Spot Foto di Bukit Pethu, sumber ig dailyhijabtraveller

Menikmati Kesegaran dan Keindahan Bukit Pethu di Jogja

Ingin mengunjungi wisata dengan pemandangan indah sekaligus suasana yang sejuk? salah satu referensinya datang saja ke Bukit Pethu di Yogyakarta. Yogyakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi. Sebut saja salah satunya daerah wisata yang terdapat di sini adalah Kulon Progo.

Salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta ini menyimpan banyak sekali tempat wisata alam yang indah. Destinasi wisata yang berada di Kulon Progo ini menawarkan konsep wisata alam terbuka dengan keindahan panorama alam waduk sermo yang dikelilingi oleh bukit-bukit serta pepohonan yang hijau.

Destinasi wisata alam Bukit di Jogja ini berada persis di tepi Waduk Sermo dan masuk kedalam Dusun Tegalrejo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY.

Kalau selama ini, menikmati Waduk Sermo melalui gardu pandang yang berada di spot Kalibiru. Saat ini Anda bisa menikmati lebih dekat pemandangan Waduk Sermo dengan mengunjungi Bukit Pethu. Destinasi wisata ini mengadopsi rumah pohon yang ada di Kalibiru dengan background di Waduk Sermo.

Selain rumah pohon, terdapat juga spot yang unik berupa gardu pandang berbentuk jembatan gantung yang diujungnya terdapat sebuah miniatur balon udara. Yang membuat menarik karena spot ini memiliki warna yang berwarna-warni sehingga menarik untuk dijadikan sebagai spot untuk berfoto selfie.

Bukit Pethu, sumber ig giantnewzogrkarto87
Bukit Pethu, sumber ig @giantnewzogrkarto87

Untuk mengetahui lebih detail informasi mengenai destinasi wisata bukit yang satu ini, simak ulasan informasinya berikut ini.

Panorama Keindahan Bukit Pethu

Pesona Keindahan alam wisata Bukit Pethu ini menawarkan keindahan Waduk sermo dari kedekatan. Tentu destinasi wisata ini cocok untuk Anda kunjungi sebagai salah satu tempat untuk refreshing, menghilangkan penat dari rutinitas aktivitas keseharian.

Ditambah dengan udara yang khas pegunungan menambah nikmat kegiatan refreshing membuat para pengunjung betah berlama-lama di obyek wisata bukit ini. Tidak hanya itu, destinasi wisata ini juga menyediakan berbagai spot untuk berfoto selfie yang tidak kalah unik dengan wisata alam lainnya.

Beberapa spot berfoto yang tersedia di obyek wisata ini antara lain adalah Gardu Pandang, Jembatan Goyang, Spot Balon Udara dan juga Spot Tampir. Spot Foto tersebut tentu akan menghasilkan gambar yang dijamin instagramable.

Dari ketinggian tempat wisata bukit di Jogja ini Anda dapat melihat pemandangan panorama alam yang sangat indah dan mempesona. Untuk masalah keamanan, Anda tidak perlu khawatir jika Anda ingin menikmati keindahan alam ini karena di setiap gardu pandangan sudah tersedia tali pengaman agar para wisatawan tidak perlu was-was saat berada di atas.

Panorama alam dari waduk sermo nampak jelas keindahannya dari dekat. Airnya yang jernih nan tenang dan udara khas pegunungan yang sejuk tentu akan memanjakan mata. Terlebih lagi, spot ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Fasilitas Bukit Pethu

Spot Foto di Bukit Pethu, sumber ig danarsibolang
Spot Foto di Bukit Pethu, sumber ig @danarsibolang

Fasilitas utama di Bukit Pethu Kulon Progo adalah pemandangan alam yang indah dan view waduk sermo yang eksotis. Ditambah fasilitas favorit berupa gardu pandang dengan ketinggian sekitar 2,5 meter untuk dijadikan spot berselfie ria.

Selain spot berfoto, Destinasi wisata bukit di Jogja ini menyediakan fasilitas umum seperti mushola, kamar mandi, gazebo untuk tempat beristirahat, rumah makan dan Outbound. Disamping itu, Harga Tiket Masuk obyek wisata ini sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Lokasi Bukit Pethu

Untuk Lokasi destinasi wisata Bukit Pethu ini terletak di Tegalrejo, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. Untuk sampai ke lokasi tersebut Anda bisa menggunakan kendaraan dengan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan. Untuk Kendaraan anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan seperti di sewa mobil Jogja.

Rute Bukit Pethu

Mengenai rute agar sampai ke lokasi tentu akan berbeda-beda, tergantung dari mana titik awal Anda akan memulai perjalanan. Akan tetapi pada kali ini, akan dibahas mengenai rute untuk menuju Bukit Pethu bermula dari titik awal pusat kota Yogyakarta.

Bermula dari pusat kota Yogyakarta, Anda hanya perlu menuju arah Ringroad Barat kemudian melewati Jalan Wates – Sedayu lalu menuju ke daerah Sermo. Sesampainya di daerah sermo anda dapat melanjutkan perjalanan ke Kokap untuk menuju ke waduk sermo.

Spot Foto di Bukit Pethu, sumber ig dailyhijabtraveller
Spot Foto di Bukit Pethu, sumber ig dailyhijabtraveller

Nah sesampainya di Waduk Sermo anda ke arah barat sedikit, tak jauh dari waduk sermo ini Anda akan menemukan tempat yang Anda tuju berada persis di sebelah baratnya dari waduk sermo (Google Maps).

Jam Operasional

Mengenai Jam operasional destinasi wisata bukit pethu ini dibuka mulai dari pukul 06.30 – 17.30 WIB pada setiap harinya.

Harga Tiket Bukit Pethu

Dengan harga tiket yang murah membuat wisata Bukit Pethu ini semakin banyak diminati oleh para wisatawan dan menjadi salah satu tempat wisata murah di Yogyakarta yang recommended untuk dikunjungi.

Pada dasarnya untuk memasuki lokasi obyek wisata ini gratis. Namun, dikarenakan nantinya Pengunjung akan melewati gerbang masuk Waduk Sermo maka Anda dikenai biaya sebesar Rp. 5000 untuk retribusinya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai destinasi wisata Bukit Pethu. Destinasi wisata ini memang sangat pas dijadikan sebagai tempat liburan bagi siapa saja terutama bagi Anda yang ingin merefreshkan pikiran sejenak.

Nama : Bukit Pethu
Alamat : Tegalrejo, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653 55872
Peta: https://goo.gl/maps/9JmDQXzUuz3UiJNs5

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Ingat untuk selalu tetap waspada dan disarankan untuk tidak berwisata terlebih dahulu selama masa pandemi Corona. Simak berbagai ulasan wisata yang terdapat di Kulon Progo lainnya.

Tinggalkan Balasan