Inilah Kampung Batik Jogja Yang Unik dan Menarik Untuk Dikunjungi

Salah satu oleh-oleh wajib di Jogja selain gudeg, oblong, aksesoris dan lainnya adalah batik.  Banyak sekali produk batik mulai dari yang besar seperti busana adat hingga aksesoris yang bermotif batik pun ada dan bisa dengan mudah didapatkan. Biasanya para wisatawan selalu menuju malioboro untuk berburu oleh-oleh batiknya. Namun, tahukah Anda, bahwa untuk berburu oleh-oleh batik di Jogja,  bukan hanya pasar dan pusat perbelanjaannya saja, Anda juga bisa mendapatkan batik dari lokasi produksinya langsung yaitu kampung batik Jogja.

Selain terdapat beberapa kampung wisata atau desa wisata, di Jogja juga terdapat kampung batik. Salah satunya adalah Kampung Batik Giriloyo. Nama kampung batik Giriloyo didapat dari kelurahan lama di Giriloyo serta daerah ini merupakan sentra pengrajin batik. Bagaimana informasi selengkapnya, berikut ini review tentang Kampung Batik Giriloyo, Jogjakarta yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Kampung Batik Giriloyo

Kampung batik ini sudah dikenal sejak awal abad ke 17 masehi atau sekitar di tahun 1700 dan dilakukan secara turun menurun sampai sekarang. Tapi, kegiatan tersebut sempat terhenti di tahun 2006 pasca gempa. Semua jenis kegiatan ekonomi di desa ini mati total dan bahkan terancam bangkrut. Lalu kemudian setelah keadaan membaik masyarakat ramai-ramai membangun kembali desa ini sampai membuat tempat paguyuban batik yang difungsikan sebagai workshop dan galeri batik.

Kampung Batik Giriloyo, sumber ig engrasia

Kampung Batik Giriloyo, sumber ig @engrasia

1. Jenis Batik Yang Ada di Kampung Batik Giriloyo

Jenis batik yang diproduksi di Kampung Batik ini adalah batik tulis. Mayoritas warganya lebih sering membuat batik tulis ketimbang batik cap, kalaupun ada sangat sedikit yang memproduksinya, hanya sekitar 5 % saja dari keseluruhan dan biasanya diproduksi karena pesanan saja. Dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan saja Kampung Batik ini bisa memproduksi batik tulis hingga mencapai 100 buah.

2. Proses Pemasaran Batik Tulis Kampung Giriloyo

Dalam proses pemasarannya, kampung batik Giriloyo ini melakukan 2 cara pemasaran, yaitu Konvensional dan Online. Penjualan konvensional  ini dilakukan saat para pembeli datang sendiri ke Gazebo atau melalui kerjasama dengan para penjual-penjual batik di sana. Lalu juga melalui pemasaran melalui media online, biasanya orang Kampung batik Giriloyo ini memasarkan batik tulis produksi mereka melalui website, Instagram dan berbagai sosial media lainnya.

3. Harga Batik Tulis di Kampung Batik Giriloyo

Untuk bisa mendapat satu batik tulis dari kampung batik Giriloyo ini mulai kisaran harga Rp. 500.000 sampai Rp. 2.000.000. Bahkan ada yang lebih dari itu. harga tersebut tergantung pada proses dan kerumitan motif. Semakin sulit motif yang dikerjakan dan semakin lama proses pengerjaan batik tersebut  maka harganya pun semakin mahal.

4. Fasilitas Yang Terdapat Di Gazebo Kampung Batik Tulis Giriloyo

Dalam kampung batik Giriloyo ini terdapat kompleks Gazebo dengan berbagai fasilitas dan aktivitas yang akan ditemui. Di dalam galeri ini ada berbagai macam koleksi dari batik tulis para pengelompok pengrajin. Lalu juga ada Joglo workshop batik dan di sini Anda juga bisa belajar bagaimana membatik. Ada juga mushola, toilet dan juga Wi-Fi.

Akses Menuju Kampung Batik Giriloyo

Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja, rental bus pariwisata dan fasilitas wisata lainnya untuk menuju kampung batik ini. Jika dari Jogjakarta, bisa langsung menuju ke terminal Giwangan dengan melewati jalan Imogiri Timur. Lurus ke arah selatan dan melewati jembatan Kembang Songo sekitar 500 meter. Lalu ada petunjuk arah menuju makam sunan Cirebon belok ke arah timur lalu nantinya akan sampai di sebuah jalan bercabang, jika lurus maka akan pergi ke Desa Pucung dan jika belok kanan maka akan pergi ke kampung Giriloyo kemudian ikuti jalan menuju kampung Giriloyo.

Nama : Kampung Batik Giriloyo
Alamat : Gazebo Wisata Giriloyo, Jl. Imogiri Tim. No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/AvfR7VuvY5B2

Selain kampung batik Jogja Giriloyo, masih terdapat beberapa kampung batik lainnya yang juga unik dan khas untuk dikunjungi para wisatawan. Juga terdapat pusat perbelanjaan batik lainnya selain malioboro yang tersebar di beberapa titik di Kota Jogja. Demikian beberapa informasi sekilas tentang kampung batik Jogja, Desa Giriloyo. Semoga informasi ini bisa menghibur dan menambah wawasan kita. Simak terus ulasan mengenai informasi dan tips-tips wisata Jogja di halaman jogjacars.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.

Leave a Reply