Candi Abang di Berbah Sleman Yogyakarta, sumber ig @wahabdiman

Desa Wisata Candi Abang, Alternatif Tempat Liburan Yang Oke Punya

Traveler, kamu sedang berlibur ke Kota Jogja menggunakan rental mobil Jogja? Tapi masih bingung mau berwisata kemana? Nah, sebagai referensi kamu, ada salah satu lokasi wisata hemat yang ada di Jogja namanya Desa Wisata Candi Abang. Kamu bisa mempertimbangkan berwisata ke tempat tersebut.

Apa sih yang menarik dari Desa ini?

Desa Candi Abang akan menyuguhkan pemandangan alam dengan udara yang masih sangat menyegarkan. Nuansa perbukitan di desa ini masih sangat terasa, kamu dapat melihat betapa indahnya pemandangan alam, kebun dan sawah, bak lukisan saja.

Tapi tidak hanya sampai di situ saja traveler, karena desa ini juga ada di beberapa lokasi yang sangat bersejarah yaitu Candi Abang yang merupakan salah satu candi peninggalan umat Hindu di Indonesia. Ada juga beberapa goa yang bahkan menjadi mitos bahwa tempat tersebut adalah istana tuyul. Peninggalan sejarah tadi juga menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung.

Untuk lokasi Candi Abang nya sendiri ada di daerah dusun Sentonorejo dan candi ini berada di bagian puncak pinggir jalan desanya, yaitu 1,5 km dari bagian barat jalan raya. Akses lokasinya sudah sudah bagus banget.

Candi Abang di Berbah Sleman Yogyakarta, sumber ig @wahabdiman

Candi Abang di Berbah Sleman Yogyakarta, sumber ig @wahabdiman

Untuk ukuran candi nya sekitar 36×34 m dengan tinggi yang masih belum dapat diperkirakan. Candi ini mempunyai bentuk mirip dengan piramida dan ada sumur di bagian tengahnya. Di bagian candi nya juga ada tanga masuk yang terbuat dari bahan gamping.

Candi tersebut sudah dibangun sejal Abad ke 9 dan ke 10 pada masa kerajaan Mataram Kuno. Mengapa dinamakan Candi Abang karena bahan pembuatan candi nya adalah dari batu bara yang warnanya merah dengan bentuk candi yang mirip bukit. Bahkan karena sekarang sudah ditumbuhi oleh rerumputan kelihatan nya malah mirip seperti gundukan tanah saja atau seperti batu kecil.

Di daerah desanya kalau memang kamu ingin bermalam, kamu dapat menemukan beberapa penginapan. Rasanya akan menyegarkan kalau kamu bisa bangun disambut dengan hawa sejuk pedesaan, itu akan membuat kepalamu fresh kembali. Kamu juga bisa menenangkan diri di desa ini, ambil waktu cuti mu agar bisa mencairkan kembali otak yang sudah beku karena kerajaan yang menumpuk di kantor.

Beberapa rental mobil di Yogyakarta biasanya sudah menyediakan driver khusus agar kamu bisa berwisata dengan sangat nyaman tanpa harus menyetir. Jadi, kamu bisa berwisata dengan puas dan driver bisa membantu kamu untuk menemani wisata mu kemana pun kamu mau. Oiya, jangan lupa membawa kamera ya! Agar kamu dapat berfoto saat sedang berwisata, kapanlagi coba kamu dapat berlibur dengan suasana seperti di Candi Abang? Isi sampai penuh batrainya agar bisa puas mengambil gambar.

Leave a Reply

Required fields are marked*