Pantai Jogan Jogja, sumber ig bingah_inawati

Pantai Jogan Jogja Yang Eksotis Dan Berbeda Dari Yang Lain

Kabupaten Gunung Kidul, Jogja, memiliki sederetan pantai-pantai eksotis yang bisa dikunjungi. Pantai Jogan Jogja salah satunya. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Meskipun terbilang masih kurang pengunjung, namun keberadaannya sebagai salah satu pantai di Kabupaten Gunung Kidul tetap menjadikan Pantai Jogan Jogja pilihan. Meskipun begitu, pantai-pantai lainnya di Kabupaten Gunung Kidul tidak kalah unik dan eksotis. Pantai-pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia di daerah selatan Jogja. Anda bisa menelusuri pantai-pantai eksotis ini dengan menggunakan jasa sewa mobil Jogja yang melayani perjalanan kunjungan wisata ke berbagai tempat wisata di Jogja. Berikut ini, simak ulasan mengenai Pantai Jogan Jogja.

Pantai Jogan Jogja, sumber ig berandajogja

Pantai Jogan Jogja, sumber ig @berandajogja

Pantai Jogan Jogja

Pantai Jogan Jogja memiliki keunikan yang langka. Bahkan dibandingkan dengan pantai-pantai di Indonesia. Pantai ini bermuara pada tebing yang menjadikan bibir pantainya selayaknya air terjun. Keunikan ini bisa jadi hanya ditemukan di beberapa tempat saja di dunia. Dilihat dari namanya, pantai ini diberi nama “Jogan” yang berasal dari bahasa penduduk setempat yang berarti lantai. Karena memang faktanya, Pantai Jogan Jogja adalah muara dari air yang terjun dari “lantai” atas atau tebing sehingga penampakannya khas. Pada saat musim kemarau, aliran air dari “lantai” atas pantai cenderung tidak deras. Namun ketika musim hujan, air terjun mengalir dengan arus yang deras sehingga memperlihatkan pemandangan yang bagus dari ketinggian air terjunnya.

Lokasi dan Rute

Pantai Jogan berada diantara pantai-pantai terkenal lainnya di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Jogan berada di Jalan Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju ke Pantai ini memakan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam dar Kota Jogja. Untuk menuju ke Pantai Jogan, Anda bisa mengarah ke Kota Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung Kidul. Sebelum Kantor Polres, Anda bisa mengikuti petunjung yang mengarahkan ke Pantai Siung, Pantai Nglambor dan Pantai Jogan. Ketika Anda berada di Pantai Jogan Jogja, Anda bisa dengan mudah mengunjungi Pantai Siung dan Pantai Nglambor.

Fasilitas

Pantai Jogan Jogja sebenarnya hampir sebagai peralihan pantai-pantai lainnya. Sehingga untuk menikmati pantai ini Anda bisa memakai fasilitas yang terdapat di Pantai Siung. Fasilitasnya antara lain:

  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Kamar Mandi
  • Tempat Makan
  • Fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, Pantai Jogan juga Pantai Siung dan Pantai Nglambor dikelola menjadi satu sehingga Anda bisa membayar retribusi sebesar Rp. 10.000 untuk menikmati ketiganya sekaligus. Selain itu biaya yang perlu Anda keluarkan adalah parkir mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 20.000.

Saran Tambahan

Menikmati Pantai Jogan Jogja memang bisa menjadi pengalaman yang jarang dirasakan. Karena keberadaan pantai ini yang memang unik. Tetapi kondisi pantai yang memang tidak begitu leluasa untuk bermain-main karena bibir pantainya merupakan air terjun menjadikan Pantai Jogan Jogja bisa dinikmati dengan aktivitas yang terbatas. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah canyoning. Yaitu menyusuri air terjun dari atas dimana ketinggiannya hingga 10 meter sampai ke bawah dengan menggunakan seperangkat alat pengaman tentunya. Kondisi bebatuan di sekitar pantai juga relatif licin sehingga juga memerlukan alas kaki khusus. Selebihnya, Anda bisa menjadikan Pantai Jogan Jogja sebagai spot foto yang unik tentunya.

Pantai Jogan Jogja, sumber ig bingah_inawati

Pantai Jogan Jogja, sumber ig @bingah_inawati

Selain itu, Anda juga bisa menikmati Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Yang paling unik tentu saja Pantai Nglambor. Pantai Nglambor diapit oleh bukit karang sehingga menahan gempuran ombak besar dari Samudera Hindia. Sehingga kondisi pantai relatif tenang arusnya dan bisa dimanfaatk untuk snorkeling melihat terumbu karang di sekitar pantai ini. Sedangkan di Pantai Siung Anda bisa menikmati tebing-tebing di sekitarnya yang berlatar Samudera Hindia dan memandangi keindahan alam di sekitar ketiga pantai ini. Tentu saja di sini juga bisa dijadikan spot foto yang bagus.

Nama : Pantai Jogan Jogja Alamat : Jalan Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881 Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/NHWHg6duB1n

Demikian ulasan terkait informasi Pantai Jogan Jogja untuk Anda. Semoga informasi ini bisa menghibur dan menjadi tambahan koleksi informasi wisata Jogja untuk Anda. Simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips wisata Jogja di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda.

Tinggalkan Balasan