Sate Klathak Khas Jogja, sumber ig jogjaculinary

Inilah Makanan Khas Jogjakarta Yang Patut Untuk Anda Coba

Berwisata di Jogjakarta tidak hanya kegiatan jalan-jalan saja. Banyak hal yang bisa dinikmati dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Seperti berfoto ria mengabadikan momen dengan latar daerah Jogjakarta. Ternyata banyak spot foto yang disediakan oleh obyek-obyek wisata di Jogjakarta dan sekitarnya. Selain itu Anda juga bisa mencicipi dan menikmati kuliner-kuliner khas Jogjakarta yang ternyata banyak jenis-jenisnya. Jogjakarta memang terkenal dengan budayanya yang kental dan tidak begitu terpengaruh dengan modernitas. Karenanya banyak makanan khas Jogjakarta yang dijajakan dan bisa dinikmati sembari berjalan-jalan di Jogjakarta.

Wisata kuliner selalu menjadi bagian penting jika melakukan wisata atau liburan ke suatu tempat. di setiap daerah mempunyai ciri khas makanan masing-masing. Termasuk Jogjakarta. Jika Anda berkunjung atau jalan-jalan ke Jogjakarta bersama rental mobil Jogja jangan lupa untuk berwisata kuliner dengan mencicipi makanan-makanan khas berikut ini.

Makanan-makanan khas Jogjakarta

Jogjakarta bukan hanya surganya obyek wisata alam dan wisata belanja. Jogjakarta juga terkenal dengan sajian makanan khas Jogjakarta yang beraneka macam dan tersebar di seluruh daerah Jogjakarta. Selain itu untuk satu macam sajian khas, terbanyak banyak pilihan dengan berbagai macam merk seperti gudeg. Penjual gudeg di Jogjakarta sangat banyak dan setiap penjual memiliki cita rasanya dan ciri khasnya masing-masing. Nah, apalagi sajian khas Jogjakarta yang bisa dinikmati? Simak informasinya berikut ini.

1. Gudeg

Makanan khas Jogjakarta berbahan dasar nangka ini menjadi ikon kuliner khas Jogjakarta. Ras asli dari gudeg ini sebenarnya manis dan rasa ini lah yang menjadi masalah karena kurang cocok dengan lidah orang luar jawa atau para pelancong. Tetapi, rasa manis gudeg ini akan menjadi nikmat luar biasa jika dimakan bersama dengan nasi pulen, kuah opor sambal goreng krecek serta beberapa teman lauk lainnya.

Gudeg Makanan Khas Jogja, sumber ig jogjafoodhunter

Gudeg Makanan Khas Jogja, sumber ig @jogjafoodhunter

Gudeg ini dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu, gudeg kering dan gudeg basah. Perbedaan dua gudeg ini ada pada kekentalan santan. Santan pada gudeg kering akan lebih kental ketimbang santan Gudeg basah.

2. Bakmi Jawa

Salah satu makanan yang wajib dicicipi ketika pergi ke Jogjakarta adalah bakmi. Bakmi sendiri merupakan makanan dengan sajian mie. Bakmi ini disajikan bersama ayam atau daging serta sayur-sayuran lainnya. bakmi bisa dimakan kuah atau kering tergantung selera. Zaman dahulu, bakmi ini dibawa oleh para pedagang-pedagang asal Tiongkok lalu selanjutnya bakmi beradaptasi dengan rempah-rempah yang ada di Indonesia. Biasanya bakmi ini dibandrol dengan harga Rp.15.000-an.

3. Sate Klathak

Sate Klathak merupakan sate berbahan utama daging kambing yang diberi bumbu sederhana berupa garam, ditusuk menggunakan besi kemudian dibakar diatas arang. Dari tusukan besi inilah yang membuat sate Klathak menjadi unik juga khas. Dengan menggunakan besi ini juga daging sate Klathak bisa matang merata, sate ini biasanya juga disajikan dengan kuah gule.

4. Kopi Joss

Kopi Joss merupakan sajian kopi hitam yang diseduh dengan air yang mendidih, dicampur dengan gula serta yang unik adalah kopi ini ditambah dengan arang panas. Kenapa dinamakan kopi joss? Ini dikarenakan ketika arang panas dimasukkan kedalam gelas berisi kopi akan menciptakan suara joss, dan dipercaya kopi ini dapat menghilangkan sakit perut.

Sego Kucing Makanan Khas Jogja, sumber ig jogjaku

Sego Kucing Makanan Khas Jogja, sumber ig @jogjaku

5. Sego Kucing

Sego kucing alias nasi kucing ini merupakan sajian makanan berupa nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan ikan teri, tempe dan sambal di bagian atasnya. Kenapa disebut sego kucing? Ini karena nasi ini mempunyai porsi yang kecil dan sedikit seperti porsi kucing. Sego kucing ini adalah makanan utama di tempat-tempat angkringan. Makanan ini juga menjadi pilihan bagi para mahasiswa Jogjakarta untuk menghemat uang mereka yang pas-pasan. Untuk mendapat seporsi sego kucing ini biasanya dipatok sekitar harga Rp 2000 sampai Rp 3000, sangat murah bukan.

Demikian beberapa sajian makanan khas Jogjakarta yang bisa Anda nikmati sembari berwisata di Jogjakarta. Masih banyak sajian lainnya yang bisa Anda jumpai. Kuncinya adalah, semakin ramai pengunjung suatu tempat makan, dipastikan sajian tersebut oke punya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menyimak terus ulasan tentang tips dan informasi wisata Jogjakarta di halaman jogjacars.com. Selamat berwisata!

Tinggalkan Balasan