Desa Wisata Kasongan, sumber ig Kompasiana.com

Desa Wisata Kasongan, Daya Tarik Berbagai Produk Gerabah Jogja

Desa wisata Kasongan adalah salah satu diantara banyak obyek wisata sejenis di Jogja. Desa wisata memang baru-baru ini menjadi alternatif wisata. Sebelumnya, para wisatawan lebih banyak mengunjungi lokasi-lokasi pantai, bukit, kota, pusat perbelanjaan dan sejenisnya. Sedangkan desa wisata belum begitu menjadi pilihan.

Desa wisata menawarkan alternatif wisata baru. Di Jogja, setiap desa terkadang memiliki ciri khas dan produk unggulannya masing-masing. Sehingga para wisatawan bisa memilih kunjungan desa wisata berdasarkan kegemarannya masing-masing.

Seperti desa wisata batik dengan produk batik dan aktivitas workshop membatik, desa wisata daerah merapi dengan perkebunan salak serta produk-produk olahan salak dan desa wisata lainnya yang juga memiliki daya tarik dan produk unggulan masing-masing.

Desa wisata Kasongan memiliki produk unggulan yaitu kerajinan gerabah. Gerabah adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat produk-produk baik yang bermanfaat seperti perabotan maupun hiasan ruangan. Gerabah adalah tanah liat yang diproses sehingga bisa mengeras dan cukup kokoh untuk digunakan.

Lokasi Desa Wisata Kasongan

Pengrajin Gerabah Desa Wisata Kasongan, sumber ig bansmarwanto
Pengrajin Gerabah Desa Wisata Kasongan, sumber ig @bansmarwanto

Ketika berlibur ke Yogyakarta maka desa wisata Kasongan memang menjadi salah satu tempat yang paling wajib dikunjungi karena di desa ini para wisatawan bisa membeli berbagai produk asli buatan masyarakat dengan bahan alami.

Ketahui lokasi desa wisata Kasongan yang berada di Dukuh Kajen, Desa Kasongan, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari pusat kota sekitar 6 km dari alun-alun. Anda dapat menggunakan akses jalan Bantul yang sudah dekat dengan desa wisata Kasongan ditandai dengan adanya gapura berwarna merah.

Nah, menurut review wisata desa Kasongan ternyata transportasi yang digunakan untuk kesana sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan transportasi umum, kendaraan roda dua, dan juga kendaraan roda empat.

Sejarah Desa Wisata Kasongan

Sebelum mengunjungi desa wisata kasongan maka ketahui terlebih dahulu sejarahnya yang awal mulanya desa ini yaitu kematian seekor kuda milik perwira polisi Belanda di pesawahan. Nah, hal tersebut membuat pemilik tanah menjadi takut akan hukuman yang dikenakan oleh penjajah Belanda sehingga pemilik tanah tersebut memberikan hak tanahnya kepada pihak Belanda.

Hal tersebut ternyata diikutkan oleh semua penduduk di sekitar desa wisata Kasongan, dengan adanya kekayaan tanah liat disana ternyata menumbuhkan kreativitas masyarakat untuk membuat peralatan dapur, perabotan rumah tangga, dan mainan dari tanah liat.

Menurut banyak review wisata desa Kasongan kini semakin banyak produk yang dibuat oleh para wisatawan yang menarik perhatian para wisatawan yang mengunjunginya. Selain pengunjung, produk-produk kerajinan gerabah asli Jogja ini juga di ekspor ke berbagai negara.

Kreativitas Masyarakat Desa Wisata Kasongan

Workshop di Desa Wisata Kasongan, sumber ig smamuh13
Workshop di Desa Wisata Kasongan, sumber ig @smamuh13

Sekarang ini desa wisata Kasongan memang mejadi tempat tujuan para wisatawan, ternyata di desa tersebut sudah berkembang berbagai showroom dan rumah galeri yang banyak sekali produk atau barang berbahan tanah liat yang sangat unik dan menarik. Tentunya, berbagai produk tersebut tidak dapat dijumpai di tempat lainnya.

Nah, kini showroom di obyek wisata produk gerabah tersebut juga membuka kursus tersendiri yang dikenakan biaya hingga Rp. 50.000,00 per orangnya untuk bisa membuat gerabah dari awal hingga proses finishing. Apabila saat mengunjungi desa wisata tersebut kemudian Anda praktek membuatnya maka bisa membawa pulang hasil dari kerajinan tangan yang Anda buat.

Tidak hanya membuat dari tanah liat ternyata kini penduduk masyarakat asli tempat ini juga membuat berbagai produk dari batok kelapa, rotan, bambu, batu dan kayu yang diolah menjadi berbagai perabotan rumah tangga yang berkualitas bagus.

Fasilitas Desa Wisata Kasongan

Obyek wisata ini bukan hanya menjadi pusat penjualan produk gerabah. Desa ini juga memberikan pelayanan workshop atau kursus singkat terkait produk desanya. Sehingga desa ini dikunjungi oleh banyak wisatawan pada hari-hari khusus dan biasa.

Untuk itu, pihak desa setempat telah membangun beberapa fasilitas wisata yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan yang melakukan kunjungi di lokasi wisata ini. Beberapa fasilitas yang bisa dipakai oleh para pengunjung diantaranya galeri, Masjid, toilet dan parkir kendaraan.

Produk Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan, sumber ig Kompasiana.com
Desa Wisata Kasongan, sumber ig Kompasiana.com

Apa saja produk di tempat ini yang bisa menjadi produk favorit wisatawan? ini dia beberapa produk yang bisa Anda jumpai di desa Kasongan, Yogyakarta.

  • Gerabah

Salah satu produk yang dapat Anda beli di sini yaitu adannya produk rumah tangga atau yang biasa disebut dengan gerabah dengan berbahan tanah liat seperti kendil, layah, dan masih banyak lagi jenis perabotan rumah tangga yang berbahan dasar tanah liat.

  • Tas Rotan

Berikutnya, Anda juga dapat menjumpai berbagai produk yang menggunakan bahan rotan seperti tas rotan yang kini cukup menarik perhatian para pengunjung. Tentunya tas rotan ini memang memberikan nuansa klasik, selain itu Anda juga bisa menjumpai tas rotan yang berbentuk keranjang.

  • Pot

Berikutnya, Anda juga dapat mengetahui jenis produk berupa pot atau vas yang berbahan tanah liat ataupun keramik yang memang akan membuat desain rumah Anda menjadi semakin bagus. Jenis pot atau vas ini ada yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

Itu dia berbagai informasi singkat terkait Desa Wisata Kasongan. Masih banyak lokasi wisata lainnya di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Simak berbagai review wisata Jogja di halaman jogjacars.com. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Nama : Desa Wisata Kasongan
Alamat : Jl. Kasongan No.3, Kajen, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/tT4K8onw9mpfJxi99

Bagi yang ingin berkunjung ke obyek wisata Geowisata Bukit Klangon Merapi, silahkan hubungi rental mobil Jogja. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda di Jogja!

Tinggalkan Balasan