rupiah saja, pemandangan yang disajikan juga luar biasa memanjakan jiwa-jiwa yang ingin merasakan refreshing. Rumah Hobbit sendiri berada di kawasan hutan pinus, yang artinya tempatnya memang sudah sangat oke tanpa ditambah keunikan rumah-rumah yang dibangun. Samakin kece dengan pembangunan rumah-rumah kecil berasal dari semacam kayu-kayu yang membentuk rumah kecil di kisah-kisah dongeng. Keunikannya pun sudah mulai tampak ketika memasuki pintu masuk Rumah Hobbit.

Keunikan Rumah Hobbit di Hutan Pinus Dlingo, Bantul

Keunikan Rumah Hobbit di Hutan Pinus Dlingo, Bantul. Sumber: IG @ivansujatmiko

Kemudian ketika memasuki tempat wisata akan terlihat jembatan kayu yang indah dan seribu rumah dari tangkai kayu yang tersusun rapi dengan bentuk yang unik. Hampir di setiap sudut Rumah Hobbit ini memiliki spot enak untuk berfoto sepuasnya. Ketika akan menuju rumah-rumah kayu itupun akan melewati satu gapura yang berisi tulisan ‘Seribu Rumah Kayu di Negeri Dongeng’. Selain itu ada pula tempat duduk yang berbentuk seperti hewan besar dan sangat oke untuk menjadi spot berfoto. Maka, tidaklah heran jika banyak para wisatawan mengantri untuk berfoto di spot ini.

Baca juga :

Selain itu masih ada spot lainnya yang tidak kalah unik di tempat ini yaitu adanya satu kawasan taman bunga yang berisi bunga dengan mahkota berwarna warni. Di sini juga salah satu spot berfoto yang bagus. Uniknya di tempat inipun ada batu yang sangat besar dan disebut sebagai batu purbo songgo langit. Di sinipun diperbolehkan untuk berfoto dan menaiki batu besar ini. Pengelola tempat wisata telah menyiapkan tangga tanpa pagar untuk menaiki batu besar ini. Selain spot-spot unik tersebut, di sini juga ada wahana flying fox dengan tarif 15.000 rupiah. Bagi penulis, tempat ini sangat menarik. Di bagian bawah terdapat satu jembatan lainnya dengan nama Jembatan Jomblo untuk menuju ke Rumah Hobbit Mangunan. Setelah melewati jembatan ini, Anda bisa melihat dan berfoto di rumah kecil Hobbit. Dan bersabarlah, karena pasti mengantri jika sedang ramai.

Lokasi Rumah Hobbit sendiri berada di Jl. Hutan Pinus, Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Rute menuju rumah hobbit cukup mudah, dari kota Jogja menuju Jl. Imogiri Timur, sampai pasar Imogiri ada pertigaan ke kiri arah ke Makam Raja-raja Imogiri. Ada pertigaan ke kanan ke arah Mangunan, sampai pertigaan Mangunan ke kiri, ikuti jalan sampai menemukan petunjuk Rumah Hobbit di kanan jalan.

Nama : Rumah Hobbit Dlingo Yogyakarta
Alamat : Jl. Hutan Pinus, Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/FttvdqzLYor

Selain itu Anda juga bisa mendaki Puncak Seribu Batu Songgo Langit selama dua puluh menit untuk melihat keindahan alam di sana dalam tempat yang lebih tinggi. Di sana pemandangan sekitar hutan pinus bisa terlihat lebih jelas. Di tempat ini juga telah terdapat fasilitas umum yang cukup lengkap seperti mushola, toilet, tempat istirahat, dan lain sebagainya. Menarik bukan tempat wisata ini? Saran kami silakan ajak teman atau saudara Anda untuk berkunjung bersama. Dan jika artikel ini menarik, bisa Anda bagikan kepada mereka.

Leave a Reply

Required fields are marked*