Keindahan Puncak Dipowono, Kulon Progo

Keindahan Puncak Dipowono, Kulon Progo

Kulon Progo akhir-akhir ini semakin menjadi sorotan dikarenakan rencana pembangunan bkamura internasional. Selain karena pembangunan bkamura baru ini, salah satu hal yang cukup menyita perhatian adalah adanya semangat pembangunan tempat wisata di daerah ini. Salah satu tempat yang cukup terbilang baru sebagai tempat wisata namun telah menjadi tempat wisata hits di daerah Kulon Progo adalah Puncak Dipowono. Tempat wisata ini memberikan keindahan yang senada dengan wisata Puncak Kalibiru. Puncak Dipowono berada di Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi ini berada diketinggian mencapai 700Mdpl yang dekat dengan destinasi wisata Bukit Kalibiru Kulon Progo.

Bedanya dengan Kalibiru, letak Dipowono ini jauh lebih tinggi dibandingkan Kalibiru. Namun, untuk masalah keindahan pemkamungan yang disajikan di tempat wisata ini sama indahnya dengan Kalibiru. Puncak Dipowono merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola oleh Kelompok Wisata Terpadu Kemasyarakatan Sido Akur bersama dengan masyarakat. Sekalipun baru diresmikan sejak 2015 lalu, tempat ini telah memiliki fasilitas cukup lengkap untuk dikunjungi. Di sana telah ada masjid, toilet, tempat makan, juka gazebo untuk beristirahat. Selain itu juga terdapat semacam gardu yang dapat digunakan untuk berfoto dan menikmati keindahan pemkamungan di sana.

Keindahan Puncak Dipowono, Kulon Progo

Keindahan Puncak Dipowono, Kulon Progo. Sumber: IG @chandyoga_

Pemandangan yang bisa dilihat di sana diantaranya keindahan Waduk Sermo, pemkamungan berbagai daerah di Kulon Progo, serta keindahan hutan pinus, jati, dan lainnya. Hal menakjubkan lainnya yang bisa dilihat adalah keindahan sunrise sekaligus sunset, pemkamungan alam menakjubkan yang Pencipta berikan kepada kita. Dan melalui Puncak Dipowono ini bisa terlihat semakin indah. Di Puncak Dipowono ini pula kamu bisa meminta izin untuk berkemah di sana untuk merasakan suasana pegunungan sekaligus bisa memburu keindahan sunrise di sana.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Puncak Dipowono tanpa menginap akan dikenakan biaya sekitar Rp 12.000,00 setiap orang. Namun, jika berkeinginan untuk melakukan camping ground di sana maka perlu meminta izin kepada pengelola. Sedangkan untuk rute untuk ke sana yang perlu diperhatikan adalah jalanannya cukup berkelok kelok. Sekalipun sudah beraspal namun jalanan yang ada cukup sempit jika dilalui oleh kendaraan roda empat, jikapun bisa dilewati hanya bisa dilewati oleh satu mobil saja, dan sangat susah jika berpapasan dengan kendaraan roda empat lainnya.

Nama : Puncak Dipowono
Alamat: Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Gmaps : https://goo.gl/maps/oQxGbhLMLsE2

Sedangkan untuk rutenya terbilang cukup mudah apalagi jika kamu memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Jika dari Yogyakarta, kamu tinggal menggunakan jalur Yogyakarta-Wates. Ketika menuju daerah Wates, maka kamu akan bertemu dengan patung kuda di persimpangan jalan, maka terus berjalan menuju ke alun alun kota Wates sesuai dengan petunjuk plang yang ada. Setelah itu pergi menuju ke daerah ke Waduk Sermo sesuai dengan plang jalan. Setelah itu menuju ke rute yang mengarahkan pada wisata Kalibiru, di sana akan ada pertigaan yang mengarah ke Kalibiru dan arah lain yang menuju ke Puncak Dipowono. Akan lebih mudah lagi jika Kamu menuju ke sana menggunakan Gmaps atau pergi bersama dengan orang yang paham dengan jalanan menuju tempat wisata.

Sekian ulasan singkat kami mengenai Puncak Dipowono, jika kamu masih merasa membutuhkan liburan lebih, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata lainnya di Kulon Progo seperti ke Jembatan Api-Api atau Pantai Glagah Indah ataupun daerah lain di Yogyakarta. Jika kamu membutuhkan mobil sewaan, kamupun bisa menghubungi kami.

Leave a Reply

Required fields are marked*