Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo, Menikmati Indahnya Jogja dari Ketinggian

Yogyakarta merupakan Kota Istimewa. Banyak sekali tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang memesona dan menarik perhatian. Salah satunya yaitu Kebun Teh Nglinggo yang terletak di daerah Kulon Progo. Kebun teh Nglinggo merupakan kebun teh yang sudah ada sejak belasan tahun lalu.

Karena telah ada sejak belasan tahun lalu, wisata kebun teh Nglinggo menyebar hingga wisata offroad, fasilitas homestay, gardu pandang, dan mungkin kedepan akan ada maklon teh herbal.

Lokasi Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo

Berlokasi di kawasan Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. kebun teh ini berada di kawasan bukit menorah, tak heran bila udaranya begitu sejuk serasa di perbukitan membuat para pengunjung datang jauh-jauh dari pelosok negeri.

Gambar Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo, Sumber: https://www.dlhk.jogjaprov.go.id
Gambar Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo, Sumber: https://www.dlhk.jogjaprov.go.id

Kebun teh Nglinggo terletah di pelosok desa, cukup jauh dari pusat kota. Meski tidak terlalu dekat dengan kota, kebun teh ini memiliki akses jalan yang cukup baik sehingga tidak sulit dijangkau, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Disekitar kebun teh Nglinggo ada banyak gardu pandang, sebuah bangunan mirip gazebo yang terletak diatas pohon. Pembuatan gardu pandang ini diduga didesain pula oleh jasa pembuatan gazebo.

Rute Menuju Kebun Teh

Rute yang ditempuh untuk sampai di kebun teh Nglinggo tidaklah sulit. Dengan memakan waktu kira-kira 70 menit dari pusat kota, Anda dipastikan sudah tiba di tujuan, dengan jarak dari pusat kota menuju tujuan yaitu 35 kilometer.

Untuk memudahkan, titik awal perjalanan yaitu kilometer 0 kota Jogja, lalu pergi ke arah barat, tepatnya jalan KH Ahmad Dahlan, kemudian lurus terus hingga jalan Wates.

Setelah bertemu perempatan silakan mengambil arah barat menuju jalan Ringroad barat, kemudian lurus terus sampai bertemu perempatan, lalu belok utara menuju jalan Gedongan – Tempel.

Lanjutkan jalan lurus hingga bertemu pertigaan, lalu menuju arah barat, jalan Daratan 3. Sampai di pertigaan kembali ambil arah barat, lalu lurus terus sampai bertemu pertigaan, kemudian menuju arah selatan, jalan Kebon Agung, sampai bertemu pertigaan.

Di pertigaan, ke arah barat menuju jalan Raya Banjararum, lalu lurus terus sampai bertemu jalan Samigaluh Loano. Di pertigaan berikutnya ke arah barat menuju Jalan Nglinggo Barat, kemudian ikuti jalan utama hingga bertemu Kebun Teh Nginggo Kulon Progo.

Tiket Masuk Kebun Teh

Di kebun teh Nglinggo akan banyak ditemui pemandangan yang menyegarkan mata, serta menjernihkan pikiran. Cukup dengan membayar Rp 5000,- per orang, Anda sudah dapat bertamasya menikmati Teh segar langsung dari pucuknya bersama keluarga tercinta.

Untuk biaya parkir kendaraan, cukup dengan 2000 rupiah kendaraan motor, dan 5000 rupiah untuk mobil, Anda sudah dapat parkir kendaraan dengan puas kapan saja dimana saja tanpa khawatir akan kehilangan barang kesayangan Anda.

Fasilitas Yang Tersedia

Guna menjadikan para pengunjung merasa nyaman dan tentram, ada berbagai fasilitas yang disediakan pihak kebun teh Nglinggo, diantaranya ada falisitas utama juga beberapa fasilitas pelengkap;

Gambar Gardu Pandang menjadi fasilitas di Kebun Teh Nglinggo, Sumber: www.dakatour.com
Gambar Gardu Pandang menjadi fasilitas di Kebun Teh Nglinggo, Sumber: www.dakatour.com
  • Homestay yang tersedia disekitar area wisata, yang didalamnya termasuk tempat tidur yang nyaman, toilet yang bersih dan higienis, serta spot pemandangan menarik yang memanjakan mata.
  • Gardu pandang yang memiliki bentuk yang khas, ditempatkan diatas pohon sebagai tempat beristirahat para pengunjung ketika menikmati indahnya pemandangan alam dari atas pohon.
  • Warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau. Juga tersedia berbagai minuman hangat yang cocok ditempat dingin.
  • Mushola yang digunakan untuk menunaikan kewajiban pengunjung beragama islam.
  • Toilet yang bersih serta nyaman untuk para pengunjung gunakan.
  • Lahan parkir yang cukup luas untuk menampung banyak kendaraan.

Baca Juga: Wisata Religi di Masjid Gedhe Kauman Jogja

Berbagai Keindahan dan Pesona Alam Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Perkebunan teh Nglinggo terletak diatas ketinggian 800 mdpl serta berada di Pegunungan Menoreh, mencakup kawasan Jogja dan juga Jawa Tengah. Ini merupakan kebun teh satu-satunya yang ada di bukit ini. Tak heran banyak pengunjung yang berasal dari berbagai mancanegara jauh-jauh hanya ingin menikmati pemandangan disini.

Ada berbagai jenis sayur seperti kembang kol, wortel, kubis, kentang dan masih banyak sayur mayur milik warga yang ditanam disekeliling kebun teh Nglinggo ini. Karena itu pula kebun teh Nglinggo menjadi unik serta kaya akan pesona alamnya.

Melihat Pesona Alam di Gardu Pandang

Di kawasan wisata kebun teh nglinggo terdapat gardu pandang atau biasa disebut dengan rumah pohon. Dengan duduk santai di gardu pandang, pengunjung bisa sekaligus menikmati pemandangan alam yang terbilang sangat memesona. Sembari menyeruput teh khas kebun nglinggo menjadikan suasana sempurna.

Offroad bersama Keluarga

Selain menikmati pemandangan melalui gardu pandang, Anda dapat mencoba sensasi offroad menggunakan mobil jeep bersama keluarga. Ada tiga rute yang tersedia, rute pertama dengan lintasan yang cukup pendek, dengan jarak tempuh kira-kira 2 jam perjalanan, rute kedua dengan waktu tempuh 4 jam perjalanan, serta rute ketiga atau rute yang paling sensasional yang memiliki panjang lintasan dengan durasi 6 jam perjalanan.

Pemandangan dari Puncak Suroloyo

Banyak sekali tempat wisata di Yogyakarta yang memesona dan menarik perhatian. Salah satunya yaitu Kebun Teh Nglinggo yang terletak di daerah Kulon Progo.
Gambar Pemandangan dari Puncak, Sumber: https://jogja.tribunnews.com

Selain gardu pandang dan offroad, Anda beserta keluarga dapat menikmati pemandangan panorama alam dari Puncak Suroloyo. Untuk sampai ke puncak, pengunjung harus melewati jalan yang penuh liku terlebih dahulu. Pasalnya anak tangga yang akan dilalui terbuat dari bambu yang sudah cukup usang.

Ketika mencapai puncak, akan terlihat jelas perkebunan teh yang terhampar subur yang dikelilingi oleh perkebunan warga yang beraneka ragam tanamannya. Anda dapat mengelilingi kebun tersbut selama tidak merusaknya.

Itulah ulasan singkat mengenai Kebun Teh Nglinggo yang bisa kami sampaikan. Destinasi wisata tersebut dapat menjadi list kunjungan Anda saat berlibur ke Jogja. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang pantai Indrayanti di Jogja. Semoga liburan Anda menyenangkan dan kami tunggu kedatangan Anda ke Jogja.

Tinggalkan Balasan