Gantungan Kunci Khas Jogja, Unik Dan Bermanfaat

Yogyakarta merupakan kota pelajar dengan banyak julukan yang telah disematkan. Baik dari kota kerajinan, kota gudeg hingga kota wisata. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sekali anda berkunjung kesana maka rasa rindu untuk kembali cepat atau lambat akan menghinggapi. Destinasi wisata, fasilitas, kuliner hingga penduduknya yang ramah turut menghadirkan nuansa tersendiri.

Meski saat ini kota budaya ini lebih dikenal dengan nama kota Jogja, namun tidak merubah berbagai panorama yang berbinar di dalamnya. Setiap sudutnya menyimpan simponi yang terasa kurang lengkap jika tak disingkap, terlebih sejarah sejak kerajaan hingga kemerdekaan juga tersimpan disini.

Jika anda berkunjung oleh-oleh pun dengan sangat mudah bisa anda temukan. Baik dari oleh-oleh berupa kuliner hingga pernak-pernik dijajakan di berbagai tempat. Terlebih jika anda berkunjung di daerah Malioboro, disana berbagai macam oleh-oleh tinggal dipilih sesuai selera ataupun pesanan.

Gantungan kunci salah satu cinderamata di Malioboro, sumber : juragansouvenir.com

Pernak-pernik yang dijajakan pun juga bukanlah sekedar cinderamata biasa. Cinderamata yang ada disana merupakan hasil dari rasa, karsa dan karya para pengerajin yang diwujudkan dalam wujud nyata. Sehingga di kota ini sangat mudah menemukan cinderamata yang dibuat dengan tangan para kreatornya, bukanlah hasil dari mesin sebagaimana cetak lanyard.

Jenis Gantungan Kunci Khas Jogja

Salah satu yang bisa anda pilih dari berbagai cinderamata yang ditawarkan adalah gantungan kunci. Benda yang unik dan bermanfaat tersebut dibuat dari berbagai jenis material oleh para pembuatannya. Dan berikut jenis gantungan kunci yang bisa anda jumpai disana :

Gantungan Kunci Kayu

Kayu merupakan material favorit yang bisa dibentuk menjadi berbagai macam benda. Sehingga tidak heran jika dunia mebel dan furniture tidak pernah meninggalkan material ini sebagai bahan baku mereka meski telah ada bahan baku lain yang mulai bermunculan.

Tidak ketinggalan dengan dunia cinderamata. Kayu menjadi salah satu pilihan material yang bisa diaplikasikan menjadi berbagai cinderamata baik itu berbentuk tasbih, miniatur kendaraan hingga gantungan kunci.

Terkhusus gantungan kunci, para pengerajin disana telah mengkrerasikan sedemikian rupa sehingga gantungan kunci tidak monoton dalam motifnya. Di Jogja ada berbagai macam gantungan kunci dari kayu bertemakan khas kota Jogja.

Sehingga ketika anda berkunjung ke sana anda bisa membeli gantungan kunci bertema Jogja sebagai oleh-oleh. Selain untuk kenang-kenangan gantungan kayu bertema juga bisa sebagai konten di sosial media karena keunikannya. Sehingga tidak heran jika jasa landing page pada website banyak yang membahas gantungan kunci satu ini karena keunikan yang dimiliki tersebut.

Gantungan kunci kayu, sumber : blibli.com

Gantungan Kunci Tembaga

Salah satu kerajinan pendukung selain yang dihasilkan dari kayu dan berciri khas Jogja adalah produk kerajinan dari tembaga. Tembaga adalah salah satu material yang jenisnya hampir mirip dengan perak namun memiliki kualitas lebih rendah.

Sebelum naik daun menjadi salah satu material yang digunakan oleh para pengerajin, posisinya masih kalah pamor dengan perak. Perak yang lebih disukai dan lebih berkualitas pada masanya memiliki banyak penggemar hingga mancanegara. Namun harga yang relatif tinggi dan juga ketersediaan yang semakin sulit membuat para pengerajin beralih ke tembaga.

Daerah yang menjadi sentral para pengerajin perak dan tembaga adalah di Kotagedhe. Sebuah daerah bekas pusat pemerintahan di masa kerajaan Mataram Islam. Karena banyaknya pengerajin disana sehingga daerah tersebut dikenal dengan sebutan kota perak.

Cinderamata yang dihasilkan dari tembaga pun begitu beragam. Bahkan yang paling megah dan besar para pengerajinnya ada yang berhasil membuat replika Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Namun untuk hasil yang biasa para pengerajin ada yang membuatnya sebagai gelang, bross bahkan gantungan kunci.

Baca Juga : Daftar Hotel Recomended Di Jogja

Gantungan Kunci Akrilik

Akrilik adalah material yang termasuk baru. Biasanya meterial yang mirip dengan kaca namun lebih ringan dan tidak mudah pecah ini dibuat menjadi kotak infak atau tempat menaruh pamflet. Namun mengikuti perkembangan zaman akrilik juga dibuat menjadi produk lain yang salah satunya adalah gantungan kunci.

Gantungan kunci akrilik, sumber : gantungankunciakrilik.id

Dalam perkembangannya akrilik pun tidak serta merta terus menerus berwarna putih. Pilihan warna juga semakin bervariasi yang tentunya menambah kesan keindahan pada gantungan kunci yang dihasilkan. Selain itu gantungan kunci jenis ini tidak mudah pecah ataupun berjamur.

Bahkan gantungan kunci yang berbahan akrilik juga dapat diberikan tema sebagaimana yang dibuat dari kayu. Sehingga jika anda ingin menyimpan kenangan anda saat berwisata ke Jogja dapat anda abadikan dalam gantungan kunci tersebut. Atau panorama dan kekhasan lain dari Jogja seperti andong, gunung merapi dan lain sebagaimana bisa anda terapkan sebagai tema.

Itulah beberapa macam gantungan kunci yang bisa anda temukan di Jogja sebagai salah satu oleh-oleh. Dan akan lebih lengkap lagi jika anda melengkapi dengan kaos khas Jogja sebagai oleh-oleh yang anda bawakan kepada keluarga dan handai taulan yang telah menunggu dirumah.

Sebagai cinderamata, gantungan kunci tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai kenang-kenangan semata. Gantungan kunci juga bermanfaat sebagai penambah kemudahan ketika mencari kunci saat akan digunakan.

Sudahkah anda membeli gantungan kunci tersebut saat berkunjung ke Jogja? Jika belum jangan lupa untuk membelinya jika suatu saat anda kembali ke kota pendidikan penuh nuansa dan panorama tersebut.

Tinggalkan Balasan