Pantai Siung, sumber ig ojekwisata_jogja

Pantai Siung, Spot Climbing di Jogja yang Mendunia

Pantai Siung salah satu wisata alam di Jogja yang ramai dikunjungi. Pantai-pantai Jogja terkenal karena memiliki ciri khas tersendiri. Letaknya yang berada di pesisir selatan Indonesia menjadikan pantai ini eksotis namun cukup ekstrim. Inilah yang membuat para wisatawan penasaran.

Jogja kerap dikenal sebagai kota yang kental akan wisata budaya dan sejarah. Sebut saja Keraton dan Tamansari yang tak pernah sepi pengunjung. Padahal, kota Pelajar juga memiliki beberapa pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Pantai-pantai di Jogja tersebut menyuguhkan pemandangan khas yang indah dan eksotis.

Salah satunya adalah Pantai Siung di kawasan Gunungkidul. Pantai ini begitu spesial karena lanskap-nya yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Karena keunikan itulah pemerintah Jogja meresmikan Pantai Siung sebagai lokasi panjat tebing.

Daya Tarik Pantai Siung

Rock Climbing di Pantai Siung, sumber ig fauzianggaraa_
Rock Climbing di Pantai Siung, sumber ig @fauzianggaraa_

Perjalanan menuju pantai ini memang cukup menantang. Namun, rasa lelah sepanjang perjalanan akan terbayar dengan pesona yang ditawarkan Pantai Siung. Ini dia beberapa daya tarik Pantai Siung yang dapat Anda nikmati.

1. Lokasi Panjat Tebing Sejak Tahun 2005

Deretan batu karang raksasa ternyata tak hanya memberikan pemandangan unik, tetapi juga memiliki fungsi sebagai spot panjat tebing. Di tahun 1989, pencinta alam asal Jepang mengunjungi Pantai Siung. Mereka memanfaatkan batu-batu karang raksasa ini sebagai lokasi panjat tebing.

Hal tersebut akhirnya menginspirasi beberapa pihak untuk mengadakan kompetisi Asean Climbing Gathering pada tahun 1990-an. Sejak itulah popularitas panjat tebing Pantai Siung mulai meningkat dan dikenal para pencinta panjat tebing.

Kompetisi tersebut terus berlanjut dari tahun ke tahun. Pada tahun 2005, terdapat ajang Asean Climbing Gathering yang diikuti 250 partisipan dari 65 negara. Di tahun yang sama, pemerintah Yogyakarta juga menjadikan Pantai Siung sebagai lokasi resmi kegiatan panjat tebing.

Pantai Siung, sumber ig tutiksekarsari
Pantai Siung, sumber ig @tutiksekarsari

2. Batu Karang Raksasa

Selama di Pantai Siung, Anda akan melihat banyak batu karang raksasa tersebar di sebelah barat dan timur pantai. Selain menjadi ciri khas pantai, keberadaan batu karang ternyata membawa makna bagi asal-usul nama pantai ini.

Menurut tokoh setempat, bentuk batu karang raksasa tersebut menyerupai gigi kera atau siung wanara. Karena itulah, pantai disebut dengan Pantai Siung. Tak hanya itu, jika beruntung Anda bisa menemukan beberapa kera ekor panjang di sekitar pantai. Keberadaan kera-kera tersebut memang semakin langka. Mereka hanya akan muncul saat suasana sepi ataupun malam hari.

3. Kejayaan di Masa Lalu

Batu karang raksasa tersebut juga menjadi saksi kejayaan Pantai Siung di masa lalu. Saat era Walisongo masih berjaya di Jogja, pantai ini sempat menjadi salah satu pusat perdagangan di wilayah Gunungkidul.

Saat itu, sebagian besar warga Siung berprofesi sebagai petani garam. Mereka mengandalkan air laut dan kekayaan garam sebagai sumber penghidupan. Garam pun menjadi barang dagang utama di Pasar Winangun yang berlokasi di dekat pantai.

Kondisi perdagangan di pantai ini mulai sepi ketika Pasar Winangun dipindahkan ke Kota Jogja. Saat ini, pasar lebih dikenal dengan nama Pasar Jowinangun yang merupakan singkatan dari Jobo Winangun atau yang berarti di luar wilayah Winangun.

Meski tak lagi menjadi pusat perdagangan di Gunungkidul, eksotisme pantai ini tetap menjadi daya tarik wisatawan. Keberadaan batuan karang raksasa pun memberi nilai tambah pantai, terlebih saat batuan karang terhantam oleh ombak besar. Pesona tersebut tentu dapat menjadi objek foto yang amat menarik.

Pantai Siung, sumber ig gunungkidulmoment
Pantai Siung, sumber ig @gunungkidulmoment

Aktivitas Seru

Selain keunikan dan daya tarik yang disuguhkan, pantai indah ini juga menawarkan beragam aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa aktivitas seru tersebut.

1. Panjat Tebing

Di Jogja, popularitas Pantai Siung mungkin belum sebesar Pantai Parangtritis. Namun, di kalangan para pencinta panjat tebingi, Pantai Siung sudah menjadi salah satu spot yang wajib ditaklukkan. Memiliki sekitar 250 spot panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, Pantai Siung pun berhasil mendapat penghargaan “The Best Climbing Rocks Site in Yogyakarta”.

Zona panjat tebing dibagi menjadi beberapa blok, mulai dari blok A hingga blok K. Tingkat kesulitannya bervariasi, ada yang khusus pemula maupun pemanjat profesional. Zona Kuda Laut dan Pancaran Siung merupakan favorit para pemanjat dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Selagi memanjat, Anda juga akan merasakan sensasi deburan ombak yang memecah bebatuan karang.

2. Jalan-jalan di Bukit

Di sebelah timur pantai ini, terdapat sebuah hamparan rumput hijau bernama Bukit Pengilon. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Siung dari ketinggian. Anda bahkan dapat menyaksikan gugusan pantai lain yang berada di kawasan Gunungkidul, seperti Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung.

Cobalah untuk datang di pagi hari untuk menyaksikan panorama matahari terbit yang sangat indah. Agar tidak ketinggalan momen tersebut, Anda bisa menghabiskan waktu berkemah di pantai ataupun area Bukit Pengilon.

3. Berkemah

Pantai Siung, sumber ig ojekwisata_jogja
Pantai Siung, sumber ig @ojekwisata_jogja

Bagi para pemannjat, pagi dan sore hari adalah waktu terbaik untuk melakukan panjat tebing. Karenanya, banyak di antara mereka memilih untuk menginap di Pantai ini. Mereka akan mendirikan tenda di area kemah yang berada di balik batuan karang raksasa.

Meski begitu, aktivitas kemah tetap bisa dilakukan oleh siapapun. Bagi yang tidak membawa tenda sendiri, Anda bisa menggunakan rumah panggung kayu yang terletak di dekat area kemah. Cukup sewa dari warga setempat, Anda sudah bisa memanfaatkan rumah panggung sebagai base camp atau tempat menginap.

4. Hammocking

Kalau berkunjung ke pantai ini, jangan lupa membawa hammock. Tak melulu di antara dahan pohon, di sini Anda bisa memasang hammock di antara tebing atau bebatuan karang raksasa. Dengan begitu, sensasi yang Anda dapat pun akan berbeda.

Selagi berbaring di atas hammock, Anda bisa menunggu giliran panjat tebing atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai. Jangan lupa gunakan kacamata hitam agar aktivitas bersantai Anda tidak terganggu sinar matahari.

Nama : Pantai Siung
Alamat : Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55881
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/Yue3EbHwv9WzrDc38

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Siung dengan pesona indah dan daya tariknya menjadi salah satu objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Semoga informasi ini bermanfaat. Simak juga ulasan menarik wisata Jogja lainnya di jogjacars.com.

Tinggalkan Balasan