Pantai Depok Jogja, sumber ig dts_tinjung

Wisata di Pantai Depok Jogja Yang Patut Dicoba

Bagi sebagian wisatawan pasti sudah tahu tentang keindahan Pantai Depok. Pantai yang saat ini menjadi tujuan pariwisata setelah Pantai Parangtritis ini memang memiliki pesona yang luar biasa. Objek wisata Pantai Depok Jogja memang memiliki ciri khas yang sangat mencolok dengan hadirnya pasar pelelangan ikan yang menjadi alasan bagi wisatawan berkunjung ke pantai ini.

Perlu diakui bila pasar pelelangan ikan ini memang menjadi daya tarik lantaran ikan-ikan yang ada tersebut fresh. Para nelayan selalu membawa ikan-ikan hasil tangkapannya ke tempat ini. Apalagi pasar pelelangan ikan di pantai ini menjadi yang paling ramah di antara pasar pelelangan ikan di kawasan lain.

Selain pasar pelelangan ikan, pantai ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga bisa digunakan sebagai sarana menyatukan keluarga yang mungkin kurang harmonis karena sibuk bekerja. 

Mengenal Pantai Depok

Berfoto di Spot Cemara Jl. Pantai Depok, sumber ig jogjaonline.id
Berfoto di Spot Cemara Jl. Pantai Depok, sumber ig @jogjaonline.id

Kawasan Pantai Depok merupakan kawasan nelayan yang hampir setiap pagi datang dengan membawa ikan yang banyak. Sejarah pantai depok mencatat dahulu, ada nelayan yang berasal dari cilacap menangkap ikan sampai di kawasan ini. ternyata, ada sebuah tempat dimana, mereka mampu menghasilkan tangkapan yang luar biasa.

Hingga akhirnya, warga di sekitaran Pantai Depok mengalihkan mata pencaharian mereka menjadi nelayan. Berdirinya tempat pelelangan ikan memang bertujuan agar banyak orang yang datang menikamti santapan kuliner seafood. Oleh karena itu, tempat pelelangan ikan di pantai ini begitu diperhatikan dengan sangat baik. 

Objek Wisata di Pantai Depok

Walaupun Pantai Depok masih memiliki pasir hitam, pantai ini seringkali dianggap sebagai pantai yang masih perawan karena dianggap jarang terjamah oleh pengunjung. Pantai juga masih belum terlalu terekspose banyak orang, berbeda dengan pantai yang terletak di Gunung kidul yang mayoritas memang sudah difokuskan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

Berbeda dengan Pantai Depok, yang masih sangat minim digunakan untuk usaha warga setempatnya. Namun justru hal itu yang membuat pantai ini masih menjadi destinasi yang wajib dikunjungi karena pantainya yang masih asri dan layak digunakan untuk tempat berwisata bersama kerabat maupun keluarga.

Pantai Depok, sumber ig enno_rosyati
Cemara di Pantai Depok, sumber ig @enno_rosyati

Di pantai ini juga dilengkapi dengan Life Guard dari tugas keamanan pantai agar keamanan dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga. Bagi wisatawan yang gemar traveling diwajibkan untuk mengunjungi pantai ini karena memiliki tempat wisata yang dapat dikunjungi dan sajian kulinernya yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa destinasi wisata tersebut. 

1. Pantai Parangtritis

Pantai ini disebut-sebut sebagai saudara seibu dari Pantai Depok. Pantai berpasir hitam ini terletak bersebelahan dengan Pantai Depok. Selain terletak di satu kawasan, pantai ini juga menjadi ikon wisata kota Jogja sampai saat ini.

2. Pantai Goa Cemara

Selain Pantai Parangtritis, Pantai Goa Cemara juga dapat dipilih sebagai destinasi baru saat berkunjung ke Jogja. Pantai ini memiliki pasir hitam seperti Pantai Depok dan Parangtritis, dan yang lebih indah lagi pintu masuk kawasan pantai ini penuh dengan pepohonan seperti pohon cemara di kanan kiri jalan sehingga bisa digunakan untuk spot foto yang cantik.

3. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir adalah kawasan segunduk pasir yang berdekatan dengan Pantai Goa Cemara. Tempat ini juga sangat fenomenal di kalangan anak muda jaman sekarang yang biasanya digunakan untuk berfoto. Di tempat ini para pengunjung biasanya memanfaatkan untuk bermain sand boarding dimana papan seluncurnya bisa menyewa di tempat ini.

Pantai Depok, sumber ig gayuhedi
Pantai Depok, sumber ig @gayuhedi

Selain itu, gumuk pasir juga memiliki beberapa spot untuk berfoto seperti ayunan dari kayu dan semacam lifeguard dari kayu juga yang dapat digunakan pengunjung berfoto di atas.

4. Landasan Pacu Pesawat

Walaupun hanya sebuah landasan pacu pesawat, tempat ini juga seringkali diincar oleh para pengunjung untuk sekedar berfoto atau bermain sepeda. Hamparan tempat dengan aspal yang luas, biasanya pengunjung memanfaatkan untuk berburu siluet di kawasan ini.

5. Kuliner

Bukan hanya memberikan suguhan keindahan pantai yang masih perawan di Pantai Depok dan berbagai spot dalam destinasi wisata lainnya di kawasan ini, Pantai Depok juga memiliki pasar ikan yang menjual berbagai hasil tangkapan laut seperti kepiting, cumi, ataupun udang. Harga yang ditawarkan pun terbilang lebih murah dibanding jika membelinya di pasar.

Beberapa wisatawan yang datang ke Pantai Depok, selain untuk mencari keindahan alamnya, mereka juga ingin berburu ikan segar, es kelapa muda, sambil dimanjakan dengan deru ombak di depan mata.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi pantai ini terletak di Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta sekaligus berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Untuk menempuh ke pantai ini, Anda cukup mengendarai kendaraan selama 45 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Rute yang dapat ditempuh antara lain melewati Jalan Mataram – Jalan Mayor Suryotom – Jalan Brigadir Jenderal Katamso – Jalan Parangtritis – ambil ke arah Jalan Pantai Depok.

Pantai Depok Jogja, sumber ig dts_tinjung
Pantai Depok Jogja, sumber ig @dts_tinjung

Ikuti saja rute yang sudah dijelaskan di papan jalan, karena rute untuk menuju pantai ini merupakan rute yang sangat mudah ditemukan dan mudah ditempuh, berbeda dengan rute menuju ke Pantai Gunungkidul yang bisa melalui berbagai alternatif jalan dan tentunya sedikit membingungkan bagi wisawatan yang baru pertama kali mengunjungi pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi ke area pantai ini tidak perlu takut untuk menghabiskan uang, karena untuk masuk kawasan ini hanya merogoh kocek 10 ribu saja setiap orang. Tiket ini sudah termasuk akses ke berbagai pantai dan kawasan wisata lainnya di area ini. Sedangkan, untuk parkir dikenakan biaya 2 ribu untuk roda dua, dan 5 ribu untuk roda empat. 

Nama : Pantai Depok
Alamat : Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/zgqwmrv7xesBcrTk8

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Depok Jogja. Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Pelajar ini, jangan lupa untuk meluangkan waktu berkunjung ke Pantai Depok di selatan kota Jogja. Semoga informasi ini bermanfaat. Simak ulasan terkait Pantai Cemara Sewu Jogja di halaman jogjacars.com.

Tinggalkan Balasan